Monday, November 1, 2010

Kuliner 131 - Mie Ayam Sakinah, Bandung

Mie Ayam dan Es Duren
Kantin Sakinah
Jl. Tubagus Ismail - Bandung


Mie Ayam Sakinah emang beda... Mienya lebih "nyemek" (kalo boleh pinjem istilah mie Jawa), bumbunya lebih "cakep" n ayamnya "bener-bener daging ayam" (gak cuma potongan sisa ayam seperti leher). Yup itu yang memang membedakan Mie Ayam Sakinah ini dibanding mie ayam lainnya yang bertebaran di kota Bandung maupun kota lainnya. Sedikit lebih mahal memang karena satu porsi Mie Bakso Pangsit dihargai RP. 9rb, dan masalahnya satu mangkok mie ayam di tempat ini tidak pernah cukup :))




Kalo udah ke tempat ini gak boleh terlewat cobain juga Es Durennya... Dengan harga Rp 15rb kita bisa menikmati satu porsi berisi 6-7 butir durian yang dipadu dengan es serut dan susu kental manis. Es Duren di tempat ini memang salah satu yang dicari para pelanggannya. Jadi kayanya sudah satu paket Mie Ayam + Es Duren. Suegernya manteb lah...

Bisa coba juga variasi es duren lainnya seperti Es Durian+Susu+Keju (dahsyat gak tuh?), Es Durian Alpukat, Es Durian Kacang, Es Durian Gula Merah dan lain-lain. Saya sendiri mencoba perpaduan Es Durian Aplukat yang bisa ditebus seharga Rp. 17rb.


Mie Ayam Sakinah sendiri sebenarnya nama populer dari Mie Ayam Baso "MAS JOKO". Disebut Mie Ayam Sakinah karena mereka berjualan di semacam pujasera yang bernama "Kantin Sakinah" yang berjualan bersama aneka makanan lainnya seperti es duren, siomay, gado-gado dan lain-lain. Pertama mengenalnya jaman kuliah tahun 90an dulu, karena terletak tak jauh dari kampus, yaitu di Jl. Tubagus Ismail I. Namun sekarang tempatnya sudah pindah tepat di seberang tempat yang lama masih di ruas jalan yang sama. Mie Ayamnya masih yang lama tapi penjaja Es Durennya sudah berbeda. Katanya Es Duren yang lama buka gerai baru di Jl. Tubagus Ismail Raya-nya. Jadi buat yang mencari wisata kuliner Bandung yang murah tapi mantab silakan meluncur ke Jl Tubagus Ismail I (kawasan Jl. Dago).

Mau tahu tempat makan lainnya di Bandung? Silakan lihat disini -> Wisata Kuliner Bandung

Kuliner lain di kota ini:



16 comments:

  1. jadi tambah lapar neh bro liat beginian pagi2 hehehee, btw nice blog euyy, banyak info yang bagus2+pic :)

    ReplyDelete
  2. duh makan dulu dah... jadi lapar...


    http://dokterkulitbandung.com/

    ReplyDelete
  3. kantin sakinah itu sebelah mananya sih? ko kalo ke tubagus kayanya blom pernah ketemu itu kantin. hikhik.. bisa tolong arah atau spot2 menuju kesana ga? mie ayamnya bikin ngiler banget..

    ReplyDelete
  4. @mbak mutia: kalo dari arah simpang masuk tubagus, sekitar 100m ada pertigaan kan sebelah kanan (yang ada segitiganya). Nah belok situ, atau parkir di pinggiran situ jg bisa, keliatan koq rame. Jadi gak pas di jl tubagusnya.

    ReplyDelete
  5. Mie ayam nya memang enak.. Tp es duren nya kurang.. Lebih enak di es buah fadhillah tubagus.. 1 porsi nya 14 rebu.. Ada jg es durian mentong, 1 porsinya 15 rebu..

    ReplyDelete
  6. waaah, jadi pengen nyobain.. glek..

    ReplyDelete
  7. aq juga udah pernah coba niy mas... Mie Ayamnya bener.. kurang klo cuma 1 mangkok.. nagih hehehe.. pas paduannya dengan es duren..
    Es Durennya, legitnya gak berlebihan.. pass!!! :)

    ReplyDelete
  8. Makasih mas infonya. waktu kuliah di bdg dulu juga sering makan di warung padang jl tubagus ismail, dekat simpang dago.tapi belum pernah nyoba kantin sakinah. cuti ini mencoba ah.

    ReplyDelete
  9. Punten ya...buatku standard rasanya...ga istimewa...

    Aku bilang begini karena baru pertama nyoba dan effortnya lumayan, balik dari Jogja aku mampir di Bandung jam 7 pagi, dan langsung ke Mie ayam Mas Joko, sempet nunggu mereka buka dulu dalam kondisi lapar berat. Pas udah buka,aku pesen Mie Ayam sesuai rekomendasi. And voila, rasanya biasa aja :)

    Mungkin karena biasa makan Mie Ayam enak deket rumahku kali ya. Kalo tertarik untuk nyoba, silakan atuh ke Mie Ayam Bang Udin di Halaman parkir Yayasan Said Naum, Tanah Abang, Jakarta Pusat. :)

    ReplyDelete
  10. nmr telepon mie ayam sakinah ada ngga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak punya nih.. Dia gak nyantumin tuh di spanduknya :)

      Delete
    2. Mie ayamnya si enak..tp kamar mandinya luar biasa parraaah..jd ilfil pas mo makan.. :(

      Delete
  11. waduuuhh yowes ora opo2...makasih lho infonya ya...

    oh iya saya mau kasih info juga nih

    Ayo gabung di Bazaar Kuliner Khas Bandung, di event spesial “TRANS7 Sunday Festival (Fun, Food, Race)”, hari Minggu 29 April 2012 di Gasibu jam 10.00 - 21.00 WIB

    Persyaratan Peserta Bazaar:

    Membayar uang pendaftaran senilai Rp. 50.000,- ke Radio Dahlia Jl. Burangrang No.28 Bandung 40262 (cp: Sumi – 08122353893)
    Pedagang makanan / minuman khas bandung ( contoh: Mie Kocok, Baso Tahu, Batagor, Bajigur, es oyen, dll)

    Tersedia 30 Stand Makanan & 5 Stand minuman, bagi pedagang diharapkan membawa gerobak dagangnya.

    Pendaftaran ditutup sampai tanggal 21 April 2012.

    ReplyDelete
  12. wiiiih enak banget nih mas mie nya :D

    ReplyDelete
  13. baru saja nyobain,
    1. Mie Ayam bakso(dpt 3 btr), rasa lumayan, harga lumayan (mahal) 14K. di semarang harga segitu dpt 2 porsi dengan harga yg sama/lbh enak(rata2 berkisar 7k-9k).
    2. Es Durian, rasa seperti durian(yaiyalah). kirain durian seger, ternyata durian beku dan cmn dpt 5-6 biji daging tipis (not too recommended). price 22k
    repet order? maybe other place

    ReplyDelete