Thursday, May 3, 2012

Kuliner Banjarmasin - Lontong Orari

Wisata Kuliner Indonesia #215
LONTONG ORARI
Jl Simpang Sei Mesa Banjarmasin
Telp: 0511-3251491


Dua buah lontong besar berbentuk segitiga "terendam" dalam kuah santan dengan sayur nangka muda menemaninya, bisa ditambahkan goreng ikan haruan, daging ayam bumbu manis dan telur rebus, silakan pilih sesuai selera. Tambahkan sambal yang tersedia di atas meja... jossss!!! Ya itulah hidangan yang tersaji di Lontong Orari, tempat makan legenda di kota Banjarmasin. Untuk satu porsi dengan lauk ikan haruan dan ayam kita perlu merogoh kantong untuk mengeluarkan uang sebesar Rp. 30.000,-. Tapi kalo hanya dengan ikan atau ayam saja, cukup Rp. 19.000,-

Kalo rongga di perut anda cukup besar, satu porsi lengkap lontong orari boleh anda pesan. Pesanan akan disajikan dalam dua piring, satu piring akan berisi dua buah lontong segitiga dengan kuah santang dan sayur nangka muda, sementara piring lainnya akan berisi lauk utamanya: goreng ikan haruan, ayam dan telur rebus dengan bumbu manis sedap. Ini porsinya emang gak maen-maen, banyak yang gagal mengalahkan porsi ini. Bukan apa-apa, lontongnya aja udah gede banget, dua lagi :) Untuk satu porsi lengkap ini harganya Rp. 35.000,-

Ini kali kedua saya menikmati kuliner unik di Banjarmasin ini, setelah sebelumnya saya sempat mengunjungi tempat ini di tahun 2009. Tidak banyak yang berubah dari tempat ini selain tempatnya yang diperluas. Tidak ada tempat duduk yang tersedia, hanya tempat lesehan beralaskan lampit, tikar khas kalimantan. Pengunjung tetap ramai walau bukan di akhir pekan, mulai dari sore hari sampai tutupnya kedai ini di pukul 3 dini hari. Ya, memang warung ini buka sampai larut karena dahulunya menjadi tempat para pengguna radio ORARI alias para breaker berkumpul untuk sekedar copy darat. Sekarang tempat ini sangat populer bagi yang akan menikmati makan malam serta para pemburu wisata kuliner di Banjarmasin. Terbukti, makin banyak foto artis maupun orang terkenal yang terpampang di dinding kedai ini.

Jadi, kalau ke Banjarmasin jangan lupa mampir di Lontong Orari...

Mau tahu tempat makan lainnya di Kota Banjarmasin dan sekitarnya? Silakan lihat disini -> Wisata Kuliner Banjarmasin

Kuliner lain di kota ini:



2 comments:

  1. Min..bukan di jalan simpang sei mesa... Tapi di jalan sebrang masjid....udah muter 3kali di simpang sei mesa..hikzzz...untung ketemu..hahahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh iya, tulisan di thn 2009 saya tulis Jl Sebrang Mesjid, tapi baca di bonnya koq Jl Simpang Sei Messa yah? Thanks koreksinya

      Delete