Tuesday, November 8, 2011

Wisata Kuliner Bogor - Toge Goreng Mang "Gebro Putra"


Wisata Kuliner Indonesia #172
Toge Goreng Mang "Gebro Putra"
Jl Pengadilan (depan Irian Motor) Pasar Anyar Bogor
Telp. 0251 8383576


Salah satu kuliner khas kota Bogor yang cukup terkenal adalah Toge Goreng. Banyak penjual toge goreng ini yang cukup legendaris seperti di Mak Epon Jl Suryakencana, Pak Iwon di Ngesti Pajajaran dan Ibu Omah di samping Bogor Permai (Jl Sudirman). Kita coba tengok salah satu penjual Toge Goreng yang cukup kondang yang mangkal di Jl. Pengadilan dekat Pasar Anyar, namanya Toge Goreng Mang Gebro Putra. Walaupun namanya toge goreng, tapi sebenarnya togenya direbus, bukan digoreng. Jadi toge yang sudah direbus ini, disimpan ke dalam piring yang sudah berisi kupat, lalu ditambahkan mie kuning dan tahu goreng. Kemudian bumbu khas berbahan dasar tauco diguyurkan kedalamnya. Rasanya jadi asem-asem manis seger gitu deh, apalagi dimakan dalam keadaan masih panas. Nyessss... Harga Rp. 8000,-



Nah, jangan juga lewatkan minuman khas bogor yang bisa dibeli disini: Es Pala. Buah pala yang biasa dibuat manisan itu dipadukan dengan Air Es dan Gula, ternyata bisa menghasilkan minuman yang suegerrr banget loh. Manis tapi meninggalkan sisa sepet-sepet asem gitu di lidah. Harga Rp. 3000,-



Toge Goreng di Pasar Anyar ini konon sudah berjualan sejak tahun 1940an dan memang menjadi salah satu legenda kuliner Bogor. Perlu dicoba buat Anda yang berniat Wisata Kuliner di Bogor, di samping mencicipi kuliner khas Bogor lainnya seperti Doclang dan Cungkring. Yuks...

Mau tahu tempat makan lainnya di Bogor? Silakan lihat disini -> Wisata Kuliner Bogor

Kuliner lain di kota ini:



4 comments:

  1. Wah makanan Toge Goreng Kayak gini agak susah di temuin di jakarta.
    Masa harus ke bogor dulu.
    hu hu hu
    Mampir ke Blog saya yah
    Komunikan

    ReplyDelete
  2. kuliner kota Bogor emang maknyoos banget..
    apalagi kalau di daerah jl. suryakencana (gang aut) setiap sore sampai malem banyak banget jajanan. Ngga akan kelaparan deh disitu hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju... Makanya saya jg pernah buat postingan ttg Jl Suryakencana di: http://www.banyumurti.net/2011/04/kuliner-bogor-jl-suryakencana-pusat.html

      Delete
  3. dari kecil setiap ke bogor pasti makan toge goreng pak Gebro, rasanya nggak ada yg ngalahin, porsinya besar, daun pembungkusnya khas banget, slalu bikin kangen

    ReplyDelete