Wednesday, January 1, 2014

Kuliner Lampung - RM Jumbo Kakap


Wisata Kuliner Indonesia #304
RM Jumbo Kakap
Jl. Ikan Kakap No. 45
Bandar Lampung
Telp.: 0721 - 3681177


Tempat makan seafood tentunya mudah kita temui di berbagai kota, tetapi biasanya tiap kota punya satu atau dua tempat yang spesial. Demikian juga di kota Bandar Lampung, ada sebuah tempat makan seafood yang hampir tidak pernah sepi dari pelanggan khususnya di jam makan malam yaitu Jumbo Kakap. Apa yang membuat tempat ini spesial? Sepintas lalu, tidak ada yang menonjol dari tempat ini, selain keramaiannya dan juga "dapur"nya yang berada di depan. Dari daftar menu yang diberikan tampak beragam sajian khas seafood yang tersedia seperti ikan, cumi-cumi, kerang, udang dan sebagainya. Yang tampak berbeda adalah pilihan bumbu yang bisa kita pilih, misalnya untuk ikan kita bisa memilih sampai lebih dari 10 jenis masakan yang kita inginkan, sebut saja goreng kecap, bakar polos, bakar rica, steam gulai, steam tauco, goreng kering dlsb. Steam Ikan Macan jadi pilihan kita, dan ternyata tepat. Ini adalah steam ikan terenak yang pernah saya coba selama ini! Steam ikan Wajir di Medan dan seafood di Singkawang yang pernah saya cicipi lewaaatt. Kalau bahasa anak sekarang: rekomendit bingiiitt... Daging ikan macan yang lembut terolah baik dalam balutan bumbu steam yang "tidak pelit" bawang putih. Acungan jempol buat koki yang meracik bumbu sehingga memberikan cita rasa yang kuat ini.

Kepiting merupakan seafood yang wajib dicicipi buat saya :) Di RM Jumbo Kakap ini saya pilih kepiting berbumbu saus padang dan lada hitam. Dua-duanya ternyata juara, walau saya harus mengakui keunggulan yang lada hitam, bumbunya bener-bener memanjakan lidah saya. Tapi yang suka pedes, bumbu saus padangnya juga harus coba. Tapi sayangnya kepiting yang disajikan di sini ukurannya kecil-kecil.

Nah yang unik adalah sayuran pendampingnya, jika biasanya di tempat makan seafood lain cah kangkung selalu menjadi andalan sebagai pendamping lauk utama, di daftar menu saya menemukan nama sayuran yang unik, Lotus. Wah seperti apa ya? Ternyata mirip dengan sawi putih tetapi lebih kenyal. Dengan bumbu sederhana yang kuat bawang putihnya, sayur Lotus ini langsung merebut hati saya begitu suapan pertama. Juara.

Jadi buat yang mencari alternatif tempat makan di kota Bandar Lampung, Jumbo Kakap ini saya rekomendasikan. Selamat makan...

Kuliner lain di kota ini:



6 comments:

  1. Saya yg tinggal di lampung aja blm pernah coba sayur lotus..terima kasih info nya ^_^

    ReplyDelete
  2. kode no teleponnya kebalik mas..harusnya 0721, anyway info kulinernya jos gandos...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih koreksinya mas/mbak, langsung diperbaiki...

      Delete
  3. Wah saya orang lampung tapi belum pernah tau ada ini. Mudik nanti cobain deh,
    :D

    ReplyDelete
  4. Kami berencana mau adakan makan malam di RM Kakap Jumbo tapi momer teleponnya tidak bisa dihubungi, ada yang punya update-nya?

    ReplyDelete