Saturday, December 1, 2012

Kuliner Bogor - Itinerary Wisata Kuliner Bogor (Sarapan)


Wisata Kuliner Indonesia #251
Sarapan di Kota Bogor

Soto Kuning, Toge Goreng, Doclang, Soto Mie, Roti Unyil, Cungkring, Asinan Bogor hanyalah sebagian kecil dari banyaknya icon kuliner di kota Bogor. Ya, tampaknya kota kuliner sudah layak disandingkan sebagai gelar kota ini, selain kota Hujan dan kota seribu angkot :). Saking banyaknya tempat makan yang terus bertumbuhan bak jamur di kota ini, terkadang orang sampe bingung jika ingin berwisata kuliner di kota ini. Nah postingan ini mencoba memberikan alternatif "jalur" Wisata Kuliner Bogor, yang tentunya berdasarkan pengalaman dan objektivitas saya pribadi. Akan ada 5 postingan untuk ini: Sarapan di Kota Bogor, Makan Siang di Kota Bogor, Cemilan Sore di Kota Bogor, Makan Malam di Kota Bogor dan Oleh-Oleh dari Bogor. Kita mulai dari Sarapan di Bogor yuk, ada apa aja yaahhh???

Untuk sarapan di kota Bogor, ada beberapa alternatif sarapan yang bisa dinikmati di kota Bogor. Salah satunya sarapan khas kota ini: Doclang, seperti kupat tahu, akan tetapi doclang menyertakan kentang rebus di dalamnya, dengan bumbu kacang yang diberi aroma tauco yang khas. Doclang yang cukup kondang ada di Jl Mantarena dan Pak Odik di Pasir Kuda. Cungkring, potongan kikil sapi yang dibumbu kuning dan diguyur bumbu kacang manis, bisa ditemui dalam waktu yg sangat terbatas di Jl Suryakencana dari jam setengah 7 sampai 9 pagi.

Pemburu wisata kuliner di kota Bogor biasanya tidak akan melewatkan sarapan pagi di Sop Buntut Ma Emun, buntut yang lembut dengan kuah yang segar dengan harga yang terjangkau. Ada di Jl Sudirman dan Jl Bangbarung, yang kini sudah dikelola oleh generasi kedua. Ada satu lagi sarapan khas tradisional dari Bogor yang perlu dicoba: Toge Goreng, toge yang "digoreng" dengan air alias direbus dengan guyuran bumbu tauco yang khas ditemani potongan tahu goreng dan kupat. Silakan ke Gg Besi (Suryakencana) untuk menikmati sajian Toge Goreng Ma Evon, Pak Iwon di depan Supermarket Ngesti (Jl Pajajaran) dan Mang Gebro Putra, di Jl. Pengadilan.

Itulah sebagian pilihan sarapan di kota Bogor. Mari kita lanjutkan dengan pilihan Makan Siang di Kota Bogor.

Itinerary Wisata Kuliner Bogor:

Mau tahu tempat makan lainnya di Bogor? Silakan lihat disini -> Wisata Kuliner Bogor

Kuliner lain di kota ini:



1 comment:

  1. Kalo bubur ayam buat sarapan yang enak dibogor dimana?

    ReplyDelete