Saturday, April 11, 2015

Kuliner Aceh - Sie Reuboh


Wisata Kuliner Indonesia #366
Kuliner Aceh
Rumah Makan Delima Baru
Jl. Banda Aceh - Medan, Lubok Batee
Banda Aceh


Sekilas tampak seperti gulai daging, tapi begitu suapan pertama masuk ke mulut Anda akan temukan sensasinya yang berbeda, jauh dari yang dibayangkan sebelumnya. Setidaknya itu yang saya rasakan ketika mencicipi kuliner khas Aceh yang satu ini: Sie Reuboh yang menjadi andalan di Rumah Makan Delima Baru - Banda Aceh. Agak tersentak dengan cita rasa yang disajikan menu ini, rasa asam segar yang menyengat langsung memenuhi rongga mulut bertautan dengan sedikit cubitan pedas di antaranya, sangat berbeda dengan aroma gulai yang saya bayangkan sebelumnya. Rasa asam muncul dari cuka, berpadu dengan aneka rempah dalam kuah yang ternyata tidak menggunakan santan, tapi penuh lemak sehingga kental. Cita rasa ini meresap ke dalam setiap serat daging sapi yang menjadi bahan utama. Karena penuh lemak, maka Sie Reuboh ini wajib dihidangkan panas-panas. Dan uniknya ternyata menu ini juga menjadi pilihan buah tangan bagi orang-orang yang berkunjung di Aceh karena bisa tahan sampai satu bulan lamanya.

Ayam Tangkap
RM Delima Baru adalah rumah makan yang menyajikan aneka kuliner khas Aceh, dan tentunya jika berbicara kuliner Aceh tidak dapat dilepaskan dari salah satu item yang menjadi ikonnya: Ayam Tangkap. Ayam kampung yang dipotong kecil digoreng kering, dan berpadu dengan daun kering yang jadi ciri khas dari Ayam Tangkap. Ini adalah perpaduan dari daun pandan dan daun temurui atau yang dikenal juga dengan nama daun salam koja atau daun kari. Juga ada cabe hijau, yang kesemuanya digoreng kering dan dapat dimakan langsung, bukan sekedar bumbu atau penghias semata. Bisa disebut, belum ke Aceh jika belum mencicipi Ayam Tangkap.

Sie = Daging; Reuboh = Rebus, jadi sejatinya Sie Reuboh adalah daging rebus, tapi bukan rebus sembarang rebus tentunya, terbukti dengan lembutnya daging yang disajikan dalam menu ini. Walau hanya dibumbui bawang merah, bawang putih, cabe rawit, cabe merah dan merica, selain cuka, tetapi menikmati Sie Reuboh ini memberikan sensasi tersendiri yang unik. Dan sie reuboh di RM Delima Baru ini katanya berbeda dengan tempat lainnya, sehingga tak salah dinobatkan sebagai signature rumah makan ini. RM Delima Baru dapat kita temui dalam perjalanan antara Bandara Sultan Iskandar Muda menuju kota Banda Aceh, tepatnya di Jl Raya Banda Aceh - Medan, kawasan Lubok Batee. Sempatkanlah mampir jika berkunjung ke Aceh...

Mau tahu tempat Kuliner Aceh lainnya? Klik disini

Kuliner lain di kota ini:



4 comments:

  1. aku makan sie reuboh ini dulu di ayam tangkap daerah ahmad dahlan blok m, dan jatuhhati ama bumbu rempah yg kental terasa

    ReplyDelete
  2. sie reuboh banyak dimasak ibu2 di Aceh saat meugang. karena memang setiap rumah dalam menyambut ramadhan selalu membeli daging, dan termasuk rumahku mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow, thanks infonya bang... Meugang itu apa yah?

      Delete