Saturday, June 6, 2015

30 Kuliner Pilihan dari 30 Provinsi di Indonesia (2)

Setelah menjelajah kuliner di pulau Sumatera dan Kalimantan, saatnya kita menengok kuliner pilihan dari banyumurti.net dari Pulau Sulawesi, Maluku, Papua dan Nusa Tenggara.

14. Sulawesi Utara

Ada yang bilang kalau ke Manado jangan lupa 3B: Boulevard (jalan di sepanjang pantai), Bunaken (yang terkenal dengan taman lautnya) dan Bubur. Ya Bubur Manado alias Bubur Tinutuan memang merupakan salah satu ikon kuliner dari Manado, ibu kota Provinsi Sulawesi Utara ini. Dan pilihan banyumurti.net juga jatuh di Bubur Tinutuan ini. Berbeda dengan bubur beras di kota lainnya, bubur Tinutuan tampak jauh lebih sehat dengan aneka sayuran di dalamnya, sebut saja singkong, bayam, kangkung, jagung, labu kuning dan juga daun kemangi. Hmmmm...


15. Gorontalo

Saya pernah dijamu oleh ibu Gubernur Gorontalo di rumah dinasnya, beragam kuliner khas provinsi baru ini disajikan dan semuanya sanggup memanjakan indera pengecap kita. Tapi sayangnya sulit untuk menemukan sajian kuliner tersebut di tempat umum, atau mungkin sayanya yang tidak sempat untuk benar-benar berburu kuliner khas provinsi ini. Tapi ada satu Kuliner Gorontalo yang hampir tidak pernah saya lewatkan jika berkunjung ke sini, nama makanannya adalah Binde Biluhuta atau dikenal juga dengan Milu Siram. Milu sendiri artinya jagung, jadi makanan ini seperti sayur sop dengan bahan utama pipilan jagung manis. Yang membedakan dengan sop biasa adalah adanya parutan kelapa dalam kuahnya dan daging ikan cakalang yang memberi cita rasa yang khas bagi sajian yang satu ini.


16. Sulawesi Tengah

Dua kali saya sempat berkunjung ke kota Palu, ibukota provinsi Sulawesi Tengah. Dan dari dua kunjungan tersebut ada satu kuliner yang tak pernah terlewatkan, sekaligus jadi kuliner pilihan banyumurti.net, yaitu Kaledo. Bentuknya mirip dengan sup kaki sapi biasa lengkap dengan tulangnya, yang beda adalah cita rasa asam yang segar yang menyeruak di kuahnya ditimpali gigitan rasa pedas dari cabe rawit kering. Biasanya disantap bersama singkong rebus, bukan nasi.


17. Sulawesi Selatan

Nah di provinsi ini, khususnya di Makassar, ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan, terus terang saya kesulitan untuk menentukan kuliner apa yang harus jadi pilihan banyumurti.net. Coto, Konro, Palubasa, pisang ijo, saraba, sop saudara hanyalah sebagian kecil dari kekayaan kuliner di provinsi ini. Setelah perdebatan yang alot dari titik-titik syaraf di lidah, akhirnya Pallumara jadi pilihan banyumurti.net. Alasannya adalah saya penggemar berat kepala ikan dan sajian kepala ikan yang satu ini memang berbeda. Saya menikmati Pallumara ini di Pallumara Mappanyukki yang berlokasi di dalam jalan kecil, tapi itu tidak menyurutkan para pelanggannya untuk memenuhi kedai sederhananya. Kepala Ikan Kakap dengan bumbu kuning yang bercita rasa asam segar ini benar-benar memanjakan indera pengecapku.

18. Sulawesi Tenggara

Pada kedatangan saya ke Kendari, ibukota Provinsi Sulawesi Tenggara, saya gagal menemukan kuliner khas dari kota ini kecuali kacang mede yang memang terkenal sebagai buah tangan dari provinsi ini. Tapi menyeberang ke kota BauBau saya malah sempat cicipi berapa kuliner dari kepulauan Buton ini, seperti bubur Kapusunosu bubur gurih yang terbuat dari jagung dengan santan, biasanya disantap dengan dengan ikanedole, daging ikan yg ditumbuk dan dibentuk segitiga. Tapi pilihan banyumurti.net jatuh pada sebuah kudapan sederhana, Kambewe. Terbuat dari jagung yang digiling bersama gula merah, santap ketika hangat sambil menikmati indahnya air terjun Tirta Rimba, tempat dimana kambewe ini dijajakan.

19. Maluku Utara

Maluku Utara tidak hanya terkenal dengan keindahan alamnya, tapi juga "keindahan" kulinernya yang menggoda. Cobalah main ke Pasar Bahari Berkesan kota Ternate, sebuah pasar tradisional yang menyediakan aneka bahan dasar kuliner khas yang hanya dapat ditemui di sini. Mau tinggal langsung makan? Berjalanlah ke belakang pasar ini, berjejer kedai-kedai yang menyediakan aneka kuliner khas provinsi ini. Dan yang paling berkesan buat banyumurti.net adalah suguhan Gohu Ikan Cakalang. Potongan daging ikan cakalang yang dicampur dengan segarnya lemon cui, pedasnya cabe rawit dan harumnya daun kemangi, dan tanpa dimasak lagi kita langsung dapat menyantap sajian ini. Dinikmati sebagai lauk dari papeda ataupun singkong rebus.

20. Maluku

Ada sebuah resto ternama di kota Ambon, ibu kota provinsi Maluku, namanya Ratu Gurih. Di sini kita bisa nikmati ikan dengan beragam olahan. Dan favorit dari banyumurti.net adalah Ikan Bakar Bumbu Colo-Colo, bahan dasarnya adalah ikan lalosi yang disajikan bersama sambal colo-colo dengan cita rasa asam yang kuat. Dahsyat...

21. Papua

Pertama kali saya menginjakkan kaki ke pulau Papua bukanlah ke Jayapura, ibukota provinsi ini, tapi ke kota kecil di lembah Baliem, Wamena. Di sanalah banyumurti.net menikmati sajian kuiner yang unik Udang Selingkuh. Unik, karena udah yang hidup perairan sungai Baliem ini memiliki tubuh yang berbeda dengan udang lainnya yang biasa kita santap. Badannya besar seperti udang galah tapi punya capit yang kuat laksana kepiting. Aroma segar dengan semburat rasa manis muncul dari dagingnya yang masih segar. Konon udang ini masih hasil tangkapan dari penduduk lokal, dan belum dibudidayakan sehingga belum tentu setiap saat kita bisa menikmatinya ketika berkunjung ke Wamena.

22. Nusa Tenggara Timur (NTT)

Sempat dua kali berkunjung ke kota Kupang, ibu kota NTT, dan sekali menyebrang ke Pulau Rote, pulau yang paling selatan dari negara Indonesia. Sayangnya karena waktu terbatas, tidak sempat mengeksplor kuliner di dua kota ini. Tapi sebelum pulang, masih sempat mengunjungi Kedai Ibu Soekiran di Kupang yang menjual beragam oleh-oleh khas NTT, dan ada satu yang memikat banyumurti.net yaitu Sei Sapi. Sei adalah daging yang diasap dengan olahan khas NTT, biasaya menggunakan daging babi, tapi di kedai ibu Soekiran ini menggunakan daging sapi yang dijamin kehalalannya. Dibekukan dan dikemas dalam kemasan hampa udara memungkinkan sei sapi ini kita bawa pulang walau tanpa pengawet. Di rumah, Sei Sapi ini bisa kita goreng atau paling enak bisa kita bikin oseng. Penasaran?

23. Nusa Tenggara Barat (NTB)

Ayam Taliwang dan Plecing Kangkung merupakan dua ikon kuliner dari Mataram-Lombok yang tidak pernah terlewatkan. Beberapa tempat makan kuliner ini sudah sempat saya sambangi seperti Taliwang Irama, Dua-Em dan Taliwang Raya. Tapi justru ada kedai kecil yang jadi favorit banyumurti.net, Taliwang Khas Pak Udin. Rasa ayam taliwang bakar dengan yang pedas dengan semburat rasa manisnya begitu menggoda, apalagi ditemani dengan terong bakar pedas yang juga jadi favorit di tempat ini.


Kuliner lain di kota ini:



1 comment: