Friday, December 26, 2014

Lima Titik Pusat Kuliner Bogor

Aneka Sajian di Pusat-Pusat Kuliner Bogor

Wisata Kuliner Indonesia #350

Bogor sudah terkenal menjadi kota yang menjadi destinasi wisata kuliner, beragam jenis makanan baik tradisional maupun modern banyak dijajakan di berbagai sudut kota ini. Coba saja lihat Peta Kuliner Bogor ini. Akan tetapi ada lima titik yang harus dikunjungi kalau memang mau berwisata kuliner di Bogor karena di titik-titik inilah beragam Kuliner Bogor tersaji. Dimanakah lokasi titik-titik tersebut?
Antrian Pengunjung di Soto Bogor Pak Salam


1. Jalan Suryakencana

Ruas jalan Suryakencana sudah terkenal sejak jaman dahulu sebagai pusat kuliner kota Bogor. Membentang sepanjang kurang lebih 1 km dari Pasar Bogor sampai Perempatan Gang Aut/Jl Roda, beberapa kuliner khas kota hujan hadir di sini. Sebut saja Laksa Bogor yang ada di daerah Ranggagading (depan Sekolah Kesatuan) dan di Gg. Aut. Atau Toge Goreng yang ada di depan Toko Grand dan Toge Goreng Ma Evon di Gg Besi (jalan samping Bank CIMB Niaga). Nasi Goreng Guan Tjo, yang terkenal dengan nasi goreng petenya, dan Sate Sumsum Pak Oo berada pada satu kedai yang sama di rumah nomor 193. Atau langsung saja meluncur di ujung Jl Suryakencana ini, perempatan Gg Aut, dimana kita bisa menemukan aneka kuliner yang terpusat, sebut saja Soto Kuning Pak Yusup, Bakso Bening, Cungkring, Asinan Jagung Pak Sabur, Dodongkal, Wedang Ronde Gg Aut, Aneka Pepes, Lumpia Basah, Bir Kocok dan sebagainya. Tunggu hingga pukul 4 sore, untuk bisa menikmati sajian Soto Pak Salam yang memiliki keunggulan rasa dibanding penjaja soto kuning lainnya. Tak heran, antrian panjang para pelanggan selalu tampak di depan tenda kecilnya, dan tidak sampai jam 7 sajian yang dijajakan sudah ludes. Yang suka Asinan Bogor, coba asinan yang masih otentik di Jl. Roda
Oh ya, di beberapa tempat makan di Jl. Suryakencana ini juga hadir makanan non halal, seperti Laksa Pengantin, Soto Mie Pak Agih, Ngo Hiang dan sebagainya.

Kedai Sop Duren Lodaya yang ada di Jl Bangbarung

2. Jalan Bangbarung (Jl. Achmad Sobana)

Kalau yang ini baru beberapa tahun belakangan ini menjadi pusat kuliner. Jl. Ahmad Sobana (yang dulu bernama Jl Bangbarung) yang membentang dari Barat ke Timur sepanjang 3 km ini "memuat" puluhan usaha kuliner. Sebut saja Soto Santan Bang Ali (yang dulu berjualan di Jl Pemuda) sekarang membuka kiosnya di salah satu kedai di ujung dekat pertigaan dengan Jl. Pajajaran. Tidak jauh dari situ ada juga salah satu ikon kuliner Bogor, Sop Buntut Ibu Imas. Bakso Seuseupan dan Bakso Boboho merupakan bakso yang sudah "merajai" ruas jalanan ini sejak lama, bisa disebut sebagai pelopor pusat kuliner bogor di jalan ini. Yang juga menjadi salah satu pelopor kuliner di Jl Bangbarung ini adalah Ayam Geprek Istimewa, resto yang menyajikan menu utama ayam kampung dengan aneka olahan, saat ini ada dua sudah resto Ayam Geprek Istimewa di ruas jalan ini. Buat yang cari seger-seger ada Sop Duren Lodaya yang baru berdiri sekitar tahun 2013 tapi langsung nge-hitz banget, ada juga Es Sekoteng cabang Boper dan Pak Ewok Express, salah satu diversifikasi dari Sop Buah Pake Ewok yang sudah hadir sebelumnya di Jl. Bukit Tunggal. Juga D&D Durian Pancake yang menyajikan durian dengan cara yang berbeda. Di tahun 2014 ini hadir Abuba Steak, resto steak asal Jakarta, dan Nasi Goreng Mafia, cabang Bandung. Untuk ngopi-ngopi hadir Imah Nini dan Rumah Kopi Ranin yang menghadirkan aneka kopi dari pelbagai daerah di Nusantara. Dan yang paling baru bakal hadir cabang Bakso Sony, bakso yang paling kondang di Bandar Lampung. Di ujung timur jalan bangbarung yang bertemu dengan Jl Pandu, kita bisa menikmati masakan Sunda yang ciamik di RM Manjabal, resto cabang Bandung yang terkenal dengan Gurame Bakarnya. Jika mencari menu sarapan ada Ketupat Sayur Dayan dan Nasi Kemangi yang rasanya boleh dipoedjiken. Belok sedikit ke Jl Palayu ada Baso Gulung Bragi yang menyajikan bakso yang unik, digulung dengan kembang tahu. Juga ada mrsgitta cupcake di Jl Artzimar I yang terkenal dengan Devil's Food dan Mini Cupcake -nya.


Ayam Goreng Aroma yang berada di kawasan Taman Kencana

3. Taman Kencana

Taman Kencana adalah salah satu taman di pusat kota Bogor yang menjadi pusat aktivitas masyarakat di Kota Bogor, khususnya anak muda. Tidak heran, di kawasan ini juga hadir beragam kuliner kota Bogor yang perlu "mendapat perhatian". Di sisi Jl Salak kita bisa menemukan Macaroni Panggang, salah satu ikon kuliner sekaligus oleh-oleh yang banyak diburu di kota ini. Di Jl Ciremai Ujung hadir Waroeng Taman, resto anak muda yang menyajikan beragam makanan. Sejajar dengan Waroeng Taman ada Sate H. Ismail, sate kambing dan sate ayamnya layak diacungi jempol. Juga hadir Ayam Aroma, cabang dari Jl. Pahlawan, yang terkenal dengan ayam gorengnya. Bergeser sedikit ke Jl. Pangrango ada Kedai Kita yang terkenal dengan Pizza Kayu Bakar dan Mie Hotplate nya, serta Rumah Apel yang kondang dengan Pia Apple Pie. Dan kalo melangkah sedikit ke Jl. Bukit Tunggul kita bisa menemukan Saung Sop Buah Pak Ewok, yang menghadirkan sop buah cabang dari Bandung ditambah dengan aneka menu lainnya yang ciamik. Di hari minggu pagi, Taman Kencana akan berubah menjadi pasar kaget, semakin ramai penjaja makanan di sini, seperti: susu murni, nasi pecel, cimol, bubur ayam, kupat sayur dan sebagainya.

Sop Buntut Mang Endang di kawasan Air Mancur

4. Air Mancur

Kawasan Air Mancur ini berada di ujung Jl. Sudirman. Dahulu memang ada Air Mancur di sini yang sekarang sudah tidak berfungsi lagi. Tempat ini menjadi pusat kuliner bogor di malam hari, Bubur Ayam Barokah, Bandrek Susu dan Gorengan, Sate, Jajanan Pasar, Sate Padang serta Angkringan merupakan sebagian kuliner yang bisa kita pilih. Sementara di siang hari, paling tidak ada dua ikon kuliner yang harus dicoba di kawasan Air Mancur ini: Martabak Air Mancur dan Sop Buntut Mang Endang.

Toge Goreng Ibu Omah yang berada di samping Toko Roti  Bogor Permai

5. Jalan Sawojajar (samping Toko Roti Bogor Permai)

Kalau kawasan Air Mancur ramainya di malam hari, maka pusat kuliner di Jl Sawojajar ini lebih ramai di pagi dan siang hari. Toge Goreng Ibu Omah yang berlokasi percis di sebelah Toko Roti Bogor Permai merupakan salah satu peracik terbaik kuliner khas Bogor ini. Kemudian Es Sekoteng Boper dan Siomaynya yang aduhai juga menjadi magnet utama di kawasan ini. Tidak hanya itu saja tapinya, kita juga bisa menikmati aneka jenis makanan lainnya yang dijajakan lewat gerobak-gerobak, ada soto mie, soto kuning, pempek, kupat tahu dan sebaginya. Di malam hari ada Mie dan Es Bangka AL yang kedainya nyaris tidak pernah sepi.

Masih banyak tentunya titik kuliner di Kota Bogor yang menarik untuk dikunjungi seperti Jl. Veteran (Jembatan Merah), Jl. Pengadilan, Gg Selot, Kawasan Empang, Jl Sukasari, Jl Pandu dan sebagainya. Bisa juga dilihat di Peta Kuliner Bogor ini. Tapi lima titik di atas cukup banyak menyajikan keragaman kuliner Bogor dalam satu kawasan. Yang perlu menjadi catatan adalah, jika Anda berniat melakukan perjalanan Wisata Kuliner di Bogor tentunya waktu satu hari tidaklah akan cukup dan jangan lupa: Kosongkanlah perut!

Kuliner lain di kota ini:



4 comments:

  1. Wah, nanti kalau ke Bogor harus dicoba ni. Makasih atas infonya.

    ReplyDelete
  2. Selamat malam Mas Banyumurti,

    Membaca posting yg menarik ini, saya tertarik dengan foto warung Toge Goreng Ibu Hj Omah. Saya suka dengan jajanan toge goreng ini.
    Nah, kalau di Sukabumi, toge goreng ini bernama Geco, singkatan dari tauge - tauco. Ada satu yang terkenal yaitu Geco Samsat Ibu Yayat, karena warungnya berada di seberang kantor samsat.

    Bila berkenan, sila berkunjung ke posting saya tentang Geco di link ini Mas http://sisihidupku.wordpress.com/2014/10/14/geco-talk/

    Salam dari saya di Sukabumi,

    ReplyDelete
  3. Selamat siang mas Banyumurti, perkenalkan saya Setiyo dari surabaya, saya salut dengan site mas Banyumurti yang konsisten dengan tema kuliner yang sangat membantu sobat blogger yang ingin mengetahui wisata kuliner di berbagai daerah di indonesia tercinta, kebetulan saya juga menyukai kuliner dan punya blog bertema kuliner namun masih seputar surabaya dst karena kurangnya jam beredar :), jika berkenan monggo mampir di blog saya mas di http://blognyasetiyo.blogspot.com/ terimakasih

    ReplyDelete
  4. Banyak sekali titik pusat kuliner bogor nih, bisa menjadi refrensi bila jalan-jalan di kota Bogor nih.

    ReplyDelete