Thursday, July 1, 2010

Kuliner 124 - Kopi Solong, Ulee Kareng, Banda Aceh

Warkop Jasa Ayah - SOLONG
Ulee Kareng-Banda Aceh


"Kalo mau cari dan mencicipi Kopi Aceh ya ke Ulee Kareng", begitu banyak orang bilang. Akhirnya saya meluncurlah ke kawasan Ulee Kareng, tepatnya ke Kopi Solong yang cukup legendaris. Tujuan saya kesini adalah untuk membeli oleh-oleh kopi Aceh, sekaligus mencicipi kopi langsung di "sumber"nya, setelah sehari sebelumnya menikmati kopi di Warung Kopi Chek Yuke. (YUKE=UK=Ulee Kareng, hehehe)


Ya, penyajian kopi yang khas melalui saringan dari kain yang bentuknya mirip kaus kaki, lalu menuangkan kopi itu berpindah-pindah dari satu ceret ke ceret yang lain, dapat kita saksikan dengan jelas di Warung Kopi SOLONG ini ataupun warung-warung kopi lainnya di kawasan Serambi Mekah ini. Kualitas kopi dan proses penyajian itu terus dipertahankan oleh para pengelola Warung Kopi ini yang sudah berdiri sejak 1974. Setelah selesai menikmati kopi saatnya membungkus bubuk kopi Ulee Kareng ini untuk buah tangan kerabat di rumah.

Dikemas secara sederhana, Kopi Solong - Ulee Kareng ini dijual dalam 3 kemasan, yaitu kemasan 1/4 kg (Rp. 17.000,-), 1/2 kg (Rp. 33.000) dan 1 kg (Rp. 65.000). Mahal? Relatif... Bagi saya harga ini sebanding dengan kenikmatan rasa yang didapat, walaupun saya sendiri bukan penggemar fanatik kopi. Makanya di rumah, saya lebih senang membuat kopi sanger (kopi susu). Cukup didihkan air segelas, masukkan kopi aceh ini ke dalam air yang masih mendidih di atas kompor, diamkan beberapa saat. Angkat, tuang ke dalam gelas sambil disaring, tambahkan gula dan susu kental manis. Terasa banget bedanya....


Kita juga bisa melihat proses penggilingan kopi yang terletak di bagian belakang Warung Kopi Solong ini, Kopi Jasa Ayah - Ulee Kareng. Dengan mesin yang sederhana, bubuk-bubuk kopi ini terus diproduksi. Konon biji kopinya sendiri merupakan biji kopi yang sudah dikeringkan dalam jangka waktu sangat lama, dan tidak menggunakan campuran lain lagi selain sedikit gula. Ini yang mengakibatkan rasa dan kualitas kopi Ulee Kareng dari Jasa Ayah ini tetap terjaga. Ke Aceh? Harus mampir ke Ulee Kareng...

Mau tahu tempat makan lainnya di Aceh? Silakan lihat disini -> Wisata Kuliner Aceh

Kuliner lain di kota ini:



11 comments:

  1. sepertinya enak juga kopinya buat pagi hari ini..hehehehe...

    ReplyDelete
  2. lebih nikmat dan lebih tahan lama, bila sajian kopi Anda ditaburi serbuk reximax.
    tks - omyosa@gmail.com

    ReplyDelete
  3. pak.. ada no telp kopi solong ulee kareng nda? ane mo coba kopinya

    ReplyDelete
  4. Aduh maaf sekali saya tidak mencatat nomernya...

    ReplyDelete
  5. Tiga hari di Banda, tiap pagi sarapan di Solong cafe. Lontong sayur, nasi gurih ditemani kopi sanger

    ReplyDelete
  6. Bisa dikirim ke daerahku nggak ya?

    ReplyDelete
  7. jd kangen ama aceh... aq prnh tinggal dsni 9 thn..
    minum kopi di cek yuke tu udh jd kebiasaan aq n pacar dlu.
    di aceh t4 nongkrong nya ya kede kopi, abis ga ada mall dsna..
    sanger dingin tu pilihan wajib.. kopi dicampur susu ditambah es seger n cocok buat perut cewe..
    di t4 lain blm ada yg kyk gini hehehe
    love aceh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mbak, belum nemu sih kedai kopi yang memasyarakat dan menyajikan kopi yang enak seperti di sini. Nah sanger dinginnya belum nyoba, harus balik lagi nih...

      Delete
  8. Kalo mau pesan kopi luwak gayo, silakan hubungi saya di Banda Aceh.
    Salam Kenal.

    Heri Ali : 085754435870

    ReplyDelete
  9. Di medan udah banyaak kedai kopi aceh, enak-enak kok , yg jadi ciri khas kan penarikan kopinya itu... mantaab....

    ReplyDelete