Kuliner Bogor - 10 Tempat Bakso di Bogor


Wisata Kuliner Indonesia #401
Kuliner Bogor
Bakso di Bogor


Bakso, di Indonesia bisa dibilang ini adalah kuliner sejuta umat. Bagaimana tidak, hampir di setiap kota kita pasti akan bertemu dengan "Tukang Bakso" baik yang make gerobak keliling, mangkal di kaki lima, di halaman rumah, ruko sampe yang menjajakannya dalam bentuk resto/cafe. Tak terkecuali di Bogor, di kota yang terkenal dengan julukan kota hujan ini kita juga dengan mudah menemukan tukang bakso di berbagai sudut penjuru kota. Sebagian di antaranya malah sudah berjualan selama puluhan tahun, dan namanya sudah lekat di kalangan masyarakat Bogor. Bahkan ada yang sudah punya beberapa cabang. Mereka punya keunikan tersendiri dalam setiap hidangan baksonya sehingga punya pelanggan yang setia. Nah buat yang hobi ngebakso di Bogor, inilah 10 tempat ngebakso di Bogor yang enak, terkenal dan punya banyak pelanggan setia, dilengkapi peta lokasi dan koordinat GPS untuk masing-masing tempatnya:

1. Bakso Seuseupan.

Berawal dari gerobak dorong, sampai membuka kedai di kawasan Tapos, kini Bakso Seuseupan sudah punya beberapa cabang di kota Bogor. Salah satu cabangnya yang selalu ramai berada di Jl. Bangbarung, ruas jalan yang terkenal sebagai sentra kuliner di Bogor. Yang menjadi keistimewaan dari sajian bakso di tempat ini adalah potongan lemak sapi yang digoreng kering, sebagai "teman" untuk baksonya.

Koordinat GPS: -6.58087, 106.8077


2. Bakso Boboho

Baso Boboho dengan lemak gurihnya
Masih di Jl. Bangbarung, bergeser ke arah timur kita akan mendapatkan satu tenda bakso yang parkiran di depannya hampir selalu dipenuhi oleh sepeda motor. Bakso Boboho yang buka dari pagi sampai malam ini menonjolkan bakso urat sebagai keunggulannya, yang diamini oleh banyak pelanggannya.

Koordinat GPS: -6.58104, 106.81224



3. Bakso Gulung Bragi

Baso Gulung yang dibalut Kembang Tahu
Mungkin tempat yang satu ini tidak sekondang bakso-bakso lainnya, tapi ada spesial di sini yang tidak akan kita temui di tempat lain: Bakso Gulung. Kalo pada umumnya bakso berbentuk bulat, di sini bakso digulung dengan kulit kembang tahu berbentuk silinder. Sensasi kembang tahunya bikin sajian bakso gulung ini endesss...

Koordinat GPS: -6.58257, 106.81289


4. Bakso Pak Mien

Baso Rudal andalan Baso Pak Mien
Membuka kedai pertamanya di Jl. Pondok Rumput, Bakso Pak Mien juara di sajian bakso rudal, yang didalamnya berisi daging dan lemak sapi yang sudah dicincang. Juga terasa terdapat tulang-tulang rawan yang membuat sensasi sendiri dalam proses mengunyahnya. Saya mengunjungi cabangnya yang berada di Jl. Pandu Raya, yang tak kalah ramai dengan pusatnya.

Koordinat GPS: -6.57839, 106.81821



5. Bakso PMI

Baso besar berisi daging cincang di Baso PMI 
Namanya diambil karena lokasi perdana dari Bakso PMI ini berada di belakang gedung PMI Bogor di kawasan Indraprasta. Saat ini yang paling ramai justru cabangnya yang ada di Jl. Pandu Raya. Ada bakso besar dan bakso kecil yang bisa kita nikmati di sini. Bakso besarnya berisi daging cincang halus di dalamnya, dengan sedikit lemak yang terasa lumer di mulut. Sementara bakso kecilnya memiliki kekenyalan yang aduhai, menggoda kita untuk tidak berhenti mengunyahnya

Koordinat GPS: -6.5738, 106.81239


6. Bakso Pakde Jangkung

Baso Pakde Jangkung dengan Tahu Kering dan Paru Gorengnya

Berawal dari menjajakan bakso menggunakan gerobak keliling, saat ini bakso pakde Jangkung sudah punya tiga cabang. Yang terbesar menempati ruko di Jl. Sancang. Selain basonya yang enak, di sini juga kita bisa menemukan sajian bakso yang spesial karena dilengkapi dengan tetelan daging, tahu kering dan paru goreng. Ajib lah pokoknya

Koordinat GPS: -6.59123, 106.80634


7. Bakso Pak Jaja

Kwietiaw kering dan Baso Kuah andalah Baso Pak Jaja
Dulu membuka kedainya di kawasan Lapangan Sempur, sebelum akhirnya pindah di Jl. KH Sholeh Iskandar (atau lebih dikenal dengan sebutan Jalan Baru), Bakso Pak Jaja terkenal dengan sajian Mie/Kwietiaw keringnya (seperti yamin). Secara default, baso ini memang disajikan dengan dua mangkok, satu berisi mie/kwietiaw/bihun dan satu lagi berisi baso di dalam kuah yang gurih. Lokasinya yang berada di jalan besar, samping Universitas Ibnu Khaldun, membuat kedai bakso ini juga mudah diakses dan selalu ramai.

Koordinat GPS: -6.56156, 106.79313

8. Bakso Pak Jaka

Baso Kikil Pak Jaka
Sumber Photo: wego.co.id
Yang satu ini punya spesialisasi yang beda, butiran bakso di dalam mangkoknya ditemani dengan potongan kikil yang kenyal dan lembut. Berada di salah satu pusat kuliner tradisional di kawasan pecinan di Kota Bogor, Bakso Pak Jaka masih menjajakan dagangannya dengan gerobak di pinggir jalan. Akan tetapi tidak menyurutkan para pelanggannya untuk menikmati sajian baso kikil ini, terlihat dengan banyaknya orang berkerumun di gerobaknya, khususnya di akhir pekan.

Koordinat GPS: -6.60965, 106.80419

9. Bakso Titoti

Baso Urat di Baso Titoti
Sumber photo: bayupapz.com
Bakso Titoti ini merupakan olahan asli dari Wonogiri, daerah yang menghasilkan banyak tukang baso ternama. Membuka kedai pertamanya di Jakarta di tahun 80an, saaat ini Bakso Titoti sudah mempunyai cabang di beberapa kota seperti Solo, Bogor dan Wonogiri (tempat asal sang pemilik merk baso ini). Di Bogor sendiri, Baso Titoti bisa ditemukan di dua tempat: Parung dan Jl. Siliwangi. Kunggulannya ada di Bakso Urat dan Bakso telor, baso dengan ukuran besar inilah yang paling banyak dipesan pelanggannya.

Koordinat GPS: -6.61107, 106.8056

10. Baso Baset

Sumber photo: Travel Kompas
Banyak yang berpikir Baset ini singkatan dari Baso Setan, karena ukuran basonya yang besar, hampir satu mangkok full! Tapi ternyata Baset ini adalah singkatan dari Baso Asli Solo Eunak Tenan, sesuai dengan tulisan yang tertera di spanduk di depan kedai baso yang berlokasi di kawasan Cimanggu ini. Ya, signature dari Baso Baset adalah basonya yang berukuran besar yang merekah memenuhi mangkok, isinya adalah daging sapi cincang yang memberikan sensasi tersendiri ketika disantap.

Koordinat GPS: -6.57168, 106.78795


Tentunya masih banyak lagi tukang bakso enak di Bogor, di luar sepuluh yang tersaji di sini. Tapi paling tidak ini bisa menjadi panduan sederhana buat menemukan tempat ngebakso yang enak di Bogor.

Supaya lebih mudah, cek peta di bawah ini untuk mendapatkan lokasi 10 tempat bakso yang enak di Bogor ini. Ngebakso yuk...



Comments

  1. Menurut gw bakso titoti ini sudahmemudar aura nya, kmrn abis makan dan berasa ada yg kurang gitu

    ReplyDelete
  2. Mantab spot buat makan baksonya,detail pula ulasan lokasinya,untuk bakso rudal ada gak pak??bisa di kasih spotnya??

    ReplyDelete
  3. itu bakso bakso di bogor bikin ngiler semua

    ReplyDelete
  4. Ternyata ada juga toh Bakso Titoti di Bogor. Biasanya temen2ku ngajak makan di kisaran pasar minggu tuh.

    ReplyDelete
  5. foto-fotonya bikin lapeeerrrrrr, pokoknya apa aja jadi enak ya kalo di bogor wkwk

    ReplyDelete
  6. Dengan suasana kota Bogor yang sangat sejuk dan cenderung dingin,menyantap hangat semangkuk bakso menjadi sesuatu yang sangat pas sekali tentunya.

    ReplyDelete
  7. klo mampir ke arah pemda ada Bakso Bunting Karadenan tuh rasanya enak dan khas, harga murah bgt lagi bisa dapet 2 porsi bakso ditempat lain. Punya situs jg di http://www.baksobunting.com

    ReplyDelete
  8. Saya sebagai pencinta bakso wajib coba semua nih

    ReplyDelete
  9. untuk yang doyan baso ada bakso baru sih belom lama kaya pa mien, namanya bakso mas joko ada dua tempat, tp leboh enak di azimar bantar jati, 1 lagi daerah pandu.. enak dagingnya bener2 kerasa

    ReplyDelete
  10. Terimakasih informasinya pak.. lagi search bakso paling enak di bogor dan ketemu blog ini :)
    www.sistersdyne.com

    ReplyDelete
  11. Terimaksih atas informasinya mengenai WISATA KULINER BANYUMURTI
    Ditungu kunjungan baliknya

    ReplyDelete
  12. laper banget dah ngeliatnya..

    Kebetulan tinggal dibogor juga nih

    ReplyDelete
  13. Mantab baksonya.hihi

    Ajiblah,klu liat bakso yang jumbo itu lebih maknyoss

    ReplyDelete
  14. Bakso reog di perum cimaggu city kog gak masuk nominasi mas..padahal itu enaaak bgd loh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benerrr baso reog the best 👍👍👍 setujuu

      Delete
  15. The Best Baso Reog BCC & Baso mas Joko pandu raya klo menurutku....

    ReplyDelete

Post a Comment