Tuesday, March 27, 2012

Kuliner Bandung - Mie Baso Akung


Wisata Kuliner Indonesia #210
Kuliner Bandung
Mie Baso AKUNG

Jl. Lodaya No.123 Bandung
Telp. (022) 7314746


Kalo ngaku penggemar baso atau yamin harus coba kedahsyatan Mie Baso Akung ini. Yup, Akung sudah melegenda di Bandung dengan kenikmatin Yamin dan Baso yang disajikannya. Coba saja paket berikut: Yamin Manis Baso Pangsit Siomay Ceker (BPSC). Olahan mie yamin yang diaduk sempurna memberikan rasa manis yang gurih merata di seluruh lembar mienya, ditambah dengan suwiran ayam yang ciamik. Belum lagi mangkok sebelahnya, kuah baso yang aromanya menggugah selera ditimpali dengan isinya yang bikin laper: Baso daging, pangsit rebut yang lembut dengan isi ayam ditengahnya, siomay besar yang rasanya bikin nagih plus, favorit saya dan anak-anak, ceker gemuk yang lembuutt. Harga satu porsi besar Mie Akung Yamin BPSC ini Rp. 24.000. Oh iya kalo mau lebih lengkap lagi coba Yamin BPTSC alias Baso Pangsit Tahu Siomay dan Ceker.


Dessert favorit di Mie Akung ini adalah Es Duren. Tapi jangan harap dapat menikmatinya jika datang di atas jam 12 siang, bisa dipastikan sudah ludes. Beberapa biji buah duren dipadu dengan es serut dan lelehan susu kental manis. Tapi, terus terang, saya tampaknya sial deh pas kesana. Duren yang disajikan gak fresh, dan cenderung asam karena terfermentasi. Mungkin karena gak musim duren dan supplynya di Pulau Jawa ini yang tidak stabil dibanding dengan Pulau Sumatera yang durennya melimpah. Padahal banyak yang merekemondasikan loh. Es Duren ini harganya Rp. 13.500/mangkuk.

Jangan coba-coba datang ke Mie Baso Akung ini di jam makan siang di akhir pekan. Penuhnya gak main-main... Bangku-bangku terisi penuh, dan ketika order di bagian kasir sudah diperingatkan bahwa pesanan baru bisa dipenuhi dalam 1 jam! Tapi herannya para penggemar Mie Akung ini tidak mundur dan bersedia menunggu selama 60 menit untuk bisa menikmati mie favoritnya ini. Luar Biasa...

Memang untuk urusan mie baso, Bandung ini jagonya. Banyak sekali penjaja Baso di Bandung yang memiliki penggemar fanatik sejak lama. Selain Mie Akung ini kita juga bisa menikmati mie yamin serupa di Warung Lela alias Wale. Ada juga jenis baso "kampung" yang kedai tenda kaki limanya selalu dipenuhi pelanggan seperti Baso Rudal Anggrek dan Baso Ja'i. Tidak ketinggalan sajian mie ayam kampung di Mie Sakinah. Ngebaso di Bandung emang kagak ada matinyeee..

Mau tahu tempat makan lainnya di Bandung? Silakan lihat disini -> Wisata Kuliner Bandung

Kuliner lain di kota ini:



9 comments:

  1. sekedar info hari jum'at tutup kemarin hari minggu kesana jam 09.00 pagi belum buka buka jam 10.00 masalahnya pernah ngantri 40 menit pas jam 01.30 kesana pas libur akhir tahun ramai banget .
    suwun mas indri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, tutup tiap jumat. Thanks bt tambahan infonya

      Delete
  2. wah enak banget, nanti kalau kebandung mampir ah jadi gak sabar untuk mencoba mie baso akungnya...

    ReplyDelete
  3. asik banget basonya, jadi lapar nih tapi jauh banget harus pergi kebandung dulu....

    ReplyDelete
  4. Bandung emang enak2 makanannya dan lezat sekali....

    ReplyDelete
  5. wah nikmat banget kebandung bisa menyantap makanan yang enak2.

    ReplyDelete
  6. Terima kasih atas ulasannya yang lengkap, Mas. Jadi kangen berat dengan Bandung dan Mie Baso Akung-nya.
    Sekedar berbagi info juga, saya memiliki usaha yang serupa di Jambi dengan nama Mie Baso Tasik "H. Asep" Cabang Jambi. Jelas menu andalannya adalah Mie Yamin Manis atau Asin, dengan tambahan Babat-Ceker-Pangsit Basah/Kering-Tahu.
    Sedikit perbedaan Mie Baso Akung dengan Mie Baso Tasik "H. Asep" adalah penggunaan Babat dan Siomay. Menurut pembeli di Jambi bahwa Mie Baso Tasik "H. Asep" ini adalah pionir mie baso yamin dengan variasi yang belum pernah ada.
    Klo Mas Indriyatno ke Jambi, mampir ke Mie Baso Tasik "H. Asep" ya.

    ReplyDelete
  7. tapi kalo pas bayar diperhatiin notanya,nota pembayaran saya keliru, 30rb+21rb+42rb+21rb+44rb+14rb=223rb....??????????

    ReplyDelete