Sunday, July 28, 2013

7 Oleh-Oleh Kuliner Khas Bogor (Bag. 1)

Wisata Kuliner Indonesia #289
Kuliner Bogor
Oleh-Oleh Khas Bogor



Libur hari raya Lebaran sudah di depan mata. Bulan Ramadhan sudah melewati masa paruhnya. Bogor, menjadi alternatif kota tujuan wisata liburan karena lokasinya yang tidak terlalu jauh dari ibu kota Jakarta, dan juga memiliki beragam tempat wisata seperti Kebun Raya dan Istana Bogor, Wisata Air "The Jungle" dan yang sebentar lagi akan dibuka Taman Bermain "Jungle Land". Tapi yang juga lekat dengan Kota Hujan ini adalah wisata kulinernya. Ya, Bogor menyediakan aneka kuliner yang dapat memanjakan indera pengecap kita.
Dan berwisata di kota Bogor tidak akan lengkap jika tidak membawa buah tangan alias oleh-oleh khas kota ini. Apa saja itu? Berikut 7 (tujuh) oleh-oleh kuliner Bogor yang bisa anda pilih:

1. Asinan Bogor
Kuah asam dan pedas yang segar, diguyur ke dalam potongan buah atau sayur yang ditemani dengan kacang tanah dan kerupuk kuning. Disajikan dalam keadaan dingin, segeeerrr.... Kalo untuk oleh-oleh kuah dan sayur/buahnya di pisah untuk menjaga kesegarannya. Dimana bisa menemukan Asinan ini? Kita bisa menemukannya di pelbagai sudut di kota Bogor, tapi ada beberapa yang sudah cukup kondang dan melegenda. Sebut saja Asinan Roda yang berada di Jl. Roda (dekat dengan Jl. Suryakencana), ada juga Asinan Gedung Dalam yg ada di Jl. Siliwangi, dan membuka cabangnya di Jl. Pajajaran, tepatnya di Ruko V-Point (samping Plaza Ekalokasari). Rekomendasi Asinan Bogor juga banyak ditujukan ke Asinan Ny. Yenny di Jl. Bina Marga, tak jauh di seberang Terminal Baranang Siang.

2. Roti Unyil "Venus"
Banyak yang bilang belum ke Bogor kalo gak bawa Roti Unyil. Roti yang per buahnya dapat hilang dalam sekali suap ini memang masih menjadi oleh-oleh paling favorit di kota Bogor. Terbukti di Outlet utamanya di Ruko V-Point (Pajajaran) antrian selalu terlihat, khususnya di akhir pekan. Padahal banyak "re-seller" yang menjual roti mungil ini di beberapa tempat di kota Bogor seperti depang Bogor Factory Outlet (Jl Pajajaran), dekat kampus IPB Dramaga, Terminal bus Damri Bandara dan lain-lain. Tapi memang, jika ingin membeli dengan varian yang lengkap dan jumlah yang banyak, saya sarankan untuk mengunjungi outlet utamanya.
Cek alamat dan harga Roti Unyil Venus disini.

3. Macaroni Panggang
Dari namanya jelas ini bukan kuliner khas Bogor, tapi Macaroni Panggang telah menjadi icon kuliner yang sangat identik dengan kota ini. MP, begitu biasanya orang menyebutnya, memang menyajikan sajian macaroni yang berbeda. Tidak hanya untuk oleh-oleh, jika ingin makan di tempat, MP juga menyediakan tempat yang cozy di restonya yang berada di Jl. Salak, salah satu kawasan di Bogor yang masih rimbun dengan pepohonan tuanya.
Cek alamat dan harga Macaroni Panggang disini.

Mau tahu oleh-oleh khas kuliner bogor lainnya?
Lanjutkan ke 7 Oleh-Oleh Kuliner Khas Bogor - Bagian 2


Kuliner lain di kota ini:



No comments:

Post a Comment