June 2011 - Wisata Kuliner Indonesia

Monday, June 27, 2011

Kuliner Makassar - Es Pisang Ijo, Warung Bravo
June 27, 2011 16 Comments

Wisata Kuliner Indonesia #158
Es Pisang Ijo
Warung Bravo
Jl. Andalas 154 - Makassar
Telp 0411 323045

Makassar panas... tapi tidak di Warung Bravo... Walaupun tanpa AC, kesegaran Es Pisang Ijo di warung ini dapat meluruhkan panasnya udara kota Makassar. Yup, Es Pisang Ijo di Warung Bravo ini dahsyat banget. Kekenyalan si hijau dari tepung beras yang menyelimuti pisangnya luar biasa, tebal dan begitu pas berpadu dengan manisnya pisang raja di dalamnya. Ditambah dengan "saus" serupa bubur sumsum dan disempurnakan dengan guyuran sirup merah. Sueegggerrrr banggeettzzz.... Dan semua "kemewahan" itu cukup kita tebus dengan harga Rp. 13.500,-.


Warung Bravo ini sebenernya tidak hanya menjual Pisang Ijo, tapi beragam makanan lainnya seperti Nasi Goreng, Sop Buntut, Gado-gado dan lain-lain. Tapi memang kemahsyuran Es Pisang Ijo dari Warung ini yang   paling menonjol. Boleh juga cicip-cicip kudapan khas Makassar dari Warung Bravo ini, misalnya Jalang Kote dan Lumpianya. Jalang Kote ini mirip dengan pastel tapi isinya sedikit beda dan yahuudd. Lumpia juga tidak jauh berbeda dengan lumpia yang biasa kita temui di Jakarta, tapi isinya agak sedikit pedas dan tentunya  tidak menggunakan rebung seperti lumpia semarang. Kesimpulannya enaaakkk. Jalang Kote dan Lumpia ini bisa dicicipi dgn harga Rp.3500/bh.

Kalo ke Makassar lagi, Es Pisang Ijo Warung Bravo ini akan menjadi tujuan kuliner makassar utama saya :)

Kuliner di Kota Makassar lainnya...
Reading Time:

Wednesday, June 22, 2011

Kuliner Makassar - Konro Bakar Karebosi
June 22, 2011 4 Comments

Wisata Kuliner Indonesia #157
Sop Konro Karebosi
Jl. Gunung Lompobattang No 41, Makassar
Telp: 0411 312157

Kalo ke Makassar gak makan Konro kayaknya ada yang kurang, bener gak? Makanya di hari terakhir saya di kota ini saya menyempatkan untuk makan siang di tempat ini, Sop Konro Karebosi, di dekat Lap Karebosi yang menjadi icon kota Makassar. KONRO BAKAR, menjadi pilihan utama saya. Daging iga sapi bakar yang masih menempel pada tulangnya disajikan dengan guyuran bumbu kacang dan kuah sop konro berwarna kehitaman yang khas. Dagingnya gak kerasa keras sama sekali, lembut, begitu "disentuh" langsung lepas dari tulang. Paduan dengan bumbu kacangnya begitu pas, ditimpali dengan kuah sop segar yang kaya rempah *ngences sendiri*... Harga untuk satu porsi Konro Bakar yang cukup besar ini Rp. 33.000,-, belum termasuk nasi.



Selain Konro Bakar, kita juga bisa memesan Sop Konro, dagingnya tidak dibakar tapi langsung dicampur dalam kuah sopnya. Waktu saya dateng kesana, tempat asli Sop Konro Karebosi ini sedang direnovasi. Tampaknya akan dibuat lebih besar, sehingga kita bersantap di tempat sementara yang disewa tepat di seberang tempat aslinya. Seperti tercantum dalam plang namanya, Sop Konro Karebosi ini sudah berdiri sejak tahun 1968 dan sekarang sudah memiliki cabang di Jl. Boulevard Raya (Kelapa Gading - Jakarta). Datang pas jam makan siang, kedai ini tampak penuh dengan pengunjung, sehingga saya pun harus sedikit mengantri untuk mendapatkan tempat duduk. Belum lagi panasnya ruangan yang tanpa AC ini. Tapi semuanya sangat sangat sebanding dengan kenikmatan yang didapatkan sewaktu menyantap Konro Bakar Karebosi...

Kuliner di Kota Makassar lainnya...
Reading Time:

Monday, June 20, 2011

Kuliner Makassar - Pallu Basa Serigala
June 20, 2011 8 Comments

Wisata Kuliner Indonesia #156
Warung Pallu Basa H. Haeruddin
Jl. Serigala - Makassar

Kuliner Makassar emang gak ada matinya... Setelah paginya sarapan Coto Nusantara, malamnya saya meluncur ke Jl. Serigala untuk menikmati Pallu Basa. Ya, tempat ini direkomendasikan banyak orang dan telah menjadi salah satu ikon kuliner kota yang dulu sempat bernama Ujung Pandang ini. Pallu Basa ini hampir mirip dengan Coto tetapi dengan aroma kuah yang sedikit berbeda, santannya lebih kental dan serbuk kelapa sangrai terasa menyatu dengan kuahnya. Isinya aneka campuran daging dan jeroan dari sapi dan (katanya) kerbau. Rasanya emang mantabs, begitu tersaji bersama sepiring nasi, saya langsung menyantap habis palubasa yang saya pesan itu. Sebelumnya kita akan ditawari apakah akan menggunakan telur atau tidak, dan karena saya sudah banyak sumber kolestrol di kota ini, maka saya putuskan memesan pallu basa tanpa telur :) Harganya? Dengan Rp. 16.500,- kita akan mendapatkan satu mangkuk pallu basa, sepiring nasi dan segelas teh botol dengan es.


Warung ini sejatinya bernama Warung Pallu Basa H. Haeruddin, tetapi lebih dikenal dengan Palu Basa Serigala atau PALBAS SERIGALA. Tempatnya tidak begitu besar sebenarnya, makanya katanya ketika jam makan siang, siap-siap aja untuk antre menunggu tempat duduk yang kosong. Oleh karena itu saya sengaja meluncur ke Palbas Serigala ini sore-sore sebelum maghrib dengan harapan belum banyak orang yang datang untuk makan malam. Tebakan saya tepat, walaupun warung ini ramai, tapi masih menyisakan bangku untuk saya agar bisa bersantap. Palbas Serigala buka dari jam 9 pagi sampai jam 8 malam, sehingga memang menjadi tujuan orang untuk bersantap siang maupun malam. Dan benar saja, begitu saya selesai makan maka mulai banyak rombongan-rombongan yang hadir untuk bersantap malam disini. Saya pun segera melipir untuk memberi kesempatan yang lain menikmati kekayaan rasa dari Pallu Basa Serigala ini...

Kuliner di Kota Makassar lainnya...
Reading Time:

Saturday, June 18, 2011

Kuliner Makassar - Mie Titi
June 18, 20111 Comments

Wisata Kuliner Indonesia #155
MIE TITI
Jl. Datumuseng (Cab. Jl Irian)
Makassar

Denger namanya mungkin agak lucu, Mie Titi. Mie kering yang diguyur kuah kental (seperti capcay) yang berisi sayur-sayuran dan daging ayam. Di mulut akan terjadi pertarungan antara kriuknya mie dan kenyalnya kuah, menimbulkan sensasi yang unik. Jangan lupa untuk mengucurkan sedikit jeruk yang selalu tersaji bersama mie titi ini, untuk menambah kesegaran dan cita rasa. Harganya pun cukup bersahabat, 17 ribu untuk porsi besar dan 16 ribu untuk porsi kecil. Tapinya ukurannya gak jauh beda, makanya harganya cuma selisih 1000 :) Tapi yang jelas cukup mengenyangkan untuk sebuah hidangan malam.


Sebenernya saya menemukan Mie Titi ini karena mencari kuliner yang buka sampai larut malam di Makassar. Akhirnya, setelah googling, ketemulah Mie Titi, dan yang paling kondang adanya di Jl. Irian, yang untungnya ada cabangnya di Jl Datumuseng dekat dengan Makassar Golden Hotel, tempat saya menginap. Jl Datumuseng sendiri tepat berada di seberang Taman Pantai Losari (yang terkenal dengan tulisan PANTAI LOSARI-nya itu), dan lokasi Mie Titi hanya sekitar 50meter dari Pantai Losari itu. Buka dari jam 5 sore sampai jam 3 pagi, Mie Titi merupakan alternatif jitu buat yang sedang kelaparan di tengah malam di kota Makassar ini.

Reading Time:

Wednesday, June 15, 2011

Kuliner Makassar - Coto Nusantara, Juara!
June 15, 2011 2 Comments

Wisata Kuliner Indonesia #154
COTO NUSANTARA
Jl. Nusantara - Makassar

Setelah di tahun 2007 saya mencicipi Coto Makassar di Jl. Gagak, sekarang Coto Nusantara menjadi salah satu tujuan kuliner saya di Makassar. Terletak di depan Pelabuhan, Waroeng Coto Nusantara ini buka dari jam 7 sampai jam 5 sore dan tidak pernah terlihat sepi pengunjungnya. Saya pesan satu coto campur, tersajilah aneka daging dan jeroan sapi seperti babat, lidah, ati dlsb, dalam kuah khas Coto Makassar yang kaya rempah. Tambah sedikit garam, jeruk nipis dan kecap, PERFECT! Makannya pake kupat kecil yang sudah dibelah tengahnya, jadi kita tinggal nyendok aja dan celupin aja ke cotonya. Sluuruuupp... Kenikmatan satu mangkok Coto Nusantara ini cukup ditebus dengan uang Rp. 12.000,- dan ketupatnya seribu aja perbuahnya. Jadi buat makan kali ini, saya cukup mengeluarkan uang 14ribu, untuk satu mangkok coto makassar dan dua buah kupat.


Coto Nusantara ini memang banyak sekali dikunjungi baik oleh para warga Makassar maupun para wisatawan yang berkunjung ke ibu kota Sulawesi Selatan ini. Tak kurang gubernur, menteri dan para pesohor  kerap mengunjungi warung yang sederhana ini. Saya sendiri tadinya akan mengunjunginya pas mau makan siang, tapi batal gara2 tempatnya sangat penuh plus kedatangan Gubernur Sulawesi Selatan Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo beserta Menko Kesra, HR Agung Laksono. Baru besok paginya saya berjalan kaki dari Hotel tempat saya menginap (Makassar Golden Hotel) ke Coto Nusantara. Jaraknya sekitar 2 KM, lumayan sekaligus olah raga, sekaligus sedikit mengobati rasa bersalah akibat timbunan kolestrol yang dihadirkan oleh Coto ini hehehe.
Jadi kalo ke Makassar jangan lewatkan berwisata kuliner ke Coto Nusantara... Juara!
Reading Time:

Wednesday, June 1, 2011

Kuliner Bogor - Es Bubur Buah, Rahat Cafe
June 01, 20110 Comments

Kuliner #153
Rahat Cafe
Jl. Jend Sudirman No 51, Bogor
Telp: 0251 3999177

Es krim dipadu dengan yoghurt, kemudian diblender dan diberi potongan buah segar seperti alpukat, nangka, jambu batu, semangka, melon, pir, strawberry, kelapa muda dan sebagainya. Itulah Es Bubur Buah yang bisa kita dapatkan di Rahat Cafe, Bogor. Tersedia dalam dua rasa: Vanilla dan Strawberry bergantung pada es krimnya. Rasanya? Semburat rasa asem dari yoghurt, manis dari es krim dan kesegaran dari potongan buah asli, suegeerrnya polll... Highly recommended :) Selain makan di tempat, saya juga suka bawa Es Bubur Buah ini pulang, dimasukkan ke freezer sehingga eskrimnya mengeras kembali. Rasanya makin mantap... Harga: Rp. 12.000,-


Selain Es Bubur Buah, boleh juga coba Es Buah Salju. Apa lagi ini? Serupa dengan Es Bubur Buah, tapi es krim pada Es Buah Salju ini tidak diblender tapi diletakkan diatas potongan buah. Tidak ada rasa asem dari yoghurt tapi kesegarannya gak kalah koq. Silakan menikmat sensasi menikmati sendok demi sendok es krim yang berpadu dengan buah segar... Harga: Rp. 12.000,-

Selain es-esan tersebut, Rahat Cafe juga menyediakan beragam makanan yang cukup mengundang, seperti Nasi Tutug Oncom, Ayam bakar, Bebek Bakar Pedas Manis, Bebek Cabe Ijo, Iga bakar, Nasi Goreng dan lain-lain. Saya coba untuk mencicipi Bebek Bakar-nya, ternyata enak lohh... Bumbu pedas manisnya meresap sampe ke dalem, apalagi ditimpali dengan sambel ijo yang tersedia, makin nendang. Nasi Bebek Bakar Pedas Manis ini bisa ditebus seharga Rp. 20.000,-

Banyak yang menanyakan tempat makan ini setelah Es Bubur Buah diliput pada suatu acara kuliner di TV, akhirnya saya menyempatkan diri untuk mengunjunginya. Lokasinya ada di Jl Sudirman, dekat dengan Air Mancur, tempatnya tidak terlalu besar tapi cukup nyaman. Pulangnya bisa sekalian bawa Martabak Air Mancur buat kudapan di rumah :)

Update (20/04/2013): Berdasarkan info, Cafe Rahat di Jl Sudirman ini sudah tutup. Masih buka yang di Jl Malabar No.1 (sebelah Pangrango Plaza) dan di Jl Pandu

Mau tahu tempat makan lainnya di Bogor? Silakan lihat disini -> Wisata Kuliner Bogor

Reading Time:

@way2themes