November 2012 - Wisata Kuliner Indonesia

Monday, November 19, 2012

Kuliner Bogor - Toge Goreng Ibu Evon
November 19, 2012 3 Comments
Wisata Kuliner Indonesia #250
Toge Goreng Ibu Evon
Gg Besi (Jl Suryakencana, belakang Bank CIMB Niaga)
Telp: 0856 93489846


Di Bogor memang banyak penjaja Toge Goreng yang legendaris, salah satunya adalah Toge Goreng Ibu Evon alias Ma Epon. Toge yang "digoreng" pake air, alias direbus, kemudian dicampur dengan mie kuningan, potongan tahu dan opsional potongan kupat. Yang memegang peranan penting adalah bumbu olahan tauco dan oncom yang diguyurkan setelahnya. Ini yang menjadi pembeda Ma Epon dengan toge goreng lainnya, rasa asam dan manis khas tauco di sini emang berpadu dengan pas. Tambah dengan kecap manis sedikit untuk memperkuat rasa dan aroma yang mengudang. Dengan perpaduan tepat tauco, oncom dan kecap, yang sama-sama berbahan dasar kedelai, Toge Goreng Ma Epon tidak pernah kehilangan pelanggannya sampai sekarang. Dengan harga Rp. 9000 per porsinya, toge goreng Ibu Evon ini direkomendasikan buat yang mencari kuliner asli Bogor.


Toge Goreng Ibu Evon alias Ma Epon ini sudah berjualan selama puluhan tahun. Dan sampai saat ini, sang pemilik alias Ma Epon masih setia melayani pelanggannya di kedai sederhana ini, tentu saja kalo sekarang sudah dibantu oleh anak-anaknya juga. Mencari kedainya juga sebenernya tidak terlalu sulit: menyusuri Jl Suryakencana, sebelah kanan jalan akan ada Bank CIMB Niaga, belok saja disitu, sekitar 200m akan kita temukan kedai sederhana Toge Goreng Ibu Evon yang buka dari pagi hingga sore hari. Selain Ma Epon, kita juga bisa mencicipi toge goreng yang cukup kondang lainnya seperti: Mang Gebro Putra, Ibu Omah dan Pak Iwon.

Mau tahu tempat makan lainnya di Bogor? Silakan lihat disini -> Wisata Kuliner Bogor

Reading Time:

Saturday, November 17, 2012

Kuliner Bogor - @mrsgitta Cupcake, Cupcake unik dari Bogor
November 17, 2012 5 Comments

Wisata Kuliner Indonesia #249
@mrsgitta Cupcakes
Jl. Artzimar I No. 14 Bantarjati Bogor
Telp: 081381047500
Web: cupcake-bogor.blogspot.com


Kalo Roti Unyil di Bogor mungkin sudah biasa, tapi pernahkah mendengar Cupcake Unyil? Hehehe, sebenernya bukan cupcake unyil juga sih, tapi Mini Cupcake atau Itsy Bitsy Mini Cupcakes, aneka cupcake mungil nan menarik kreasi dari @mrsgitta cupcakes. Dengan ukuran diameter dasar 3 cm dan tinggi 2,5cm, Itsy Bitsy Mini Cupcake memang unik dengan topping swirl buttercream dengan warna warni yang ceria. Cakenya, yang tersedia dalam rasa coklat dan vanilla, terasa lembut dan berpadu cantik dengan topping buttercreamnya. Harganya Rp. 32.000 untuk satu box berisi 16 cupcake. Terjangkau kan?


Gak cuma Mini Cupcake, @mrsgitta cupcakes juga menyediakan Classic Cupcake, Cupcake berukuran standar dengan resep tradisional dengan topping sama dengan Mini Cupcake yaitu Swirl Buttercream dengan aneka warna yang bisa dipesan sesuai kebutuhan. Resepnya yang sangat basic, membuat kita bisa merasakan "the real cupcakes". Harga: Rp. 45.000 per box isi 9 buah cupcake.


Nah ada yang special nih dari @mrsgitta cupcakes, Cinnamon Wheat Cake. Bentuknya memang sama dengan cupcake, tapi cakenya terbuat dari tepung gandum dengan sentuhan aroma cinnamon dan coklat. Toppingnya? Lebih beragam: kita bisa pilih topping dengan cream cokelat, taburan keju ataupun hiasan selai strawbery, blueburry atau lemon. Semuanya enak dan akan memberikan kesan tersendiri :) Harga: Rp 54.000/box isi 9 buah cake.

@mrsgitta cupcake memulai usahanya sejak 2010, awalnya hanya membuat cupcake untuk acara keluarga seperti ulang tahun anaknya atau pas lebaran. Karena cita rasanya yang menggoda, akhirnya pesanan-pesanan cupcake mulai berdatangan dan mulailah ibu dua anak ini menggarap bisnis cupcake dengan lebih serius. Gak cuma Itsy Bitsy Mini Cupcakes, Classic Cupcakes atau Cinnamon Wheat Cakes saja yang dibuat, tapi beragam pesanan yang customize dan kreasi-kreasi cupcake baru terus diluncurkan.

Buat yang cari oleh-oleh dari Bogor, Itsy Bitsy Mini Cupcakes atau aneka cupcake lainnya dari @mrsgitta cupcake kayaknya bisa jadi alternatif pilihan. Tapi sayangnya karena masih bersifat "home industry" cupcake ini belum punya toko, jadi untuk pembelian atau pemesanan bisa tengok webnya di cupcake-bogor.blogspot.com atau kontak via twitter @mrsgitta. Yuk cobain cupcake bogor yang unik ini....

Mau tahu tempat makan lainnya di Bogor? Silakan lihat disini -> Wisata Kuliner Bogor

Reading Time:

Monday, November 12, 2012

Kuliner Mataram - Taliwang Khas Pak Udin
November 12, 2012 2 Comments

Wisata Kuliner Indonesia #248
Taliwang Khas Pak Udin
Jl. Gelatik No. 2B - Cakranegara, Mataram
Telp.: 081917802532/08180 3650454


Ke kota Mataram tidak boleh tidak untuk menikmati Kuliner Lombok yang luar biasa ini: Ayam Taliwang. Saya pernah mencoba di dua resto penyaji kuliner lombok yaitu Taliwang Irama dan Dua-EM. Nah bulan September lalu saya berkesempatan kembali mengunjungi kota Mataram dan mencicipi sensasi lain sajian ini di kedai Taliwang Khas Pak Udin. Kenapa beda? Karena Taliwang khas Pak Udin ini berada di kedai kecil, bukan resto seperti Taliwang Irama dan Dua-EM. Bagaimana dengan makanannya? Nah, harus saya akui bahwa kedai ini lebih sederhana tapi rasa ayam taliwangnya lebih "kaya". Saya pesan ayam bakar taliwang, ayam usia muda khas mataram yang dibakar dengan bumbu dengan semnburat rasa pedas dan manis yang berpadu cantik dengan kekuatan rempah-rempah khas lombok. Karena ayam yang digunakan masih berusia muda dan proses memasaknya yang sempurna, maka kita akan dapat merasakan bumbu tersebut meresap sampai ke setiap serat dagingnya bahkan sampai ke tulang. Sluruuupp... Harga satu porsi ayam bakar ini Rp. 22.000 per porsi alias satu ekor ayam.


Sebagai pelengkap hidangan ayam taliwang ini, saya memesan satu porsi terong bakar. Dan jangan kaget ketika para crew mengolah terong ini, besarnya hampir satu lengan! Terong-terong raksasa itu kemudian dibakar sebentar dan disajikan dengan "toping" sambal tomat yang segar. Rasa pedas yang segar dan menggigit menjadikan indera pengecap kita lebih sensitif lagi untuk menerima segala cita rasa indah yang tersaji. Harga satu porsi teronga bakar ini Rp. 5.000,-

Yang tidak kalah asiknya adalah minumnya. Saya pesan Es Kelapa Muda, serutan kelapa muda dalam segelas besar air kelapa dengan tambahan sirup kelapa hijau yang segerrrr. Saya gak tau sirup yang dipake sirup apa, tapi ini jempol banget. Tidak cukup satu gelas deh.. Dan harganya pun cukup 4 ribu rupiah saja per gelasnya.

Ketika berkunjung ke tempat ini saya bersama rombongan, ada Profesor @kalamullahramli, Om @nukman, Bapak @bonipudjianto, Mas @bambangasmoro, Mas @eyiq dan Mbak @diahalief, selain tentunya teman-teman dari kota Mataram itu sendiri. Semuanya puas dan terkesima dengan cita rasa yang disajikan, kecuali pak profesor yang tidak suka pedas :) Jadi buat kamu yang tengah travelling di kota Mataram, tampaknya mencicipi Taliwang Khas Pak Udin harus menjadi destinasi kuliner kamu selama disana. Walaupun kedainya sederhana, cita rasa yang disajikan sama sekali tidak sederhana. Gak percaya? Buktikan sendiri :)

Reading Time:

Sunday, November 11, 2012

Kuliner Bandung - Pempek Rama
November 11, 2012 2 Comments

Wisata Kuliner Indonesia #247
Kuliner Bandung
Pempek RAMA

Jl. Rama No. 28 Bandung
Telp.: 022 6016523


Siapa yang belum pernah mencicipi Pempek? Kuliner asal Palembang dengan bumbu cukanya yang khas ini tidak hanya terkenal di kota asalnya, hampir semua kota di Indonesia ini punya kedai yang menjajakan makananan berbahan dasar ikan ini. Di Bandung, ada salah satu kedai Pempek yang cukup legendaris di mata para pemburu kuliner kota ini: Pempek RAMA. Kapal Selam, tentunya menjadi pilihan utama saya, pempek dengan isi telor ini terkenal kelezatannya. Ditemani dengan bihun dan potongan timun, pempek kapal selam di Pempek Rama ini memang cakep. Tapi kuncinya ada di bumbu cuka atau kuah cukonya, tersedia dua botol kuah yang pedas dan tidak, dan memang bumbu cuka di tempat ini juara. Mungkin inilah yang menjadikan Pempek Rama memiliki banyak pelanggan. Harga Kapal Selam: Rp 12.000

Yang perlu juga untuk dicoba di Pempek Rama adalah Lenggang. Potongan pempek yang dicampur dalam adonan telur dan kemudian digoreng. Jadi rasanya seperti telur dadar tapi dengan potongan pempek didalamnya. Menu ini salah satu yang paling laris di sini. Untuk Lenggang Spesial harganya Rp. 14.000 dan lenggang biasa Rp. 12.000. Bedanya ada di jumlah telurnya.

Buat yang pengen pempek kecil, Pempek Rama juga menyediakan aneka jenis pempek lainnya, seperti pempek lenjer, adaan, pempek tahu, kapal selam kecil, kerupuk dan pempek kulit ikan. Harga pempek tersebut 4ribu rupiah per potongnya. Diguyur dengan kuah cuko yang "free flow" tersaji di meja, aneka pempek kecil ini memang bikin mulut ini tidak berhenti ngunyah

Pempek RAMA bernama demikian karena kedai pempek ini berada di Jl. Rama, kawasan Jl Pajajaran Bandung. Dikutip dari DetikBandung, pempek Rama dibangun oleh pasangan suami istri yang memang merantau dari Palembang ke Bandung di tahun 1988 dan terus bertahan sampai kini. Buka dari jam 10-22, Pempek Rama memang selalu ramai dikunjungi oleh pengunjung, bahkan sejak awal bukanya. Walaupun memang masih kalah dibandingkan dengan Pempek dari kota aslinya Palembang, tapi Pempek Rama paling tidak dapat menjadi pilihan utama untuk bisa mencicipi pempek di Bandung.

Mau tahu tempat makan lainnya di Bandung? Silakan lihat disini -> Wisata Kuliner Bandung

Reading Time:

Saturday, November 10, 2012

Kuliner Tanjung Pinang - Sop Tulang Pak Jenggot
November 10, 20121 Comments

Wisata Kuliner Indonesia #246
Sop Tulang Pak Jenggot
Jl. Tanjung Uban KM 15 Tanjung Pinang


Agak mengernyitkan kening ketika diajak untuk menikmati makan siang Sop Tulang ketika saya transit di kota Tanjung Pinang, sebelum melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Kepulauan Anambas. Gimana gak bingung? Sop Tulang? Cuma sop dengan isi tulang gitu? Terus apa yang dimakan? Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut langsung terjawab ketika semangkuk Sop Tulang akhirnya hadir di meja depan saya. Ternyata tulangnya masih diselimuti daging yang cukup tebal. Ya, sop tulang ini lebih tepat untuk disebut Sop Daging Sapi sebenernya. Dagingnya sangat empuk, dan sangat mudah dilepaskan dari tulangnya, tanda bahwa proses memasaknya tidak sebentar. Belum lagi kuah sop yang panas nan segar, diguyurkan ke nasi hangat, dibubuhi sedikit jeruk nipis dan sambal yang josss, menjadi santap siang yang luar biasa.

Nama kedainya pun unik, Pak Jenggot, mungkin pemiliknya berjenggot yah :) Tidak hanya sop tulang, Pak Jenggot juga menyediakan menu lain, yang tidak saya lirik karena sudah terlalu penasaran dengan yang namanya Sop Tulang. Kalau hadir ketika makan siang tiba, bersiap-siaplah untuk mengantri tempat duduk karena banyaknya pelanggan yang datang, baik warga Tanjung Pinang maupun tamu-tamu yang dijamu oleh tuan rumahnya di kota ini. Berjarak sekitar 15 menit dari Bandar Udara Internasional Raja Haji Fisabilillah, Sop Tulang Pak Jenggot merupakan pilihan makan siang yang mantap bagi anda yang akan baru tiba atau akan berangkat menuju bandara kota Tanjung Pinang tersebut. Jangan lupa untuk berbekal tissue atau sapu tangan untuk mengusap bulir keringat yang akan keluar ketika kita menyantap hidangan ini, sebuah "culinary experience" tersendiri.

Reading Time:

@way2themes