Sunday, March 18, 2012

Kuliner Batam - Mie Rebus Kuah Kacang alias Mie Lendir


Wisata Kuliner Indonesia #207
Mie Rebus Kuah Kacang / Mie Lendir
Kedai Kopi IN STAR
Komplek Bumi Indah Blok 4 No. 35
Nagoya - Batam
Telp: 0778-456349


Cari sarapan unik di Kota Batam ah... Teman saya merekomendasikan Mie Lendir di kawasan Ruko Nagoya, hmm... makanan apa pula itu? Akhirnya di pagi hari saya menyusuri salah satu komplek ruko di kawasan Nagoya, tepatnya di seberang Hotel Nagoya Plasa, tempat saya menginap. Banyak kedai yang mulai dipenuhi pengunjung yang sedang berburu sarapan, tapi saya belum menemukan yang saya cari. Sampai akhirnya di salah satu kedai kopi, saya melihat counter yang bertuliskan Mie Rebus Kuah Kacang, kayaknya yang ini nih. Langsung saja saya masuk ke kedai ini, dan memesan satu porsi mie rebus. Tidak perlu menunggu berapa lama, hadir dihadapan saya satu piring mie rebus dengan tauge ditemani taburan bawang daun dan bawang goreng. Yang bikin menarik adalah kuahnya, kuahnya kental (mungkin ini yang membuat disebut mie lendir), dengan warna kecoklatan dari bumbu kacang. Rasanya? Luar biasa, rasa gurih dan manis yang berpadu dengan cantik membuat sarapan saya di Batam kali ini begitu istimewa. Irisan cabe rawit juga disajikan untuk memperkuat rasa dengan sentuhan rasa pedas yang dihasilkan, juga satu butir telur rebus sebagai penyempurna. Dan harganya... 7 ribu rupiah saja.

Buat minumnya bisa pilih teh atau kopi tarik, minuman khas melayu yang banyak kita temui di tanah sumatera dan sekitarnya. Teh atau kopi yang dikocok dengan susu kental sehingga menghasilkan rasa yang menyatu, biasanya ditandai dengan munculnya buih. Segeerrr...

Budaya nongkrong di kedai kopi memang dapat kita temukan di kota-kota dengan budaya Melayu yang masih kental seperti di Pulau Sumatera dan juga pulau-pulau sekitarnya. Tidak terkecuali di Batam, pagi itu saya melihat beberapa kedai kopi tampak dipenuhi pengunjung yang menyantap sarapan ataupun hanya sekedar menyeruput segelas kopi sambil bercengkrama dengan teman atau keluarganya. Kedai Kopi In Star tempat saya menikmati Mie Lendir ini juga ramai oleh pengunjung, akan tetapi pelayanan yang diberikan cepat. Dengan kelezatan plus pelayanan yang menyenangkan inilah, selama dua hari saya di Batam, dua kali pula saya sarapan di tempat ini. Pokoknya kalo ke Batam, selain menikmati Sop Ikan, direkomendasikan buat mencicipi dahsyatnya Mie Lendir alias Mie Rebus Kuah Kacang ini.

Kuliner lain di kota ini:



5 comments:

  1. pendatang baru di batam, bisa nyobain menu ini.. thanks nice info

    ReplyDelete
  2. Haa.. tahu saya ini In Star ini. Kalau dari hotel Nagoya, lewati deretan pohon dan pelataran parkir, pas :))

    Saya dulu gak bisa menikmati mie lendir dalam suasana pagi yang asyik di warkop, Mas. Tapi syukur lah masih bisa sarapan mie lendir di pantry kantor (istri teman jalanin dagang sarapan :p)

    ReplyDelete
  3. Asli baru pertama makan aja rasanya ensak banget! Gak tau lagi kelaperan/emang rasanya enak! He he

    ReplyDelete
  4. Batam... The extaraordinary
    Asli...... Baru pertama makan aja enak banget! Lagi kelaperan/emang rasanya enak ya? Ah tapi emang enak deh Mie Lendir khas Batam ini...
    Nama emang aneh.. Tapi, Rasanya dijamin GA ANEH! :D

    ReplyDelete