Wednesday, August 7, 2013

Kuliner Bogor - 8 Kuliner Tradisional Khas Bogor (Bagian 2)

Di bagian 1, kita sudah menemukan kuliner tradisional khas Bogor seperti: Toge Goreng, Soto Kuning, Doclang dan Cungkring. Apalagi 4 kuliner khas Bogor yang ada di coretan banyumurti.net? Mari kita lihat...

5. Laksa Bogor
Ketupat, bihun, touge, dan daun kemangi, ditambah tahu kuning dan telur rebus, semuanya disiram dengan kuah santan kuning dan diimbuhi bumbu dari Oncom. Dinikmati selagi masih panas, Laksa Bogor ini merupakan alternatif yang asyik bagi yang berburu sarapan atau brunch di Bogor. Salah satu penjaja Laksa Bogor yang cukup terkenal adalah Laksa Kp Cincau dan Laksa Gg Aut yang sama-sama berada di kawasan Jl Suryakencana. Juga Laksa Bogor yang ada di kawasan Cihideung.

6. Soto Mie

Tampaknya ini adalah kuliner bogor yang paling kondang di kota lainnya. Terbukti kita bisa menemukan banyak penjaja soto mie di kota lain seperti Jakarta. Kuahnya memang seperti soto bening, tapi isinya memang campuran dari mie kuning dan bihun yang ditambahkan daging sapi dan gorengan risol. Jangan lupa tambahkan sambal dan kucuran jeruk untuk menyempurnakan rasa. Banyak penjaja soto Mie ini seperti Mang Ohim di kawasan Yasmin, Super Soto di Jl Artzimar I,  depan sekolah Kesatuan (Ranggagading), Gang Selot (Jl Juanda), Samping Bogor Permai (Jl Sudirman) dan sebagainya.

7. Es Pala

Nah kesegaran khas kota Bogor bisa dinikmati pada segelas Es Pala. Buah Pala yang dipotong tipis, di campur dengan air dan ditambahkan dengan Es dan Gula. Selain rasa manis dan semburat asam, kita juga bisa merasakan adanya sensasi seperti soda dalam Es Pala ini. Sudah ada yang menjual kemasan siap saji di depan Indomaret perempatan Gg Aut dan Suryakencana, atau bisa juga dibeli di Toge Goreng Mang Gebro Putra (Jl Pengadilan) atau di Resto de'Leuit (Jl Pakuan)

8. Asinan Bogor

Sensasi yang diberikan oleh kuah asam pedas khas dari Asinan Bogor memang membuat orang kesengsem dan "ketagihan" dengan kuliner yang satu ini. Kuah ini bisa di"guyur" di atas potongan sayur atau buah dengan ditemani kerupuk kuning dan kacang tanah sebagai pelengkap. Asinan Ny Yenny (Jl Binamarga), Gedung Dalam (Jl Siliwangi/Sukasari), Gg Roda, Jl Juanda dan sebagainya merupakan beberapa dari sekian banyak penjaja Asinan Bogor di kota ini.

Yup, itulah coretan 8 kuliner tradisional khas kota Bogor versi banyumurti.net. Silakan dicoba...

Selamat Berlibur....

Mau tahu tempat makan lainnya di Bogor? Silakan lihat ini -> Peta Kuliner Bogor

Kuliner lain di kota ini:



6 comments:

  1. ternyata di bogor ada laksa juga yaa kyk di jakarta sama tangerang, asinan bogornya bikin kepengen haha

    ReplyDelete
  2. Aku pikir di Bogor terkenal dengan talasnya.

    ReplyDelete
  3. Bogor memang mantab kulinernya....jadi pengen ke Bogor

    ReplyDelete
  4. Laksa sepertinya berasal dari masakan china. deh...

    ReplyDelete
  5. asinan nya mantap banget tuh
    http://nahlafashion.com/

    ReplyDelete