Saturday, October 8, 2011

Kuliner Balikpapan - Kepiting Lada Hitam RM. Kenari


Wisata Kuliner Indonesia #166
Restaurant Kepiting Saos "KENARI"
Jl. Iswahyudi - Balikpapan
Telp: 0543 764018


Kalo ke Balikpapan salah satu kuliner yang saya incar adalah hidangan kepitingnya yang kesohor. Salah satunya adalah Kepiting di Resto Kenari. Pilihan utama saya jatuh ke menu Kepiting Lada Hitam. Terbayang aroma pedas yang keluar dari lada hitam yang berpadu dengan manis dan lembutnya daging kepiting segar *gleg*. Dan memang sesuai dengan ekpektasi, tidak berapa lama sepiring besar Kepiting Lada Hitam tersaji di hadapan saya. Pedesnya lada hitam ini bener-bener nendang. Komposisi bumbunya, yang entah apa, bener-bener meresap ke dalam daging kepiting, ngebuat saya ga berhenti untuk terus menghisap-hisap cangkan kepiting yang ada.


Selain bumbu lada hitam, saya juga penasaran dengan Kepiting Saos Specialnya, makanya saya pesan juga. Bumbunya legit kaya saos asam manis, tapi rasa manisnya cukup kuat. Buat saya sih terlalu manis. Tapi nanti dulu... coba padukan dengan sambal yang disajikan bersama kepiting saos special dulu. Rasanya jadi mantabs mas brow... Pas banget perpaduan asam, manis dan pedasnya. Harga seporsi kepiting ini adalah Rp. 140 ribu. Mahal??? Nanti dulu, satu porsi ini bisa dimakan 3-4 orang looohhh. Udah gitu kita juga bisa pesan 1/2 porsi yang cukup buat dimakan berdua.

Mau bawa kepiting ini sebagai oleh-oleh? Bisa juga... harganya sama, tapi akan dipacking dengan baik sehingga kita dengan mudah membawanya. Posisi restonya yang ke arah Bandara Sepinggan, Balikpapan, juga memudahkan kita untuk mampir sebentar untuk menyambar oleh-oleh kepiting dari Resto Kenari ini. Tapi sangat-sangat disarankan, jika mau pesan untuk oleh-oleh, pesan dulu via telepon satu hari sebelumnya, supaya nanti kita tinggal mengambil saja, sudah disiapkan. Juga meminimalisir kemungkinan habisnya stock kepiting ketika kita pesan. Bisa saja sih kita langsung pesan pada saat datang, tapi pasti harus menunggu agak lama karena harus dimasak dulu dan takutnya stock kepitingnya sudah habis dipesan. Jadi daripada gigit jari, mending kita pesan sehari-dua hari sebelumnya.

Kepiting Kenari adalah binatang yang dilindungi dan sangat dianjurkan untuk tidak dikonsumsi. Ini yang sering membuat orang salah sangka, disangkanya kepiting di RM Kenari ini termasuk kategori binatang yang dilindungi, padahal kepitingnya sih kepiting biasa, yang bisa dikonsumsi. Jadi walaupun namanya Kepiting "Kenari", tenang aja, tetap boleh disantap tanpa perlu khawatir :)

Kuliner lain di kota ini:



5 comments:

  1. Huaaaa kepitingnya masbro.....mantap nian....bikin awak menelan ludah lah ini.....

    ReplyDelete
  2. wuiiihhh enak bner mas jadi kepingin...salam kenal ya:-)

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  4. sekedar nambahin nih mas, salah satu wisata kuliner balikpapan, monggo di cek ya http://melodiazz.wordpress.com/2013/02/05/kuliner-balikpapan-rm-torani-saja-lahhh/

    ReplyDelete
  5. wooow jadi ngiler nich mas... keep posting mas...

    ReplyDelete