Thursday, May 7, 2015

Kuliner Balikpapan - Kepala Ikan Bang Jhony


Wisata Kuliner Indonesia #371
Kuliner Balikpapan
KEPALA IKAN BANG JHONY
Jl. MT Haryono No. 134, Balikpapan
Telp: 0813 46626841 - 0813 49572824


Setiap kali ke Balikpapan, saya selalu berburu hidangan kepiting baik di RM Kenari atau RM Dandito. Tetapi malam itu kawan saya, Istia Budi, membawa saya untuk menikmati Kepala Ikan. "Yang ini beda mas, gak ada di tempat lain", begitu ujarnya. Penasaran dengan "promosi"nya saya pun mengiyakan begitu saya diajak makan malam ke sebuah rumah makan yang menghadirkan aneka menu berbahan dasar kepala ikan kakap. Nama tempatnya Kepala Ikan Bang Jony. Ada beberapa sajian kepala ikan yang tersedia di tempat ini: Gulai Kepala Ikan, Sup Kepala Ikan, Asam Pedas Kepala Ikan dan Kepala Ikan Bakar Rica. Asam Pedas Kepala Ikan jadi pilihan kami. Kepala kakap ikan yang segar diolah dengan racikan aneka rempah menghasilkan sajian kepala kakap yang luar biasa. Buat saya, this is the best kepala kakap yang pernah saya nikmati! Pedesnya gigit walau gak sampe bikin nangis, dan yang juara rasa asamnya yang sueeegerrr bener, potongan nanas mewarnai tampilan dan juga cita rasa dari menu kepala kakap ini. Kuah asam pedas yang diguyurkan ke nasi hangat membuat makan malam di Balikpapan ini terasa sempurna: menyenangkan dan mengenyangkan.

Sebenarnya Asam Pedas Kepala Ikan ini disajikan dengan tiga macam sambal yaitu sambal tomat, sambal kecap dan sambal mangga. Tapi saya tidak menyentuh sama sekali ketiga sambal itu karena indera perasa ini sudah cukup terbius dengan kompleksitas rasa yang disuguhkan oleh menu ini. Menurut saya, bagian yang paling nikmat dari kepala kakap ini adalah yang teksturnya menyerupai kikil sapi, kenyal-kenyal gitu. Eh ada satu lagi, mata. Iya mata ikan adalah bagian kepala kakap favorit saya, apalagi dengan balutan bumbu yang lezat seperti ini, karena cara untuk menikmatinya adalah dengan disedot, sehingga isi mata berbarengan dengan kuah asam pedas ini berbarungan masuk ke rongga mulut kita dan seketika itu juga memberikan persembahan kelezatan bagi sang indera pengecap. Dan bagian-bagian itu tidak bisa kita nikmati secara paripurna jika kepala kakap yang disajikan sebagai bahan dasar tidak segar, seperti yang tersaji di Kepala Ikan Bang Jhony ini. Satu porsi kepala kakap yang beratnya sekitar 1 kilogram ini dapat ditebus dengan harga Rp. 150.000,-, cukup mahal memang tapi satu porsinya bisa dinikmati sampai tiga orang.

Jadi ternyata Balikpapan tidak cuma kepitingnya saja yang aduhai, tapi hidangan kepala ikan ini juga sangat layak untuk direkomendasikan. Penasaran ingin coba menu lainnya khususnya Gulai Kepala Ikan. Semoga ada kesempatan untuk kembali berkunjung kesini.

Kuliner lain di kota ini:



8 comments:

  1. itu kepala ikan yang dies, wuiiiiih :-D segeeer

    ReplyDelete
  2. Balikpapan memang surganya olahan seafood.
    Kepala ikannya juga masih seger dan rasanya gurih.
    Beda ama kepala ikan yang biasa dijual di Malang :D

    Jadi Kangen pengen ke Balikpapan Lagi nih :(

    ReplyDelete
  3. Kepala ikan juga lezat banget dibuat lempah kuning. Ini adalah masakan khas Bangka.

    ReplyDelete
  4. Baca sambal mangga kok ya kemecer bgtt, Kak.
    Insang, bagian yang paling saya suka pd kepala ikan. Tapi, mata enak juga, sih. :D

    ReplyDelete
  5. Udah membayangkan rasanya yang pedas campur asam, wuiiih pasti segar banget. Halah, jadi ngiler nih :D

    ReplyDelete
  6. wahhh admin bikin ngiler aja nih aduuhhh gak kebayang tug paduan bumbu pedas manis jannn mantap pollll top markotop deh :) :) :D pengin coba :(

    ReplyDelete