Monday, November 18, 2013

Kuliner Makassar - Pallumara Mappanyukki


Wisata Kuliner Indonesia #298
Pallumara Mappanyukki
Jl. H.A. Mappanyukki No.36 C
Makassar


Saya sudah pernah coba makan Pallu Basa dan juga Pallu Butung. Dan walau sama-sama menggunakan kata Pallu ternyata ini adalah dua jenis kuliner Makassar yang jauh berbeda. Nah bagaimana dengan Pallumara? Tidak direncanakan pada saat kunjungan kesekian kalinya ke Makassar saya diajak makan ke salah satu warung Pallumara yang banyak menjadi favorit di kota ini, tepatnya di Jl. Mappanyukki. Tidak tepat di pinggir jalan besarnya, tapi masuk ke jalan kecil, saya tidak menyangka akan menemui kedai sederhana di sebuah rumah yang disesaki para pengunjung yang akan makan siang di tempat ini. Menunya hanya satu Pallumara alias Sup Kepala Ikan. Sup dengan kuah kuning dari bumbu kunyit yang ditimpali dengan segarnya rasa asam dan gurihnya bawang, hmmm... Apalagi dengan bahan baku kepala kakap merah yang menjadi favorit saya sepanjang masa, kuliner Makassar ini langsung menyentuh rasa cinta yang muncul di indera pengecap.

Harga satu porsi sup kepala ikan alias Pallumara khas Makassar ini 30ribu rupiah, tidak bisa disebut murah memang tapi sangat setimpal dengan cita rasa yang diberikan. Ludes sudah semua daging yang menempel di kepala kakap ini sampai setiap sela tersembunyi, wajar kalau kedai sederhana ini tampak selalu dijejali oleh para pelanggannya baik dari dalam maupun luar kota. Mau berburu wisata kuliner Makassar? Masukkan Pallumara Mappanyukki ini sebagai salah satu destinasi anda.

Mau mencari tempat makan lainnya di kota Makassar?
Cek disini: Wisata Kuliner Makassar

Kuliner lain di kota ini:



1 comment:

  1. Blog tentang kulinernya sangat informatif sekali :) Tulisannya bisa ikutan di lomba blog 'Jelajah Kuliner Unik Nusantara' #KulinerDaihatsu hadiah perjalanan wisata ke 5 kota gratis bersama Daihatsu. Info selengkapnya di sini http://bit.ly/jelajahkuliner

    ReplyDelete