Monday, September 21, 2015

Kuliner Bogor - Bakso Pakde Jangkung


Wisata Kuliner Indonesia #377
Kuliner Bogor
BAKSO PAKDE JANGKUNG
Jl. Sancang No. 7-F BOGOR
Telp: 0813 18331556


Bakso mungkin merupakan kuliner dengan penggemar terbanyak di Indonesia, dan juga memiliki penjual yang paling banyak juga. Hampir semua kota yang saya datangi pasti ada tukang baksonya, baik yang dijajakan dengan keliling ataupun yang bertempat di suatu lokasi permanen. Dan tak jarang pula kita temukan penjual bakso yang memiliki pelanggan banyak, yang umumnya dikarenakan menu yang disajikan memiliki keunggulan di tempat lain. Di Bogor, salah satu penjual bakso yang sukses, bertahan lama dan memiliki pelanggan banyak adalah Bakso Pakde Jangkung. Apa yang membuat bakso ini spesial? Ketika memesan kita dihadapkan pada pilihan apakah akan menggunakan mie kuning, bihun atau kwetiaw sebagai menu utamanya, setelah itu kita juga harus memilih apakah disajikan dalah bentuk kuah atau kering alias yamin. Favorit saya adalah Kwietiaw Yamin yang disajikan dengan baso dalam mangkok yang terpisah. Yang menarik adalah menelaah isi dari mangkok baso nya. Tidak hanya bakso dan sayur saja yang bisa kita temukan dalam kuah kaldu yagn segar, tapi juga ada tetelan daging sapi yang menambah gurih cita rasa kuahnya. Dan yang unik adalah adanya potongan tahu kering. Mirip dengan tahu sumedang, tapi tahu di Bakso Pakde Jangkung ini digoreng sangat kering, hampir menyerupai kerupuk. Rasa gurihnya melengkapi hidangan baso yang juga patut diacungi jempol dari sisi cita rasa dan level kekenyalannya.

Masih ada satu lagi yang spesial dari sajian Bakso Pakde Jangkung ini, apa itu? Paru Goreng... Ya mungkin tidak banyak tukang bakso yang melengkapi sajiannya dengan paru goreng, saya sendiri belum pernah menemukannya di tempat lain. Paru goreng di sini digoreng sampai kering sehingga mirip keripik paru. Bisa dinikmati dengan mencelupkannya dalam kuah baso yang ada, atau dimakan sebagai teman mie yamin, semuanya memberikan sensasi tersendiri. Harga satu porsi Mie Bakso di sini Rp. 16.000, sedangkan untuk satu mangkuk paru goreng juga dihargai sebesar Rp. 16.000. Masih merasa kurang dengan tahu keringnya yang renyah, minta saja extra tahu yang harganya Rp. 7000 untuk satu mangkuknya.

Konon Pakde Jangkung sudah menjajakan dagangannya sejak tahun 1973, dulu masih berkeliling menggunakan gerobak basonya. Kemudian mangkal di tempat semi permanen, sampai sekarang sudah berjualan di ruko yang berada di ruas jalan Sancang. Bahkan saat ini Bakso Pakde Jangkung ini sudah membuka cabangnya di Ruko Yasmin Sektor 6 dan di Jl. Bondongan (Seberang SD Mardi Waluya). Jadi buat kamu-kamu penggemar bakso yang ada di kota Bogor, masukkan Bakso Pakde Jangkung ini dalam daftar kamu. Atau bahkan kamu sudah jadi langganannya?

Kuliner lain di kota ini:



5 comments:

  1. bener banget.. pak dhe jangkung dulunya pake gerobak keliling. yang selalu ditunggu2 kedatangannya sama warga bogor baru. agak lama menghilang gak jualan eh tau2 udah mangkal di jl. Sancang

    ReplyDelete
  2. mantap. pas banget nih makan bakso lagi musim hujan :)

    ReplyDelete
  3. kabarnya bakso seseupan di bogor juga enak banget, selalu ramai pengunjung.

    ReplyDelete