Friday, December 16, 2011

Kuliner Bandung - Sate Hadori


Wisata Kuliner Indonesia #182
Kuliner Bandung
SATE HADORI

Jl Stasiun Timur 11-12 (Sebrang Stasiun Lama) BANDUNG
Telp: 022 4232312

Kalo cari sate di Bandung, salah satu rujukan banyak orang adalah Sate Hadori yang berada di kawasan Selatan (belakang) Stasiun Bandung atau sering disebut sebagai Stasiun Lama. Kenapa bisa begitu terkenal? Saya mencoba mengunjungi Sate Hadori ini bersama seorang teman untuk bersantap malam. Rumah makan yang sederhana ini ramai dikunjungi pengunjung yang memiliki niatan sama seperti saya, menikmati sate kambing untuk menu makan malamnya. Saya langsung memesan 10 tusuk sate kambing plus 10 tusuk sate ati nya. Menunggu pesanan datang akan agak sedikit lama, karena daging sate baru dipersiapkan dan ditusuk begitu pesanan datang untuk menjaga kesegaran dagingnya. Tidak berapa lama hadirlah sate yang ditunggu-tunggu di hadapan saya. Dihidangkan bersama bumbu kecap (dengan bawang merah dan cabe rawit) serta bumbu kacang. Daging satenya mlenuk-mlenuk, tebal besar tapi lembut, tidak perlu "perjuangan" ketika ketika akan melahapnya. Pembakaran yang pas juga membuat aroma sate ini begitu harum dengan bumbu yang meresap ke dalam. Jangan lupa juga sate atinya, juara banget. Kelembutan dan cita rasa khas ati ini begitu pas dengan bumbu sederhana yang dioleskan pada saat dibakar. Teman saya yang baru pertama kali mencicipi Sate Hadori ini langsung berkomentar: "The best satay ever" :)



Harga 10 tusuk sate ini juga tidak terlalu mahal, hanya Rp. 26.000 saja. Jika dibandingkan dengan sensasi rasa yang kita dapatkan kayaknya malah relatif murah. Sate Hadori ini bisa dinikmati sejak siang hari sampai dini hari, katanya biasa tutup sampai jam 3 pagi. Satu hal lain yang membuat Sate Hadori ini melegenda adalah memang karena perjalanan sejarah dari pendiri usaha sate ini yang sudah dimulai sejak tahun 1940-an di Garut. Untuk sejarah lengkapnya bisa dilihat di salah satu artikel di DetikBandung ini. Yang jelas, kalo berwisata kuliner di Kota Bandung, jangan lewatkan untuk mampir ke Sate Hadori ini. Dijamin gak kan nyesel :)

Dan kalo sempet, kunjungi juga beragam kuliner Bandung favorit lainnya, seperti: Bubur Ayam Mang H. Oyo Tea, Kupat Tahu Gempol, Batagor Kingsley, Mie Baso Akung, Mie Kocong Mang Dadeng, Roti Bakar Cari Rasa dan sebagainya
Kalau bingung mencari lokasi kuliner di Bandung, coba cari dengan Peta Kuliner Bandung ini.

Mau tahu tempat makan lainnya di Bandung? Silakan lihat disini -> Wisata Kuliner Bandung

Kuliner lain di kota ini:



1 comment: