Monday, November 19, 2012

Kuliner Bogor - Toge Goreng Ibu Evon

Wisata Kuliner Indonesia #250
Toge Goreng Ibu Evon
Gg Besi (Jl Suryakencana, belakang Bank CIMB Niaga)
Telp: 0856 93489846


Di Bogor memang banyak penjaja Toge Goreng yang legendaris, salah satunya adalah Toge Goreng Ibu Evon alias Ma Epon. Toge yang "digoreng" pake air, alias direbus, kemudian dicampur dengan mie kuningan, potongan tahu dan opsional potongan kupat. Yang memegang peranan penting adalah bumbu olahan tauco dan oncom yang diguyurkan setelahnya. Ini yang menjadi pembeda Ma Epon dengan toge goreng lainnya, rasa asam dan manis khas tauco di sini emang berpadu dengan pas. Tambah dengan kecap manis sedikit untuk memperkuat rasa dan aroma yang mengudang. Dengan perpaduan tepat tauco, oncom dan kecap, yang sama-sama berbahan dasar kedelai, Toge Goreng Ma Epon tidak pernah kehilangan pelanggannya sampai sekarang. Dengan harga Rp. 9000 per porsinya, toge goreng Ibu Evon ini direkomendasikan buat yang mencari kuliner asli Bogor.


Toge Goreng Ibu Evon alias Ma Epon ini sudah berjualan selama puluhan tahun. Dan sampai saat ini, sang pemilik alias Ma Epon masih setia melayani pelanggannya di kedai sederhana ini, tentu saja kalo sekarang sudah dibantu oleh anak-anaknya juga. Mencari kedainya juga sebenernya tidak terlalu sulit: menyusuri Jl Suryakencana, sebelah kanan jalan akan ada Bank CIMB Niaga, belok saja disitu, sekitar 200m akan kita temukan kedai sederhana Toge Goreng Ibu Evon yang buka dari pagi hingga sore hari. Selain Ma Epon, kita juga bisa mencicipi toge goreng yang cukup kondang lainnya seperti: Mang Gebro Putra, Ibu Omah dan Pak Iwon.

Mau tahu tempat makan lainnya di Bogor? Silakan lihat disini -> Wisata Kuliner Bogor

Kuliner lain di kota ini:



3 comments:

  1. Kayanya kita satu visi nih Pak. Hehehee.. Hanya bedanya, kalau blog Bapak ini membahas kuliner se-Indonesia, tp yang saya punya fokus di Cirebon dan sekitarnya.

    Numpang nge-link di sini ya Pak. Mudah2an bisa saling bantu sharing kuliner Nusantara. Terima kasih sebelumnya.

    http://www.cirebonkuliner.com/

    ReplyDelete