Saturday, June 6, 2015

30 Kuliner Pilihan dari 30 Provinsi di Indonesia (1)


Indonesia memiliki kekayaan kuliner yang luar biasa, bahkan ada yang mensinyalir bahwa Indonesia adalah negara dengan keanekaragaman kuliner paling banyak sedunia. Ya, dengan 34 provinsi dengan lebih dari 500 kabupaten/kota bisa dibayangkan betapa beragamnya sajian kuliner di nusantara ini. Banyumurti.net sendiri sudah mencoba mencatat perjalanan kulinernya di lebih dari 55 kota dari 30 Provinsi di Indonesia, akan tetapi sebagian besar masih berkisar di ibu kota provinsi dan masih banyak perlu menggali potensi kekayaan kuliner dari berbagai kota lainnya. Dan berdasarkan pengalaman yang sudah ditempuh oleh indera pengecap yang saya miliki ketika menempuh perjalanan tersebut, berikut adalah 30 kuliner Indonesia pilihan banyumurti.net dari tiap provinsi yang pernah saya kunjungi:

1. Aceh

Provinsi paling Barat di Indonesia ini memiliki keragaman kuliner yang luar biasa, dan saya sempat mencicipi beberapa di antaranya seperti Mie Aceh, Ayam Tangkap, Sie Reuboh, Rujak Aceh dan tentunya Kopi dan Sanger Ulee Kareng. Semua memiliki cita rasa yang memikat, tapi pilihan dari banyumurti.net jatuh pada Mie Kepiting di Mie Razali - Banda Aceh. Saya suka kepiting dan paduannya dengan bumbu mie aceh yang memiliki sentuhan rasa pedas yang unik membuat saya memilih hidangan ini. Banyak yang bilang bahwa Mie Aceh terbaik sebenarnya bukan di Mie Razali ini, tapi untuk kali ini izinkan banyumurti.net memilih Mie Kepiting Razali sebagai kuliner pilihan dari Aceh, karena memang belum banyak tempat mie Aceh yang sempat dicicipi.


2. Sumatera Utara

Medan sebagai ibukota provinsi Sumatera Utara juga menyajikan kuliner yang beragam, mulai dari makan besar, kudapan sampai oleh-olehnya. Akan tetapi pilihan banyumurti.net jatuh pada Soto Medan Sinar Pagi. Ya, soto medan memang salah satu ikon kuliner di kota ini, dan RM Sinar Pagi menyajikan salah satu soto medan yang terbaik. Dipenuhi para pelanggannya pada saat waktu sarapan, kita bisa menikmati soto medan Sinar Pagi dengan kuah santan light bercita rasa rempah yang khas dengan pilihan isi daging ayam, daging sapi ataupun jerohan sapi.

3. Riau

Dumai dan Pekanbaru adalah dua kota yang sempat banyumurti.net sambangi di Provinsi Riau. Dan Patin Asam Pedas dari Pondok Patin HM Yunus jadi pilihan kuliner banyumurti.net dari provinsi ini. Daging patin yang lembut dimasak dengan bumbu santan yang kental dengan rasa asam segar dan cubitan rasa pedas yang nendang. Apalagi jika dapat bagian kepalanya....

4. Sumatera Barat

Siapa yang tidak akrab dengan cita rasa yang disajikan dari provinsi ini? Hampir di semua kota kita bisa menemukan RM Padang dengan hidangannya yang khas. Selain itu Sate Mak Syukur di Padang Panjang serta Itiak Lado Mudo di Bukittinggi juga sudah melegenda sebagai ikon kuliner Minang. Tapi saya memilih yang berbeda untuk sajian kuliner pilihan dari provinsi ini versi banyumurti.net: Es Durian Ganti Nan Lamo. Berdiri sejak 1960, Es Durian di tempat ini tidak mengenal musim, selalu setia memberikan kesegaran khas yang dihasilkan dari olahan buah durian pilihan.

5. Jambi

Baru sekali saya berkesempatan mengunjungi provinsi ini, dan ada satu rumah makan yang menyediakan sajian kuliner khas Jambi di ibu kota provinsi RM Kuliner Khas Jambi Putri Jelmu. Dan sajian Nasi Minyak jadi pilihan banyumurti.net. Nasi gurih dengan balutan minyak samin didampingi dengan kuah kari yang light dengan potongan daging sapi di dalamnya.

6. Bengkulu

Baru sempat dua kali mengunjungi provinsi ini, dan saya agak kesulitan menemukan sajian kuliner khas dalam dua kali kunjungan tersebut. Akan tetapi saya terpikat dengan salah satu buah tangan khas di kota ini, Sirup Kalamansi. Sirup ini berbahan dasar Jeruk Kalamansi yang banyak tumbuh di Provinsi Bengkulu. Rasa asam segarnya yang khas menjadikan sirup ini menjadi salah satu favorit saya.


7. Sumatera Selatan

Pempek, Mie Celor dan Es Kacang Merah dari Palembang sudah tidak asing lagi sebagai ikon kuliner khas dari kota Palembang, ibukota Provisi Sumatera Selatan. Di berbagai penjuru kota ini, kita dengan mudah menemukan sajian-sajian tersebut. Tapi banyumurti.net memilih Pindang Ikan Patin sajian dari RM Sri Melayu, sebagai menu pilihan untuk provisi "wong kito" ini. Kenapa? Paduan kuah asam segar yang khas dengan sedikit rasa legit dan cubitan rasa pedas, yang meresap dalam lembutnya tekstur daging ikan patin menjadi alasannya.

8. Lampung

Sebagai kota "penghubung" pulau Jawa dan Sumatera, kuliner di kota Lampung juga menjadi "penghubung" dua pulau ini. Sebut saja dua "brand" yang sangat kuat dan memiliki banyak cabang di kota Bandar Lampung: Pempek Tenda Biru dan Baso Sonny. Banyumurti.net memilih sajian seafood Steam Ikan Macan dari RM Jumbo Kakap sebagai "wakil" dari provinsi ini. Penggunaan bumbu yang cakep dengan tidak "pelit" bawang putih, membuat saya jatuh cinta sama sajian seafood ini, dan tidak pernah saya cicipi di tempat lain.

9. Kepulauan Riau

Ada hidangan seafood yang khas dari Kepulauan Riau ini yaitu Gonggong yang bisa kita temukan di Batam maupun Tanjung Pinang. Tapi pilihan banyumurti.net untuk kuliner dari Kepulauan Riau ini jatuh pada Mie Lendir yang juga dapat ditemukan di dua kota tersebut. Namanya memang unik, mungkin dikarenakan kuahnya yang kental seperti lendir. Dikenal juga dengan mie rebus kuah kacang. Rasanya gurih dan manis, ditimpali dengan rasa pedas yang opsional dari irisian cabe rawit yang turut disediakan.

10. Bangka Belitung

Mie Koba cukup memikat ketika saya mencicipinya di kota Pangkal Pinang - Bangka, hidangan Gangan Kepala Ikan juga bisa membuai ketika saya menikmatinya di Tanjung Pandan - Belitung. Tapi pilihan banyumurti.net untuk provinsi ini jatuh pada sajian Ekor Tenggiri Bakar dari RM Mr. Asui yang ada di Kota Pangkal Pinang, ibu kota provinsi Bangka Belitung. Ekor tenggiri berukuran besar, dibakar tanpa bumbu apapun menyisakan cita rasa yang orisinal dan segar dari makanan laut ini.

11. Kalimantan Barat

Pontianak, sebagai ibu kota Provinsi Kalimantan Barat, menyajikan beragam kuliner yang menggoda. Tapi coba jalan sedikit keluar kota, dan nikmatilah Pengkang, kuliner plihan banyumurti.net dari provinsi ini. Pengkang mirip dengan lemper, tapi bentuk, cara masak dan isinya berbeda. Berbentuk segitiga, ketan dalam pengkang disisipi udang kecil dan kemudian dimasak dengan cara dibakar. Yang membuatnya spesial adalah teman makannya yaitu Sambal Kepah, sejenis kerang yang hidup di hutan mangrove. Sambal dengan rasa manis dan pedas ini melengkapi pengkang yang gurih.

12. Kalimantan Timur

Samarinda, Balikpapan dan Tenggarong adalah tiga kota yang pernah saya sambangi di Provinsi Kalimantan Timur, dan dari ketiga kota tersebut menu yang saya buru hampir sama: Kepiting. Tetapi pilihan banyumurti.net justru tidak jatuh pada olahan kepiting, tapi malah ke olahan kepala ikan kakap di Kedai Kepala Ikan Bang Jhony - Balikpapan. Walau baru satu kali berkunjung ke Bang Jhony ini, saya langsung jatuh cinta pada sajian Kepala Ikan yang dibumbu Asam Pedas di sini. Rasa asam segar yang kuat ditemani dengan gigitan rasa pedas akan dapat memanjakan indera pengecap kita.

13. Kalimantan Selatan

Saya jatuh cinta pada kuliner di Provinsi Kalimantan Selatan sejak kunjungan pertama. Soto Banjar, Itik Panggang, Udang Bakar, Ikan Saluang Goreng, Patin Bakar dan sebagainya begitu mempesona. Tapi pilihan banyumurti.net jatuh pada hidangan yang disajikan di Lontong Orari. Lontong besar berbentuk segitiga diguyur dengan kuah santan yang gurih dengan nangka muda di dalamnya, dinikmati bersama ikan haruan atau ayam goreng yang telah diselimuti bumbu manis dengan sedikit cubitan rasa pedas. Josss....

Yuk kita liat kuliner pilihan di provinsi lainnya:

Kuliner lain di kota ini:



7 comments:

  1. Kuliner2 yang wajib aku coba nihh :)

    ReplyDelete
  2. Mantap. Kalo berkunjung ke daerah-daerah bisa dicoba nih.

    ReplyDelete
  3. Inilah enaknya travelling. Dapet banyak informasi baru, pengalaman baru, makanan favorit baru, juga kenalan baru hehe...
    Makasih nih infonya. Terakhir kali travelling itu waktu (akhirnya) dapet jatah cuti dari Sewa kantor Get Realty dan langsung de cuss ke Jogja pake jasa rental mobil jogja Semberani dan jadilah ber-solo-travelling :D

    ReplyDelete
  4. Hebat sekali Pak, pernah mencicipi kuliner dari 30 provinsi di Indonesia
    Bikin envy aja. Penasaran dengan rasa Pangkang dan Mie lendir.

    ReplyDelete
  5. Dari sekian banyak menu kuliner di Indonesia, saya baru mencicipi kurang dari separuh kuliner yang ditulis di atas :(

    ReplyDelete
  6. Sangat penasaran dengan rasa Nasi Minyak dari Jambi, ngiler lihat gambarnya.

    ReplyDelete
  7. Harga mie kepitingnya satu porsi berapa?

    ReplyDelete