Friday, May 4, 2012

Kuliner Martapura - Ada Anang di Soto Anang

Wisata Kuliner Indonesia #216
Soto Anang
Jl. A. Yani KM 39, Martapura


Kalo biasanya soto banjar hanya menyajikan daging ayam dalam bentuk suwiran, maka di Soto Anang ini diberikan dalam dua jenis yaitu dalam bentuk suwiran juga dalam bentuk potongan utuh. Ayam yang digunakan ayam jantan, jadi terasa banget gurihnya. Potongan telur bebek rebus, bihun, perkedel kentang dan kupat tentunya, menjadi pengisi lainnya selain ayam dalam satu porsi Soto Banjar Special Campur di depot ini. Kuahnya juga yang bikin menu ini terasa special, lezat dengan keharuman khas soto banjar yang kaya rempah, apalagi ditambah dengan kucuran jeruk nipis... Sluruup.. Harga yang ditawarkan untuk seporsi soto banjar berkisar dari Rp.10.000 sampai Rp.25.000. Untuk special campur seperti gambar diatas harganya Rp. 22.000.


Kurang afdhol kalo sudah di Depot Soto Anang ini tapi belum mencicipi Itik Panggang, yang juga menjadi menu khas dari tanah Banjar ini. Daging itik alias bebek dibakar kemudian dikerat sebesar jari tangan, disajikan dengan bumbu manis dengan sentuhan rasa pedas dan asam. Yummieee... Buat yang gak suka manis, mungkin menu ini agak terlalu manis, tapi bagi pecinta manis seperti saya pas banget deh... Satu porsi itik panggang plus nasi dihargai Rp. 30.000,- tapi berhubung perut juga sudah terisi soto banjar ya pesannya setengah porsi aja deh...

Kalo mendarat di Bandara Syamsuddin Noor di Banjarbaru, Kalimantan Selatan, maka prioritas destinasi para tamu yang berasal dari luar kota biasanya adalah Kota Martapura. Di Pasar Martapura kita bisa menemukan aneka aksesoris yang cantik dan murah yang berasal dari aneka batu indah dan juga permata. Nah, selepas belanja souvenir disana, sebelum menuju ibukota Banjarmasin, perlu untuk mampir di Soto Anang yang berjarak tidak jauh dari pasar martapura tersebut. Karena posisinya yang strategis tersebut dan juga makanan yang disajikan lezat, maka tak heran banyak pejabat atau artis yang menyempatkan diri berkunjung ke tempat ini, termasuk salah satu juri Indonesian Idol, Anang dan pasangannya Ashanti. Sampe perlu dipajang loh fotonya mereka ketika tengah berkunjung kesini :)

Mau tahu tempat makan lainnya di Kota Banjarmasin dan sekitarnya? Silakan lihat disini -> Wisata Kuliner Banjarmasin

Kuliner lain di kota ini:



2 comments:

  1. Seger nihh.. Kalau pecinta kuliner gitu suka berkreasi dengan resep juga gak ya?

    Ada nih bagi pecinta kuliner yang suka berkreasi dengan resep >> http://www.kreasimarie.com

    ReplyDelete
  2. Bukan hanya Anang, tapi lengkap dengan Syahrininya, eh Ashanti ding.. :)

    ReplyDelete