Saturday, June 1, 2013

Kuliner Medan - Bika Ambon Zulaikha


Wisata Kuliner Indonesia #283
Kuliner Medan
BIKA AMBON ZULAIKHA

Jl. Mojopahit No. 62 (061 - 4528181)
Jl. Mojopahit No. 96 DEF (061 - 4552881)
Medan


Apa oleh-oleh khas Kota Medan? Ya, sebagian besar pasti akan menjawab Bika Ambon. Sejak zaman SMA saya sering menikmati bika ambon dari Medan yang memang memiliki cita rasa kelezatan yang berbeda dengan bika ambon produksi dari kota lain :) Puluhan (mungkin ratusan?) penjaja Bika Ambon kini hadir di Kota Medan, salah satunya yang cukup besar adalah Bika Ambon Zulaikha. Walaupun bukan pelopor Bika Ambon di Kota Medan, akan tetapi saat ini Bika Ambon Zulaikha menjadi yang banyak diburu. Salah satu faktornya tampaknya adalah hadirnya Sertifikat Halal dari MUI di tiap kemasan bika ambon ini, ya bagi negeri dengan penduduk Muslim mayoritas, faktor tersebut menjadi salah satu faktor kunci kesuksesan sebuah usaha kuliner. Saya mencoba membeli tiga varian dari tempat ini: Original, Pandan dan Keju. Yang original tentunya menghadirkan kelezatan khas dari kudapan yang sudah melegenda ini, legit dan lembut dengan serat yang khas. Yang pandan memberikan sentuhan wangi pandan yang memberikan "rangsangan" tersendiri untuk segera menyantapnya, sedangkan yang keju pasti sudah terbayangkan rasanya, manis dari kue bika ambon ini ternyata berpadu cantik dengan aroma keju yang menggugah selera, menambahkan kekayaan dalam cita rasa Bika Ambon dari Medan ini.

Membuka toko di Jl Mojopahit, dimana sudah banyak penjaja Bika Ambon di ruas jalan ini, malah menjadikan Bika Ambon Zulaikha cepat terkenal dan menjadi magnit baru, mengalahkan puluhan toko lainnya yang menjajakan kuliner serupa. Bika Ambon Zulaikha didirikan oleh Hj. Mairani (seperti yang tercantum di kotaknya) dan diberi nama sesuai nama putrinya, Zulaikha. Dikutip dari Intisari-Online: air nira menjadi kunci kelezatannya. Yang digunakan murni air nira dan kini sudah ada sertifikat halal dari MUI. Air niralah yang berperan membuat serat yang sempurna pada bika ambon. Air nira ini difermentasi hingga 10 jam, barulah proses pembuatan bika ambon berjalan sempurna.

Nah, inilah aneka varian dan daftar harga dari Bika Ambon Zulaikha. Yang ukuran standar mulai harga Rp. 43-50rb, sedangkan yang kecil (setengah ukurannya) mulai dari Rp.23-28rb. Alamat Bika Ambon Zulaikha ada di Jl Mojopahit yaitu no. 62 dan 96, untuk mendapatkannya hanya tersedia di dua tempat tersebut. Kita tidak akan mendapatkannya di tempat lain termasuk di Bandara Polonia. Bahkan di kotaknya tertulis aturan: "Dilarang keras memperjual-belikan kembali produk ini!". Tujuannya mungkin sederhana, membuat produk ini tetap ekslusif sebagai kuliner khas Medan :)

Mau tahu tempat makan lainnya di Kota Medan? Silakan lihat disini: Wisata Kuliner Medan

Kuliner lain di kota ini:



7 comments:

  1. sudah terkenal nih brand nya, bangga deh sama produk2 indonesia :)

    ReplyDelete
  2. Mantabs! Thankyu bang dah di share, InsyaAllah hari ini tak samperin itung2 bwat oleh2 Pulkam ke Depok he..he..

    ReplyDelete
  3. untuk mendapatkan diskon, promo & deal kuliner, makanan, travel, spa lebih dari promo kartu kredit di kota medan silahkan kunjungi www.dealmedan.com

    ReplyDelete
  4. lau blk k medan mesti mau bli bika ambon tuk oleh2 kluaraga n' sahabat Q d KL

    ReplyDelete
  5. Bika ambon memang jagoannya Oleh Oleh Khas Medan wajib dicicipin nih klo ke medan

    ReplyDelete
  6. Wow. Thanks for information.

    ReplyDelete