Monday, October 17, 2011

Kuliner Mataram - Ayam Taliwang dan Plecing Kangkung di Dua-EM


Wisata Kuliner Indonesia #167
Dua-EM Bersaudara
Jl. Transmigras 99 Mataram - Lombok - NTB
Telp: 0370 622914 - 636734

Kalo jalan ke Mataram, Ayam Taliwang dan Plecing Kangkung menjadi kuliner wajib yang harus dicicipi. Dua-EM Bersaudara merupakan rekomendasi rumah makan dari supir taksi yang mengantar saya untuk bisa menikmati kuliner andalan kota Mataram ini. Untuk menu ayamnya terdapat beberapa pilihan yang bisa kita coba Ayam Julat, Ayam Pelecingan, Ayam Bakar, Ayam Goreng dan Ayam Bakar Madu. Saya pilih Ayam Pelecingan yang memberi rasa pedas tapi tidak sepedas Ayam Julat. Ayam yang tersaji satu ekor utuh, tapiii ayamnya kecil karena menggunakan ayam kampung yang masih muda. Pemilihan ayam kampung kecil ini membuat bumbu plecingan yang digunakan meresap bahkan sampai ke tulang. Rasa pedas yang menusuk terpadu cantik dengan rasa semu manis muncul dalam setiap gigitan. Selalu beda jika menikmati kuliner asli dari kota asalnya. Apalagi ditambah dengan nasi putih hangat, bener2 surga kuliner :) Harga: Rp. 28.000,-


Jangan lupa juga mencoba Pelecing Kangkung-nya. Kangkung dari Pulau Lombok ini emang beda dengan daerah lain. Kita bisa menyantap kangkung yang segar ini sampe ke batang-batangnya tanpa menemukan bagian yang alot, semuanya nyaman untuk dikunyah. Tauge, kacang panjang dan kacang tanah, menemani si kangkung, yang disajikan dengan "toping" sambal tomat yang menggigit dan kelapa urap. Keringat yang mengucur dan desah dari mulut yang kepedesan tidak mengurangi kenikmatan yang muncul dalam menyantap kesegaran Pelecing Kangkung ini. Tak boleh terlewatkan... Harga: Rp. 7500,-

Eh tahu gorengnya juga asik loohhh... Kaya Tahu Yun Yi dari Bogor. Teksturnya lembut dengan rasa asin yang gurih dan pas. Apalagi ditimpali dengan sambal kecap yang disajikan bersama tahu goreng ini, kayaknya pas banget buat disandingkan dengan menu utama si Ayam Pelecingan dan Pelecing Kangkung. Harga: Rp. 12.000,-

Minumnya buat seger-seger saya pesan Es Kelapa Muda dengan Gula Merah. Gak tau ya, air kelapa muda itu kalo disajikan dengan gula merah, menurut saya, tingkat kesegarannya jadi bertambah :) Tingkat "kemudaan" kelapanya juga pas, dagingnya tebal tapi tetap lembut untuk dikunyah. Harga: Rp. 10.000,-

Yup, sajian seperti gambar ini memang harus selalu menjadi bagian tak terlewatkan jika memang berniat berwisata kuliner di Kota Mataram-Lombok. Sebelumnya, saya pernah juga mencicipi sajian serupa di ibukota Propinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) ini di resto lainnya yaitu di RM Taliwang Irama. Hampir sama rasanya koq, tapi memang lebih banyak orang merekomendasikan ke Dua-EM ini karena usianya yang lebih tua. Kalo gak ada yang nganter juga gampang koq, panggil taksi dan minta antar ke resto ini. Pulangnya, minta aja kasirnya untuk menelpon taksi kembali, amaaannn... Tempatnya juga luas, cocok jika kita makan bareng rombongan atau dengan keluarga. Ke Lombok yuukkk....

Kuliner lain di kota ini:



1 comment:

  1. Menu yang selalu menggugah selera makan nih..nice info :D

    ReplyDelete