Saturday, November 5, 2011

Wisata Kuliner Pekanbaru - Pondok Patin HM Yunus


Wisata Kuliner Indonesia #171
Pondok Patin HM Yunus
Jl. Kaharuddin No. 1 Simpang Tiga - Pekanbaru
Telp: 0761-674796


Googling tentang wisata kuliner di Pekanbaru, banyak yang merekomendasikan untuk mengunjungi Pondok Patin HM Yunus untuk merasakan nikmatnya Patin Asam Pedas. Disini makanan disajikan layaknya di rumah makan Padang, kita tinggal comot yang sudah tersaji di meja. Kalo kurang tinggal minta lagi. Yang jadi "pusat perhatian" tentunya adalah Patin Asam Pedasnya. Daging ikan patin yang terkenal dengan kelembutan teksturnya dimasak dengan bumbu santan yang kental dengan cita rasa asam segar dan pedas yang nendang. Bumbunya bener-bener meresap sampe ke dalam. Buat pecinta kepala ikan silakan pilih bagian kepala patinnya, banyak sensasi yang tercipta ketika "mengeksplorasi" kepala patin ini ditimpali dengan bumbu pekat yang dahsyat ini. Harga: Rp. 30.000 (kepala) / Rp. 15.000 (daging)


Mau yang unik dan jarang ditemukan di tempat lain? Coba saja Gulai Telur Ikan Patin. Telur Ikan Patin ini dibungkus dengan daun kemudian digulai dengan bumbu serupa dengan Patin Asam Pedas. Tekstur telur ikan yang khas ini sungguh memberikan sensasi kenikmatan tersendiri bagi para penggemarnya. Harga: Rp. 25.000,-

Saya tergiur dengan salah satu hidangan yang tersaji di meja, Udang Galah Goreng. Udang dengan ukuran besar ini digoreng polos saja dan disajikan dengan sambal kecap. Gak kuasa menahan godaan, saya langsung sambar saja udang ini. Dan benar, daging yang kenyal dan rasa semu manis dari udang ini memang sangat layak buat dicoba. Apalagi dicocol dengan sambal kecap yang tersedia, nyessss.....

Masih banyak sebenernya sajian di meja yang menggoda selera. Sebut saja, Dendeng Batokok Cabe Hijau, Ayam Kampung Goreng Bumbu, Ikan Silais Goreng, dan sebagainya... Tapi saya harus tahu diri dan sadar perut :))

Eh, belum selesai, buat pencuci mulutnya cobain deh Es Laksamana Mengamuk yang menjadi andalan Pondok Patin ini. Potongan mangga yang manis berada di dalam santan yang telah bercampur dengan gula enau, susu coklat dan tentu saja es batu. Segerrr banget, rasanya sepintas mirip kolak dengan isi mangga :) Unik, harus dicoba...Harga Rp. 15.000,-

Rumah Makan Pondok Patin HM Yunus ini cukup kondang di Pekanbaru, bahkan supir taksi mengenalnya cukup dengan sebutan Pondok Patin saja, tanpa embel-embel HM Yunus. Para pejabat negara tampak pernah hadir mencicipi dahsyatnya Patin Asam Pedas disini, dari photo yang terpajang di dinding bisa kita lihat photo dari Presiden SBY, Menkominfo Tifatul Sembiring, Menpora Andi Malarangeng dan lain-lain. Ini menunjukkan Pondok Patin ini memang menghadirkan kelezatan dan kualitas makanan yang tinggi. Gak cuma makanannya saja, saya harus angkat jempol dengan pelayanan para pramusaji di sini, kecepatan dan kesigapan mereka dalam menerima dan melayani tamu luar biasa. Etos kerja yang tinggi terpancar dari wajah mereka yang tidak pernah kusam walau sedang sangat sibuk menerima kedatangan puluhan tamu rombongan salah satu partai politik untuk menikmati makan siang di sana. Salut...

Kuliner lain di kota ini:



5 comments:

  1. Sering lewat tapi belum pernah nyoba, perlu dicoba. Tapi abis gajian aja :)

    ReplyDelete
  2. udah 6 tahun di pekanbaru tp blum pernah ke sini

    ReplyDelete
  3. pernah makan di pondok patin waktu jamuan makan gubernur dalam rangka welcoming party Rakernas HIMAPIKANI.
    Makanannya sedapppp :D

    ReplyDelete