Thursday, July 3, 2014

Kuliner Cirebon - Empal Gentong Amarta


Wisata Kuliner Indonesia #327
Empal Gentong Amarta
Jl. Ir. H. Juanda No. 37 Battembat
Cirebon
Telp: 081324293392

Salah satu kuliner yang diburu jika berkunjung ke kota Cirebon adalah Empal Gentong. Kita bisa menemukan banyak penjaja empal gentong di berbagai penjuru kota Cirebon. Salah satunya yang cukup kondang adalah Empal Gentong Amarta yang ada di kawasan Battembat-Plered. Pesanan empal gentong langsung saya sampaikan begitu menginjakkan kaki di kedai yang tidak terlalu besar ini. Hampir semua meja siang itu terisi oleh para pelanggan yang tengah menikmati santap siangnya. Potongan daging dan jeroan sapi seperti usus, paru, babat dan sebagainya, mengisi kuah santan dengan cita rasa yang khas. Kalo tidak suka jeroan, kita juga bisa minta isinya hanya daging saja. Ada semburat manis di sana dengan aroma rempah yang segar menyeruak di kuah empal gentong ini. Mirip dengan gulai, akan tetapi kuah empal gentong lebih light. Jangan lupa untuk menyambar kerupuk kulit khas Cirebon. Berbeda dengan kerupuk kulit sapi pada umumnya, kerupuk kulit yang kita temui di Cirebon ini memiliki ukuran yang lebih besar. Kucurkan sedikit jeruk nipis, tambahkan acar dan bubuk cabe kering yang juga khas Cirebon, sluruuuppp.... maka hidangan Empal Gentong ini memang sulit terbantahkan kenikmatannya.

Di Empal Gentong Amarta juga dijual Sate Kambing Muda yang layak dicoba. Ada dua pilihan: sate campur dengan gajih dan ati kambing, atau sate polos yang hanya berisi daging. Dagingnya empuk dengan bumbu kacang kecap yang legit, menjadi teman pelengkap hidangan Empal Gentong.

"Tidak Buka Cabang", tulisan itu tampak di spanduk Empal Gentong Amarta yang dipasang di dalam kedainya. Mungkin karena namanya sudah cukup kesohor, sang pemilik takut ada orang yang mendompleng ketenaran Empal Gentong Amarta. Apalagi konon, Amarta juga menjadi pelopor sajian Empal Asem, kuliner baru khas kota Cirebon. Berbeda dengan empal gentong yang menggunakan kuah santan, maka empal asem kuahnya bening dengan rasa asam segar, seperti sop. Sayang saya tidak sempat mencicipi Empal Asem Amarta ini, mungkin lain waktu...

Kuliner lain di kota ini:



1 comment: