Saturday, November 16, 2013

Kuliner Ternate: Gohu Ikan Cakalang


Wisata Kuliner Indonesia #296
Gohu Ikan Cakalang
RM Poppeda
Pasar Bahari Berkesan
Ternate


Potongan daging ikan cakalang mentah yang segar dilumuri garam, perasan lemon cui dan rajangan daun kemangi, tak lupa dibubuhi cabe rawit dan bawang merah yang sudah ditumis dengan sedikit minyak kelapa. Semua diaduk jadi satu dan tanpa dimasak. Daaann taraaaa.... hadirlah makanan khas Ternate ini: Gohu Ikan Cakalang. Saya harus kasih 4 jempol buat cita rasa yang dihadirkan kuliner yang satu ini, rasa asam segar dari lemon cui, gigitan rasa pedas dari cabe rawit, wangi khas dari daun kemangi berpadu cantik dan saling mengisi. Dan asiknya lagi tidak ada rasa amis sedikit pun keluar dari daging ikan mentah yang disajikan, bahkan saya baru tahu bahwa Gohu ikan ini tidak dimasak setelah hampir menyantap setengah porsi yang disajikan. Juara banget! Lalu makanan apa yang cocok disandingkan dengan Gohu ikan ini?


Katanya, gohu ikan ini paling cocok dimakan dengan pisang atau singkong rebus. Pisang rebus? Sebagai orang Jawa yang selalu bergelut dngan nasi terdengar aneh makan lauk dengan makanan pokoknya pisang rebus. Emang enak? Dan ternyata lidah jawa saya pun harus mengagumi cita rasa yang dihadirkan oleh paduan pisang rebus dan gohu ikan ini. Lezzaaatt... Yang menghentikan saya makan ini adalah rongga perut saya yang tidak menyisakan ruang yang kosong lagi, padahal rasanya mulut tidak ingin berhenti mengunyah. Oh ya, selain ikan cakalang, gohu ikan ini juga biasanya menggunakan ikan tuna sebagai bahan bakunya. Akan tetapi memang harganya lebih mahal.

Saya menikmati Gohu Ikan Cakalang ini di salah satu kedai sederhana di samping Pasar Bahari Berkesan Kota Ternate. Pasar yang bersih ini memang surga bagi para pemburu kuliner ternate, tidak hanya warung warung yang berjejer menjajakan kuliner khas Ternate, tetapi juga beragam bahan masak yang khas di kota ini bisa ditemukan disini, sebut saja lemon cui, sagu bakar, bambu muda, cabe rawit, ikan asap dan sebagainya.
Wisata kuliner Ternate memang tak kalah indahnya dengan wisata alam di kota ini seperti Danau Tolire, Batu Angus, Kraton Kesultanan Ternate dan sebagainya. Jadi, yuk berwisata ke Ternate...

Mau tau tempat makan lainnya di kota Ternate? Klik aja disini > Kuliner Ternate

Kuliner lain di kota ini:



No comments:

Post a Comment