Monday, November 12, 2012

Kuliner Mataram - Taliwang Khas Pak Udin


Wisata Kuliner Indonesia #248
Taliwang Khas Pak Udin
Jl. Gelatik No. 2B - Cakranegara, Mataram
Telp.: 081917802532/08180 3650454


Ke kota Mataram tidak boleh tidak untuk menikmati Kuliner Lombok yang luar biasa ini: Ayam Taliwang. Saya pernah mencoba di dua resto penyaji kuliner lombok yaitu Taliwang Irama dan Dua-EM. Nah bulan September lalu saya berkesempatan kembali mengunjungi kota Mataram dan mencicipi sensasi lain sajian ini di kedai Taliwang Khas Pak Udin. Kenapa beda? Karena Taliwang khas Pak Udin ini berada di kedai kecil, bukan resto seperti Taliwang Irama dan Dua-EM. Bagaimana dengan makanannya? Nah, harus saya akui bahwa kedai ini lebih sederhana tapi rasa ayam taliwangnya lebih "kaya". Saya pesan ayam bakar taliwang, ayam usia muda khas mataram yang dibakar dengan bumbu dengan semnburat rasa pedas dan manis yang berpadu cantik dengan kekuatan rempah-rempah khas lombok. Karena ayam yang digunakan masih berusia muda dan proses memasaknya yang sempurna, maka kita akan dapat merasakan bumbu tersebut meresap sampai ke setiap serat dagingnya bahkan sampai ke tulang. Sluruuupp... Harga satu porsi ayam bakar ini Rp. 22.000 per porsi alias satu ekor ayam.


Sebagai pelengkap hidangan ayam taliwang ini, saya memesan satu porsi terong bakar. Dan jangan kaget ketika para crew mengolah terong ini, besarnya hampir satu lengan! Terong-terong raksasa itu kemudian dibakar sebentar dan disajikan dengan "toping" sambal tomat yang segar. Rasa pedas yang segar dan menggigit menjadikan indera pengecap kita lebih sensitif lagi untuk menerima segala cita rasa indah yang tersaji. Harga satu porsi teronga bakar ini Rp. 5.000,-

Yang tidak kalah asiknya adalah minumnya. Saya pesan Es Kelapa Muda, serutan kelapa muda dalam segelas besar air kelapa dengan tambahan sirup kelapa hijau yang segerrrr. Saya gak tau sirup yang dipake sirup apa, tapi ini jempol banget. Tidak cukup satu gelas deh.. Dan harganya pun cukup 4 ribu rupiah saja per gelasnya.

Ketika berkunjung ke tempat ini saya bersama rombongan, ada Profesor @kalamullahramli, Om @nukman, Bapak @bonipudjianto, Mas @bambangasmoro, Mas @eyiq dan Mbak @diahalief, selain tentunya teman-teman dari kota Mataram itu sendiri. Semuanya puas dan terkesima dengan cita rasa yang disajikan, kecuali pak profesor yang tidak suka pedas :) Jadi buat kamu yang tengah travelling di kota Mataram, tampaknya mencicipi Taliwang Khas Pak Udin harus menjadi destinasi kuliner kamu selama disana. Walaupun kedainya sederhana, cita rasa yang disajikan sama sekali tidak sederhana. Gak percaya? Buktikan sendiri :)

Kuliner lain di kota ini:



2 comments:

  1. Lihat foto ayamnya aja udah ngiler.. Muantap neh kayaknya.

    ReplyDelete
  2. Betul betul betul ayam taliwang pak udin itu memang enyak... Apalagi hanya selemparan batu dr tempat nginep kami di crown hotel atau bidari hotel....harga murah, bumbu sedep, terong bakarnya enyakkkkk, kerupuk kulitnya gurih...dan harga bersaing sekali (sesuai kantong kami para pe en es)...sejauh ini tiasa cela...salah satu option oleh oleh must buy yang harus dijinjing kalau pulang ke jakata

    ReplyDelete