Thursday, November 10, 2011

Kuliner Bogor - Soto Kuning Pa Yusup


Wisata Kuliner Indonesia #174
Soto Kuning Pa Yusup
Jl Suryakencana Gg Aut - Bogor
Telp: 0877 70278585


Masih dari Kuliner Bogor, kali ini kita cicipi salah satu kuliner yang juga menjadi buruan para wisatawan, Soto Kuning Bogor. Salah satu penjaja soto kuning ini yang banyak pelanggannya adalah Soto Kuning Pa Yusup yang berjualan di kawasan Jl. Suryakencana, salah satu pusat kuliner di kota Bogor. Soto khas Bogor ini memang khas berwarna kuning dari kunyit dengan santan dan beragam rempah-rempah lainnya yang menimbulkan cita rasa yang ciamik. Tambahkan sambal, kecap manis dan jeruk nipis untuk menyempurnakan rasa soto kuning ini. Tak salah memang kalo Soto Kuning ini menjadi salah satu kuliner andalan Kota Bogor



Nah untuk isi soto kuning ini kita bisa pilih sendiri dari beragam daging dan jerohan sapi yang tersedia. Pilih saja ada daging, kikil, babat, usus, lidah, limpa, otak dan lain-lain. Kita bisa pilih yang sudah digoreng ataupun yang berbumbu kuning. Ada juga perkedel kentang yang emang cocok dipadukan dengan soto kuning ini. Harga per potongnya antara 6000-8000 rupiah, yang digoreng lebih mahal. Biasanya 2-3 potong saja sudah cukup mengenyangkan, tapi semua tergantung selera dan kapasitas perut :)

Jl. Suryakencana memang surga kuliner Bogor, beragam sajian khas bogor tersedia disana. Tapi memang yang menjadi magnet utama adalah Soto Kuning ini. Ada beberapa penjaja soto kuning di ruas jalan ini, dan semua memiliki kekurangan dan kelebihannya. Tapi buat saya semuanya enaaakk... :)

Buat yang berwisata kuliner di Bogor, selain Soto Kuning ini, jangan lupa juga cicipi kuliner khas bogor lainnya seperti Asinan Bogor, doclang, cungkring dan toge goreng.

Mau tahu tempat makan lainnya di Bogor? Silakan lihat disini -> Wisata Kuliner Bogor

Kuliner lain di kota ini:



13 comments:

  1. Waduhhh, ngiler deh jadinya. Soto emang seru banget nih dg kuahnya yg seger itu :D

    BTW itu keknya bakal makin bikin gendut deh *raba-raba perut*

    ReplyDelete
  2. Hayo ke Bogor bang Rusa, dah lama kan gak nengokin saudara2nya di Istana Bogor? :P

    Gapapa perut gendut, yang penting hati senang *menghibur diri sendiri*

    ReplyDelete
    Replies
    1. d jalan surya kencana kata'y ad yg jual lumpia,,dmn y

      Delete
    2. Setelah perempatan Gg aut, sebelah kiri jalan, depan Ngo Hiang

      Delete
  3. Ini emang enak banget, tapi kudu antri panjang dulu

    ReplyDelete
  4. Pak, kalau soto kuning Pak Yusup ini buka dari jam berapa ya ?

    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastinya saya kurang tahu, yang jelas dari siang sampe sore/malam...

      Delete
    2. Terima kasih Pak

      Delete
  5. kalo abis lebaran tahun ini, bukanya mulai tgl brp yak?

    ReplyDelete
  6. Yang ini saya pernah nih, gurih banget dan tidak membobol kantong. Ngangenin bikin ketagihan. Hahaha ... Ada beberapa pedagang disitu, sempet nyobain satu per satu, tapi emang yang ini paling pas.

    ReplyDelete
  7. rasanya sih biasa saja. kalo di bogor bisa dengan mudah nemu tukang soto dengan rasa kayak gini.
    yang gak kuat itu harganya, dua kali lipat dari harga soto biasa.
    padahal ini cuma kaki lima, pinggir got, pinggir jalan rame dan relatif jorok sekelilingnya.
    apa karena di suryakencana itu daerah turis, jadi dia pasang harga turis??
    ane yakin kalo orang bogor sendiri gak akan dateng lagi makan di sini, karena harganya harga turis..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini makan dimana ya? :) Di Pa Yusup harganya sama aja koq sama tukang soto di sepanjang Jl Suryakencana. Lokasinya juga ga pinggir got tapi pelataran toko. Banyak koq orang bogor saya liat beli soto Pa Yusup ini. Dan di sepanjang Jl Suryakencana ini memang banyak penjaja soto kuning, semuanya banyak pelanggannya. Tapi yang paling ramai memang Pak Salam, yang buka sore hari. Itu tempatnya malah lebih sempit lagi :)

      Delete
  8. Oh soto kuning Pak Yusup ini bukanya siang toh. Pantesan kemaren saya ke sana, ga nemu. Cuma nemu pepes sagu sama laksa Gang Aut.
    Pepes sagunya enak terutama yang pisany keju.

    ReplyDelete