May 2012 - Wisata Kuliner Indonesia

Monday, May 21, 2012

Kuliner Bandung - Sate dan Gule Kambing HM Harris
May 21, 2012 5 Comments

Wisata Kuliner Indonesia #222
Kuliner Bandung
Sate dan Gule Kambing H.M Harris

Jl. Asia Afrika No. 151 Simpang Lima Bandung
Telp: 022 4220717


Gulai yang disajikan cukup kental dengan rasa semburat manis yang menggoda. Potongan daging kambing yang disajikan di dalam kuah gulai ini lembut dengan sedikit lemak. Jangan lupa tambahkan acar timun yang tersaji di meja, passsss.... Ya, saya cukup terkesan dengan menu Gulai Kambing di H.M Harris ini, rasanya pas banget dengan lidah saya yang agak jawa dan ndeso, dan gak bikin enek seperti gulai2 di tempat lain yang suka saya jumpai. Dagingnya pun berlimpah, tidak pelit. Harga satu mangkuk gulai kambing ini: Rp. 26.000,-


Satenya juga gak boleh dilupakan pastinya. Sate Kambing di HM Harris ini disajikan di atas hotplate sehingga rasa hangatnya terjaga. Kita bisa pesan sate kambing dengan atau tanpa lemak. Dagingnya juga empuk, dan tidak berbau. Ciri dari dari daging kambing dengan pengolahan dan cara memasak yang tepat. Sate Kambing ini disajikan dengan bumbu kacang dan bumbu kecap yang sudah diberi irisan cabe rawait, bawang merah dan tomat. Sayangnya memang kecap yang digunakan kurang nendang. Sebagai penggemar fanatik Kecap Bango (hehehe, bukan iklan loohh), kecap manis yang digunakan kurang pas di lidah saya karena masih terkesan ada rasa asinnya. Tapi tetap acungan jempol harus diberikan untuk sajian sate kambing hot platenya yang per 10 tusuknya dihargai Rp. 30.000,-

Bosan dengan sate daging kambingnya, kita juga bisa pesan Sate Ginjal atau Sate Ati. Saya pesan 5 tusuk sate ginjal sebagai pelengkap dan pelepas rasa penasaran. Ternyata dahsyat, tekstur yang cakep dari bagian ginjal ini ternyata asik juga jika dibakar. Dengan harga yang sama dengan sate daging kambingnya, saya beri nilai lebih plus buat sate ginjalnya ini.

Menempati bangunan rumah belanda di salah satu sudut simpang (perempatan) lima, kedai Sate dan Gulai Kambing HM Harris ini buka 24 jam. Cocok buat yang biasa kelaparan tengah malam :) Untuk rasa sate saya agak condong untuk memilih Sate Hadori, tapi untuk gulainya hati dan lidah saya memilih tempat ini hehehe... Berburu kuliner di Bandung, coba juga untuk berburu gulai dan sate kambing di HM Harris ini.

Mau tahu tempat makan lainnya di Bandung? Silakan lihat disini -> Wisata Kuliner Bandung

Reading Time:
Kuliner Bogor - Ayam Geprek Istimewa
May 21, 2012 2 Comments

Wisata Kuliner Indonesia #221
Ayam Geprek Istimewa
Jl Bangbarung Raya No 27, Bantarjati, Bogor
Telp: 0251 8385454


Ayam kampung, dagingnya lembut, bumbunya meresap sampe ke tulang, dilengkapi dengan sambel yang nonjok. Itulah beberapa keunggulan dari ayam geprek, menu utama dari Ayam Geprek Istimewa yang ada di kawasan Bantarjati, Bogor. Kayaknya disebut geprek karena dimasak dengan cara digeprek, karena dagingnya memang bener-bener empuk dengan bumbu yang meresap, kayak diungkep dengan cukup lama. Rasanya pun gurih bener, apalagi dengan taburan bawang goreng dan disajikan dengan lalapan plus sambal yang aduhai banget pedesnya. Harga 1 porsi Rp. 11.000 lengkap dengan lalap dan sambalnya.

Coba juga Ayam Pencoknya. Sama dengan ayam gepreknya tapi yang asiknya adalah di atas ayamnya diberi pencok kacang panjang. Pencok itu semacam karedok, tapi tidak menggunakan bumbu kacang, melainkan menggunakan bumbu cabe rawit dengan aroma kencur yang kuat, seger banget deh pokoknya. Apalagi dipadu dengan ayam goreng khas miliknya Ayam Geprek Istimewa ini, juara! Harga satu porsi ayam pencok ini Rp. 11.000,-

Masih banyak menu yang mengundang di Ayam Geprek Istimewa ini, sebut saja tempe kemul, daging geprek, sop empal, sop iga dan sebagainya. Menjadikan tempat ini memang tempat yang pas untuk bersantap ramai-ramai bareng keluarga ataupun rekan. Buka dari jam 10 pagi sampai 9 malam, Ayam Geprek Istimewa memang tampak dipadati pengunjung khususnya di waktu makan malam dan akhir pekan. Pertama kali berdiri di Jl. Bangbarung Raya 54, dan sekarang sudah memiliki 3 cabang lainnya di Bogor yaitu di Bangbarung Raya 27 ini, di Ruko Taman Yasmin dan di daerah Karadenan (Cibinong). Bahkan sudah ada satu cabang yang buka di Kota Yogya. Jadi kalo kuliner di Bogor, bersantap di tempat ini saya rekomendasikan :)

Mau tahu tempat makan lainnya di Bogor? Silakan lihat disini -> Wisata Kuliner Bogor

Reading Time:

Wednesday, May 16, 2012

Kuliner Bogor - Soto Buah Durian
May 16, 2012 8 Comments

Wisata Kuliner Indonesia #220
Bakul Bogor
Jl. Pahlawan No 49, Bondongan, Bogor Selatan
Telp. 0251 3597071


Soto Buah Durian? Apa itu? Banyak yang menduganya ini semacam soto santan atau soto mie dengan ornamen durian sebagai tambahan rasa. Salah... Ternyata ini adalah nama lain dari Sop Buah, mungkin biar menarik dan beda, maka kata "Soto" yang digunakan hehehe. Bakul Bogor, sebuah pusat jajanan yang berusia cukup muda ini yang berkreasi menggunakan nama Soto Buah Durian untuk menu special yang mereka tawarkan. Selayaknya sop buah, aneka potongan buah tersaji dalam mangkok, sebut saja strawberry, melon, anggur, buah naga, jambu batu, mangga, alpukat dan lain sebagainya. Nah Duriannya dihancurkan untuk menjadi semacam selai toping di atas potongan buah itu. Angkat jempol buat inovasinya, aroma durian tetap terasa kuat tanpa menghilangkan cita rasa dan kesegaran yang disajikan oleh buah-buah lainnya, seger bangeett.. Harganyapun cukup bersahabat, sepuluh ribu rupiah saja satu mangkoknya. Eh ada satu lagi yang unik, Soto Buah Beler... Apalagi tuh? Sama seperti sop buah dengan aneka potongan buah segar, pembedanya adalah di "kuah"nya yang tidak menggunakan santan atau air susu, tapi menggunakan juice alpukat. Coba deh bungkus kemudian masukkan ke freezer, nyessssss bangeett. Harganya pun hanya Rp. 9000,-

Bakul Bogor sendiri sebenernya adalah pusat jajanan yang menyediakan aneka jenis makanan, termasuk kuliner khas kota Bogor, seperti toge goreng, soto mie, doclang dan soto kuning. Ada juga aneka nasi goreng, mie goreng/rebus, ayam goreng dan sebagainya. Toge goreng di foto ini misalnya, rasanya top, tidak jauh dengan toge goreng Mang Gebro ataupun Pak Iwon yang sudah kondang. Harganyapun 8000 saja.

Terletak di kawasan Bondongan dan Empang, Bakul Bogor buka sejak jam 9 pagi sampai 11 malam. Dapat menjadi alternatif buat makan bersama keluarga ataupun teman-teman, khususnya buat yang mencari sajian kuliner bogor di satu tempat. Yuksss...

Mau tahu tempat makan lainnya di Bogor? Silakan lihat disini -> Wisata Kuliner Bogor

Reading Time:

Saturday, May 12, 2012

Kuliner Bogor - Baso Seuseupan
May 12, 2012 3 Comments

Wisata Kuliner Indonesia #219
BASO SEUSEUPAN
Jl. Bangbarung Raya No. 3, Bantarjati, Bogor
Telp.: 0251 7107730


Kembali ke baso.. Kalo tanya orang Bogor dimana baso favoritnya, pasti banyak yang akan bilang Baso Seuseupan ini sebagai salah satu tempat favoritnya. Kenapa? Kayaknya karena kekenyalan basonya yang pas deh, kita bisa pilih jenis basonya seperti baso polos, baso urat dan baso telur. Tapi ada satu yang membedakan baso seuseupan ini dengan penjaja baso lainnya, di dalam kuahnya kita akan menemukan gajih (lemak) yang digoreng kering. Ini yang membuat kedai ini selalu dipenuhi pelanggannya dari siang sampe malam hari. Untuk satu porsi baso lengkap kita harus tebus dengan uang 11ribu rupiah.

Kalo merasa kurang dengan gajih kering yang diberikan, pesen aja terpisah. Kita akan diberikan satu mangkok kecil yang berisi dengan gajih goreng tersebut. Silakan nikmati sensasinya.

Ternyata kedai di bantarjati ini merupakan cabang dari Baso Seuseupan yang berada di Pertigaan Tapos tepatnya jalan Raya Puncak Seuseupan II Desa Bendungan Ciawi. Buka dari jam 10 pagi sampai jam 10 malam, jarang sekali melihat kedai ini sepi pengunjung, kecuali di hari Jumat yang memang tutup :). Dan ternyata dibalik kesuksesannya, perjalanan perjuangan si pemilik, Mas Umar, juga menarik untuk disimak. Bisa dilihat di salah satu postingan di Kompasiana ini. Baso Seuseupan di Bantarjati ini terletak di dekat Sop Buntut Ma'Emun dan masih di ruas jalan yang sama dengan Baso Boboho, ini yang membuat Jl Bangbarung Raya ini menjadi salah satu pusat wisata kuliner bogor.

Mau tahu tempat makan lainnya di Bogor? Silakan lihat disini -> Wisata Kuliner Bogor

Reading Time:

Sunday, May 6, 2012

Kuliner Bandung - Nasi Kalong
May 06, 2012 6 Comments

Wisata Kuliner Indonesia #218
Kuliner Bandung
Nasi Kalong

Jl. R.E. Martadinata (Riau) No. 102 Bandung


Nasinya warnanya hitam, kedainya buka dari jam 7 malam sampai jam 3 dini hari, itu mungkin yang menjadi alasan kenapa tempat makan ini dinamakan Nasi Kalong, sesuai siklus hidup kalong (kelelawar) yang melek di malam hari. Kalau baca di Kontan,  resep rahasia dari Nasi Kalong, nasi berwarna hitam yang menjadi andalan tempat ini, adalah nasi merah yang dimasak dengan kluwek sehingga berwarna hitam, ditambah aneka bumbu lainnya seperti cabai, daun salam, bawang merah serta kelapa parut goreng. Hasilnya adalah nasi pulen dengan cita rasa gurih yang lezat, tanpa lauk pun sudah asik menikmati nasi kalong ini. Tapi gak elok kalo makan cuma nasi doang kan? :) Nah ada beberapa lauk yang sangat direkomendasikan di tempat ini.


Lauk di Nasi Kalong ini disajikan secara prasmanan, kita tinggal pilih lebih dari 20 pilihan yang tersedia di nampan. Diantara sekian banyak pilihan tersebut, saya "wajib"kan anda mencoba salah dua diantaranya: Tumis Buncis Bakar dan Ayam Goreng Madu. Melihat penampakannya tidak ada yang istimewa dari tumis buncis yang tersedia ini, hanya potongan buncis dengan warna mengkilap karena minyak untuk tumis yang digunakan. Tapi begitu suapan pertama masuk mulut, ada sensasi yang luar biasa yang diberikan menu sederhana ini bagi indera pengecap kita. A little bit hard to describe it in words, yang jelas asli... Enak bangetzzz! Makanya ini menjadi menu favorit yang selalu dipilih para pengunjung Nasi Kalong ini. Dan karena cepet habis, si empunya tempat makan ini, akan langsung beraksi di depan kompor begitu melihat stock Tumis Buncis Bakarnya menipis.
Ayam Goreng Madunya juga tak boleh terlewatkan. Ayam kampung dengan potongan kecil-kecil digoreng dengan bumbu madu, sehingga rasa manis madunya meresap sampai ke daging bagian terdalam. Aahh....

Photo-photo para selebritas dituangkan dalam sebuah spanduk besar yang terpajang di dinding menunjukkan bahwa Nasi Kalong sudah menjadi rujukan utama kuliner malam di Kota Bandung. Sebagian orang menganggap harga makanan disini agak terlalu mahal, karena satu porsi makanan dengan sedikit pilihan menu dan minum bisa menghabiskan lebih dari Rp. 20.000,-, tapi dengan cita rasa dan keunikan yang ditawarkan buat saya pribadi sih sangat setimpal. Makanya tidak heran antrian pengunjung tampak mengular apalagi di akhir pekan dimana pengunjung tidak hanya berasal dari dalam kota, tetapi juga dari luar kota, khususnya dari Jakarta. Banyaknya liputan media terutama TV juga membuat nama Nasi Kalong semakin berkibar.

Jika Anda kelaparan tengah malam di Kota Bandung jangan khawatir, banyak pilihan yang disediakan kota kuliner ini, sebut saja Madtari di kawasan Dago yang buka 24 jam, Ceu 'Mar di kawasan Banceuy yang buka sampai subuh, Bubur Ayam PR di depan kantor Pikiran Rakyat Jl Asia Afrika, Sate Hadori di daerah stasiun yang buka sampai jam 3 pagi, Kedai Cie Rasa Loom di Jl Buah Batu yang menyajikan masakan khas Aceh selama 24 jam, Warung Nasi Ampera di Soekarno Hatta dengan kelezatan aneka masakan khas Sunda yang juga buka 24 jam, Sate Harris di Perempatan Lima (Jl Asia Afrika) dan masih banyak lagi. Dan tentunya Nasi Kalong, yang beralamat di Jl Riau ini, bisa jadi alternatif utama jika anda pengen menikmati kuliner malam kota Bandung.

Mau tahu tempat makan lainnya di Bandung? Silakan lihat disini -> Wisata Kuliner Bandung

Reading Time:
Kuliner Martapura - Kepiting Masak Kelapa Muda
May 06, 20121 Comments

Wisata Kuliner Indonesia #217
Pondok Ikan Bakar ASIAN
Jl. A. Yani KM 37,200 - Martapura (Batas Kota Banjarbaru)
Telp: 0511 4777171


Wah, nemu lagi satu kuliner Indonesia yang unik, Kepiting Masak Kelapa Muda di Martapura. Sebagai penggemar berat kepiting, menu yang satu ini tentu sangat menarik perhatian. Gimana pula kepiting dimasak kelapa muda? Begitu tersaji, hilanglah rasa penasaranku. Kepiting Masak Kelapa Muda ini ternyata kepiting yang dimasak dengan bumbu santan pedas, seperti kari tapi dengan sentuhan rasa yang berbeda. Daging kelapa muda menjadi bagian dari "bumbu" yang diselipkan diantara potongan tubuh kepiting ini, menjadi pelengkap yang cantik. Dimana kita bisa menemukan kuliner unik ini?

Sama seperti Soto Anang, saya mencicipi Kepala Masak Kelapa Muda ini setelah menghabiskan waktu dan uang berbelanja di Pasar Martapura yang menyediakan aneka aksesoris indah nan murah. Sebelum mencapai bundaran kota Banjarbaru ada resto yang cukup luas, Pondok Ikan Bakar ASIAN. Disinilah kuliner unik ini berhasil ditemukan. Di resto ini aneka ikan dan seafood lainnya disajikan sebagai menu andalan, tapi karena waktu itu saya terburu-buru mengejar keberangkatan pesawat kembali ke Jakarta, maka tidak semua sempet difoto hehehe. Yang jelas hidangan seafood di tempat ini boleh mendapat pujian: enak-enak dengan sajian yang banyak berbeda dengan tempat seafood lainnya. Yang unik juga adalah Sambal Hot Plate, sambal terasi yang disajikan diatas hot plate, yang membuat sambel ini jadi double hot: panas dan pedas!

Mau tahu tempat makan lainnya di Kota Banjarmasin dan sekitarnya? Silakan lihat disini -> Wisata Kuliner Banjarmasin

Reading Time:

Friday, May 4, 2012

Kuliner Martapura - Ada Anang di Soto Anang
May 04, 2012 2 Comments
Wisata Kuliner Indonesia #216
Soto Anang
Jl. A. Yani KM 39, Martapura


Kalo biasanya soto banjar hanya menyajikan daging ayam dalam bentuk suwiran, maka di Soto Anang ini diberikan dalam dua jenis yaitu dalam bentuk suwiran juga dalam bentuk potongan utuh. Ayam yang digunakan ayam jantan, jadi terasa banget gurihnya. Potongan telur bebek rebus, bihun, perkedel kentang dan kupat tentunya, menjadi pengisi lainnya selain ayam dalam satu porsi Soto Banjar Special Campur di depot ini. Kuahnya juga yang bikin menu ini terasa special, lezat dengan keharuman khas soto banjar yang kaya rempah, apalagi ditambah dengan kucuran jeruk nipis... Sluruup.. Harga yang ditawarkan untuk seporsi soto banjar berkisar dari Rp.10.000 sampai Rp.25.000. Untuk special campur seperti gambar diatas harganya Rp. 22.000.


Kurang afdhol kalo sudah di Depot Soto Anang ini tapi belum mencicipi Itik Panggang, yang juga menjadi menu khas dari tanah Banjar ini. Daging itik alias bebek dibakar kemudian dikerat sebesar jari tangan, disajikan dengan bumbu manis dengan sentuhan rasa pedas dan asam. Yummieee... Buat yang gak suka manis, mungkin menu ini agak terlalu manis, tapi bagi pecinta manis seperti saya pas banget deh... Satu porsi itik panggang plus nasi dihargai Rp. 30.000,- tapi berhubung perut juga sudah terisi soto banjar ya pesannya setengah porsi aja deh...

Kalo mendarat di Bandara Syamsuddin Noor di Banjarbaru, Kalimantan Selatan, maka prioritas destinasi para tamu yang berasal dari luar kota biasanya adalah Kota Martapura. Di Pasar Martapura kita bisa menemukan aneka aksesoris yang cantik dan murah yang berasal dari aneka batu indah dan juga permata. Nah, selepas belanja souvenir disana, sebelum menuju ibukota Banjarmasin, perlu untuk mampir di Soto Anang yang berjarak tidak jauh dari pasar martapura tersebut. Karena posisinya yang strategis tersebut dan juga makanan yang disajikan lezat, maka tak heran banyak pejabat atau artis yang menyempatkan diri berkunjung ke tempat ini, termasuk salah satu juri Indonesian Idol, Anang dan pasangannya Ashanti. Sampe perlu dipajang loh fotonya mereka ketika tengah berkunjung kesini :)

Mau tahu tempat makan lainnya di Kota Banjarmasin dan sekitarnya? Silakan lihat disini -> Wisata Kuliner Banjarmasin

Reading Time:

Thursday, May 3, 2012

Kuliner Banjarmasin - Lontong Orari
May 03, 2012 2 Comments
Wisata Kuliner Indonesia #215
LONTONG ORARI
Jl Simpang Sei Mesa Banjarmasin
Telp: 0511-3251491


Dua buah lontong besar berbentuk segitiga "terendam" dalam kuah santan dengan sayur nangka muda menemaninya, bisa ditambahkan goreng ikan haruan, daging ayam bumbu manis dan telur rebus, silakan pilih sesuai selera. Tambahkan sambal yang tersedia di atas meja... jossss!!! Ya itulah hidangan yang tersaji di Lontong Orari, tempat makan legenda di kota Banjarmasin. Untuk satu porsi dengan lauk ikan haruan dan ayam kita perlu merogoh kantong untuk mengeluarkan uang sebesar Rp. 30.000,-. Tapi kalo hanya dengan ikan atau ayam saja, cukup Rp. 19.000,-

Kalo rongga di perut anda cukup besar, satu porsi lengkap lontong orari boleh anda pesan. Pesanan akan disajikan dalam dua piring, satu piring akan berisi dua buah lontong segitiga dengan kuah santang dan sayur nangka muda, sementara piring lainnya akan berisi lauk utamanya: goreng ikan haruan, ayam dan telur rebus dengan bumbu manis sedap. Ini porsinya emang gak maen-maen, banyak yang gagal mengalahkan porsi ini. Bukan apa-apa, lontongnya aja udah gede banget, dua lagi :) Untuk satu porsi lengkap ini harganya Rp. 35.000,-

Ini kali kedua saya menikmati kuliner unik di Banjarmasin ini, setelah sebelumnya saya sempat mengunjungi tempat ini di tahun 2009. Tidak banyak yang berubah dari tempat ini selain tempatnya yang diperluas. Tidak ada tempat duduk yang tersedia, hanya tempat lesehan beralaskan lampit, tikar khas kalimantan. Pengunjung tetap ramai walau bukan di akhir pekan, mulai dari sore hari sampai tutupnya kedai ini di pukul 3 dini hari. Ya, memang warung ini buka sampai larut karena dahulunya menjadi tempat para pengguna radio ORARI alias para breaker berkumpul untuk sekedar copy darat. Sekarang tempat ini sangat populer bagi yang akan menikmati makan malam serta para pemburu wisata kuliner di Banjarmasin. Terbukti, makin banyak foto artis maupun orang terkenal yang terpampang di dinding kedai ini.

Jadi, kalau ke Banjarmasin jangan lupa mampir di Lontong Orari...

Mau tahu tempat makan lainnya di Kota Banjarmasin dan sekitarnya? Silakan lihat disini -> Wisata Kuliner Banjarmasin

Reading Time:

@way2themes