Saturday, March 29, 2014

Kuliner Bogor - Sop Duren Lodaya


Wisata Kuliner Indonesia #318
Sop Duren Lodaya
Jl. Bangbarung Raya No. 69 - Bogor
Telp: 0852 1700 189


Durian dan beragam olahannya memang memiliki banyak penggemar fanatik. Bahkan di Padang, olahan Es Durian sudah ada sejak 1960. Nah, di Bogor ada satu tempat olahan durian yang lagi nge-hitz sejak dibukanya tahun 2013 lalu, namanya Sop Duren Lodaya. Walau baru buka sekitar satu tahun, sop duren, yang sebenarnya bukan sop tapi es, yang satu ini sudah berhasil merebut hati warga Bogor, bahkan warga kota lain yang tengah berkunjung ke kota Bogor. Keunikan dan kualitas rasa menjadi kunci. Lihat saja varian menu yang satu ini: Sop Durian Kacang Ijo + Roti, tak pernah saya bayangkan sebelumnya ada es duren yang dipadukan dengan kacang ijo. Akan tetapi ternyata hasilnya memang top, daging durian kualitas baik yang dilembutkan, dicampur dengan es serta bubur kacang ijo, kemudian diberi topping parutan keju dan roti tawar pandan. Inovasi kuliner yang satu ini tidak hanya menghadirkan hidangan yang enak, tapi juga unik dan bikin penasaran. Untuk setiap varian menu ada dua ukuran porsi yang bisa kita pilih: Porsi Pas dan Porsi Mabok, sebuah penamaan porsi yang juga kreatif. Untuk Sop Duren Kacang Hijau + Roti ini harga porsi pas: Rp. 11.000 dan porsi maboknya Rp. 14.000.

Sop Buah Durian, juga menjadi pilihan favorit pelanggan Sop Duren Lodaya ini. Aneka potongan buah seperti strawberry, apel, jambu batu dan sebagainya, di"tutup" dengan olahan daging durian dan es batu, dan tetapi diatasnya ditaburi parutan keju. Untuk porsi pas harga Sop Buah Durian ini Rp. 13.000 dan porsi maboknya Rp. 16.000. Kalau suka durennya saja, pilihlah Sop Durian Special yang isinya hanyalah durian, es batu dan parutan keju. Bagi penggemar durian garis keras, menu ini memang menjadi pilihan utama dengan harga yang sedikit lebih mahal: Rp 15.000 (porsi pas) dan Rp. 20.000 (porsi mabok)

Masih banyak varian lain yang bisa kita pilih, sebut saja Sop Duren Kacang Ijo + Ketan, Sop Duren Strawberry + Brownies, Es Cendol Durian dan sebagainya dengan harga termurah Rp. 10.000 dan yang termahal Rp. 20.000. Rentang harga yang terjangkau banyak lapisan masyarakat. Tak heran, kedai Sop Duren Lodaya Bogor ini hampir tidak pernah sepi oleh pelanggan. Bahkan di jam-jam tertentu antrian tampak mengular, menanti bangku kosong.

Sop Duren Lodaya Cabang Jl. Bangbarung - Bogor
Berdiri di sebuah kedai kecil di Jl. Lodaya, belakang resto McDonald, Sop Duren Lodaya tidak memerlukan waktu lama untuk menjadi salah satu usaha kuliner yang diburu warga Bogor dan sekitarnya. Tidak butuh waktu satu tahun untuk membuka cabangnya di salah satu ruas jalan yang terkenal sebagai salah satu pusat kuliner di kota Bogor, Jl Bangbarung. Dan saat ini sudah ada 5 cabang Sop Duren Lodaya di kota Bogor dan baru saja ekspansi dengan membuka satu cabangnya di kota Depok, keren kan? Jadi jika ada waktu berwisata kuliner di kota Bogor, tempat ini bisa jadi salah satu pilihan.

Mau tahu tempat makan lainnya di Bogor? Silakan lihat disini -> Peta Wisata Kuliner Bogor

Kuliner lain di kota ini:



8 comments:

  1. Tobat deh kalo duren, bisa mula gw :-(

    ReplyDelete
  2. Ya ampuuun... di Bogor ya yang beginian.. Kreatif nih kombinasi duren, kacang ijo, dan roti pandan

    ReplyDelete
  3. wahhh jadi pengen icip icip ☺

    ReplyDelete
  4. Saya coba yang di cilandak, jakarta .. ga lagi deh .. udah pelayanannya lama banget, rasanya juga kalah ama kompetitornya di depok ..

    ReplyDelete
  5. Hai teman-teman pecinta kuliner BOGOR, ikutan #OnlineSurvey bareng @ceritaperut disini yuuk => http://bit.ly/1xC1fpq
    Banyak hadiah seru yg bisa kamu dapetin lho ;-)

    ReplyDelete
  6. coba buka cabang di Bandoeng dong

    ReplyDelete
  7. Di sekitar daerah bangbarung situ, ada 2 tempat Sop Duren, Kalau ga salah yg satu lagi jaraknya cuma berbeda 3-5 rumah samping ke kanan pada foto. Nah kalau saya lebih milih yang ini (mungkin karena ramai x ya... :D). Untuk Yang Menu Mabok, buat saya biasa saja.. Lebih mabok 5 duren (per buah)... :D

    Ada lagi andalan yang sudah lama, dari saya smp, yaitu Bakso Urat Boboho. kalau tidak salah di blog mas banyumurti.net ini ada di halaman dengan judul Kuliner 133 - Bakso BOBOHO, Bogor (maaf ya mas bukan OOT) :)

    Sekadar tambahan info di sekitar bangbarung, di daerah tsb memang banyak kulinernya, jika sedang ramai, misal jam makan siang, bagi yg membawa mobil, jangan harap dapat parkir mobil dekat langsung dengan outletnya, kalau tidak dapat parkir di sekitar wilayah depannya, mungkin dapatnya di bagian sebrang jalan, itu pun dengan catatan jangan parkir di depan pintu masuk rumah orang, kalau iya kemungkinan besar bakalan di kempesin ban mobilnya... (hehehe belum pernah lihat sih, cuma lihat ada tulisan di setiap pintu pagar rumah di wilayah kuliner tsb) .
    Nah, Kalau motor, bisa dapat parkir dekat outletnya.

    Waduh agak panjang nih curhatnya... anyway, keren2 artikelnya. Saya bookmark ya, siapa tau nanti kalau saya lg pengen kuliner di bogor bisa dapat info2 terbaru (- hehhehe padahal saya asli bogor loh... :D -)

    Salam Blogwalking ya... :)
    Ditunggu kunjungan baliknya... :)

    ---
    Bagi anda yg ingin menghias halaman rumahnya dengan design taman minimalis, kolam minimalis, ataupun gazebo minimalis, silahkan berkunjung ke:
    www.tukangtamanbogor.com
    ---

    ReplyDelete
  8. Hehehe... mantap banget nih durian mas, saya paling suka sama durian. :D

    ReplyDelete