Monday, June 20, 2011

Kuliner Makassar - Pallu Basa Serigala


Wisata Kuliner Indonesia #156
Warung Pallu Basa H. Haeruddin
Jl. Serigala - Makassar

Kuliner Makassar emang gak ada matinya... Setelah paginya sarapan Coto Nusantara, malamnya saya meluncur ke Jl. Serigala untuk menikmati Pallu Basa. Ya, tempat ini direkomendasikan banyak orang dan telah menjadi salah satu ikon kuliner kota yang dulu sempat bernama Ujung Pandang ini. Pallu Basa ini hampir mirip dengan Coto tetapi dengan aroma kuah yang sedikit berbeda, santannya lebih kental dan serbuk kelapa sangrai terasa menyatu dengan kuahnya. Isinya aneka campuran daging dan jeroan dari sapi dan (katanya) kerbau. Rasanya emang mantabs, begitu tersaji bersama sepiring nasi, saya langsung menyantap habis palubasa yang saya pesan itu. Sebelumnya kita akan ditawari apakah akan menggunakan telur atau tidak, dan karena saya sudah banyak sumber kolestrol di kota ini, maka saya putuskan memesan pallu basa tanpa telur :) Harganya? Dengan Rp. 16.500,- kita akan mendapatkan satu mangkuk pallu basa, sepiring nasi dan segelas teh botol dengan es.


Warung ini sejatinya bernama Warung Pallu Basa H. Haeruddin, tetapi lebih dikenal dengan Palu Basa Serigala atau PALBAS SERIGALA. Tempatnya tidak begitu besar sebenarnya, makanya katanya ketika jam makan siang, siap-siap aja untuk antre menunggu tempat duduk yang kosong. Oleh karena itu saya sengaja meluncur ke Palbas Serigala ini sore-sore sebelum maghrib dengan harapan belum banyak orang yang datang untuk makan malam. Tebakan saya tepat, walaupun warung ini ramai, tapi masih menyisakan bangku untuk saya agar bisa bersantap. Palbas Serigala buka dari jam 9 pagi sampai jam 8 malam, sehingga memang menjadi tujuan orang untuk bersantap siang maupun malam. Dan benar saja, begitu saya selesai makan maka mulai banyak rombongan-rombongan yang hadir untuk bersantap malam disini. Saya pun segera melipir untuk memberi kesempatan yang lain menikmati kekayaan rasa dari Pallu Basa Serigala ini...

Kuliner di Kota Makassar lainnya...

Kuliner lain di kota ini:



8 comments:

  1. Kayanya bikin lidah bergoyang deh kalau makan menu ini.. mantapp....

    Visit my website informasi wisata - hanya di www.piknikyu.com

    ReplyDelete
  2. wahhhh saya paling suka palbas !!!! :D

    ReplyDelete
  3. Kok mirip banget sama rawon ya makanan dari jawa timur....Mungkin kalo makannya pedes tambah enak kali ya..

    ReplyDelete
  4. boleh minta resepnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf, saya tukang makan yang ga bisa masak. Jadi kurang tahu resepnya. Mungkin bisa digoogling?

      Delete
  5. enak banget menu yang satu ini, jadi nambah nambah terus.. mampir ke www.pengentahu.com yaaah gan..

    ReplyDelete
  6. Mantap artikelnya, bisa menjadi inspirasi. Thanks for share.

    ReplyDelete