Kuliner Cirebon - Docang Ibu Kapsah - Wisata Kuliner Indonesia

Sunday, February 10, 2019

Kuliner Cirebon - Docang Ibu Kapsah

Potongan lontong dibubuhi toge, daun singkong, dan kelapa parut kemudian diguyur dengan kuah oncom kaldu panas bercita rasa gurih plus cubitan sedikit rasa pedas. Kerupuk Aci jadi pelengkap hidangan sarapan ini yang tak boleh terlewatkan, Jika berkunjung ke Cirebon, silakan cicipi cita rasa khas yang disajikan Docang Ibu Kapsah ini

Kalau ke Cirebon, biasanya ada tiga kuliner yang jarang saya lewati: Empal Gentong, Nasi Lengko dan Nasi Jamblang. Akan tetapi Kuliner Cirebon sebenarnya bukan cuma itu, masih banyak destinasi jajanan yang kudu wajib untuk dicoba. Seperti yang satu ini: Docang. Kuliner ini cukup banyak penjajanya di kota Cirebon, khususnya di waktu sarapan. Salah satu yang cukup terkenal adalah Docang Ibu Kapsah, yang berada di ruas Jl. Siliwangi. Sengaja berjalan kaki di pagi hari, menikmati udara pagi kota Cirebon, saya meniatkan diri untuk sarapan di tempat ini dengan berbekal petunjuk dari Google Maps. Susunan bangku di halaman sebuah bagunan yang terisi oleh para pencari sarapan docang, menegaskan bahwa pilihan saya untuk bersantap pagi dengan kuliner khas cirebon ini tidaklah salah.



Satu porsi Docang Ibu Kapsah langsung saya pesan, sebelum mengambil tempat duduk. Tak sampai 5 menit, hidangan docang sudah hadir di atas meja. Bagi yang belum pernah mencicipi docang, tampilan kuliner yang satu ini memang cukup menggelitik. Ada potongan lontong dengan toge, daun singkong, dan kelapa parut kemudian diguyur dengan kuah oncom kaldu panas bercita rasa gurih plus cubitan sedikit rasa pedas. Kerupuk Aci jadi pelengkap hidangan sarapan ini yang tak boleh terlewatkan. Kuah dage alias oncomnya sendiri yang jadi signature dari docang; ada rasa gurih, sedikit asam dan cubitan rasa pedas.

Kalau di Bogor sendiri ada kuliner yang namanya mirip: Doclang. Sama-sama menggunakan potongan kupat tapi sajiannya jauh berbeda karena kalau doclang Bogor menggunakan bumbu kacang (seperti Kupat Tahu Bandung) sedangkan docang Cirebon menggunakan kuah oncom. Untuk dapat menikmati Docang Ibu Kapsah ini saya sarankan untuk datang sepagi mungkin karena kedainya sudah buka, bahkan sebelum fajar menyingsing dan biasanya habis sekitar jam 10-11 pagi, tapi saya sarankan datang paling lambat jam 9 karena jika terlalu siang takutnya sudah tidak bersisa lagi.

Wisata Kuliner Indonesia #421
Kuliner Cirebon
Docang Ibu Kapsah
Jl. Siliwangi No.77 Kejaksan - Kota Cirebon,
Telp: 082 127141842
Koordinat GPS: -6.7038376,108.5567554


No comments:

@way2themes