Wednesday, August 7, 2013

Kuliner Bogor - 8 Kuliner Tradisional Khas Bogor




Wisata ke Bogor sudah lekat dengan wisata kulinernya. Nah ikon kuliner khas Bogor apa saja yang tidak boleh terlewatkan jika berkunjung ke kota yang terkenal dengan Kebun Raya dan Istana Bogor-nya ini? Berikut 8 kuliner khas Bogor coretan dokumentasi dari banyumurti.net:

1. Toge Goreng
Ini kuliner yang akan sulit ditemukan di kota lain. Toge Goreng, toge yang "digoreng" pake air, alias direbus, kemudian dicampur dengan mie kuning, potongan tahu dan opsional potongan kupat. Yang memegang peranan penting adalah bumbu olahan tauco dan oncom yang diguyurkan setelahnya. Rasanya asem-asem seger gimana gitu.
Banyak penjaja toge goreng yang ada di kota Bogor, beberapa yang cukup kondang misalnya Toge Goreng Pak Inin (samping Hotel Royal, Jl. Juanda), Mang Gebro Putra (Jl. Pengadilan), Pak Iwon (Depang Supermarket Ngesti - Baranangsiang, Jl. Pajajaran), Ibu Omah (samping Toko Bogor Permai, Jl. Sudirman) dan Ma Evon (Gg Besi, Jl Suryakencana).

2. Soto Kuning

Banyak orang Jakarta yang khusus datang ke Bogor untuk mencicipi soto kuning khas Bogor. Kita bisa memilih potongan daging dan jerohan sapi seperti kikil, babat, usus, lidah, limpa, otak dan lain-lain yang akan diolah dengan kuah khas berwarna kuning dari kunyit dengan santan dan beragam rempah-rempah lainnya yang menimbulkan cita rasa yang ciamik. Pengen mencobanya? Silakan menuju Jl. Suryakencana, ada beberapa penjaja soto kuning yang juara disana seperti Pa Yusup dan Pak Yusuf (cuman beda p dan f :)) yang berlokasi dekat Gg Aut, atau ada juga Soto Pak Salam yang berjualan sore hari di Depan Bank Mandiri Jl Siliwangi - Suryakencana. Cuman kalo ke Pak Salam harus bersiap-siap dengan antrian yang lumayan panjang dari para pelanggannya...

3. Doclang

Mirip dengan kupat tahu kalau di Bandung, tapi Doclang menggunakan kentang rebus dan bumbunya mendapatkan sentuhan tauco. Bumbu kacangnya yang sengaja tidak tergerus halus, digunakan untuk mengguyur lontong, tahu goreng dan kentang rebus. Doclang bisa di temui di kawasan Jembatan Merah, Jl. Mantarena dan yang cukup melegenda adalah Doclang Bpk Odik di Jl. Pasir Kuda.

4. Cungkring
Yang satu ini, bahkan orang Bogor sendiri pun tidak banyak yang tahu. Kikil dan bagian kepala sapi dimasak dengan bumbu kuning, kemudian disantap dengan lontong dan guyuran bumbu kacang yang manis. Goreng tempe kering juga dapat menemani kuliner unik ini. Disajikan dengan daun pisang dan tusuk sate untuk memudahkan kita menusuk-nusuk makanan ini. Cungkring bisa ditemui pagi hari di Jl. Suryakencana, dekat perempatan Gg. Aut, dijajakan dengan menggunakan gerobak panggul.

Mau tahu 4 kuliner tradisional khas Bogor lainnya? Lihat di Bagian 2

Kuliner lain di kota ini:



9 comments:

  1. Kelihatannya enak kuliner tradisionalnya :D
    Pengen juga nyicipin masakan khas Bogor.
    Oh iya, berkunjung balik ya mas :D

    ReplyDelete
  2. makasih nih infonya, kebetulan tinggal di bogor , suka bingung kalau mau menjamu tamu, tapi sekarang dapat referensi seperti ini jadi tinggal pilih aja deh

    ReplyDelete
  3. Hmm nampaknya enak tu masakan masakannya :)
    Oh iya Kunjungi juga ya mas situs kami http://kulinerriau.info/

    ReplyDelete
  4. Ada lagi tuh tempet makan yang enak dan murah banget di daerah malabar, start harganya mulai dari 6000-18500 doang. banyak menunya. namanya "Rasa Kita" disitu banyak macem makanannya mulai dari sunda, chines juga ada. RECOMENDED BANGETTT

    ReplyDelete
  5. Untuk soto kuning,ada lagi mas di bondongan ga jauh dari jalan masuk ke jungle waterpark..deket sekolah Tunas Harapan..mirip2 pak salam juga rasanya siy..kalo saya siy bilangnya soto A Agam

    ReplyDelete
  6. doclang ?
    baru denger tuh , apa ya doclang ?
    http://nahlafashion.com/

    ReplyDelete
  7. Makasih banget nie.
    Izin bookmark.
    Kayanya masakan - masakannya enak semua ntu

    ReplyDelete
  8. Toge Goreng
    Kalau saya bisa dibilang sering makan menu tsb yg ada di dekat Ngesti Baranang Siang (dekat terminal bus bogor kota), yaitu Toge Goreng Pak Iwon, mungkin karena saya lebih sering akses ke daerah situ kali ya :), kalau yg di boper (bogor permai) dulu sih pernah, keduanya sama2 enak (maknyuss). Sisanya saya belum pernah coba. :D

    Soto Kuning (Surken - Suryakencana)
    Maknyussss...

    Doclang
    Never hear it, maaf agak gaptek kuliner... :D
    but someday (insya Allah) i'll try it... :)

    Cungkring
    Apalagi yang ini, sesuai dengan komentar Mas sendiri "orang Bogor sendiri pun tidak banyak yang tahu".. :D
    "bisa ditemui pagi hari", hmmm, minggu buka ga ya, kira2 jam berapa? :)
    but someday (insya Allah) i'll try it... :)

    anyway, keren mas artikel mengenai kuliner bogor-nya, bagi saya jadi nambah2 info kuliner di bogor juga. Hehehhe padahal saya sendiri orang bogor. :D

    Salam Blogwalking ya... :)
    Ditunggu kunjungan baliknya... :)

    ---
    Bagi anda yg ingin menghias halaman rumahnya dengan design taman minimalis, kolam minimalis, ataupun gazebo minimalis, silahkan berkunjung ke:
    www.tukangtamanbogor.com
    ---

    ReplyDelete
  9. Tambahan lagi nih gan makanan baru di bogor.
    merangkak jadi khas nya bogor.
    namanya Pizza Goreng .
    makanan sehat Rendah Kolesterol cocok untuk anak yang susah makan.
    udah pernah coba Pizza Goreng belum?

    anyway thanks yaa gan infonya.

    ReplyDelete