Kuliner Bogor - Mie Kocok Mawar

Berbeda dengan di Bandung, Mie Kocok di Bogor tidak hanya berisikan kikil, tapi juga bisa kita temukan bakso dan suwiran ayam. Dan salah satu penjual legendarisnya adalah Mie Kocok Mawar yang sudah berjualan sejak tahun 1970. Tempatnya selalu ramai dan tidak buka cabang, memang bikin penasaran setiap orang yang melintas di kedai sederhananya.

Mie kocok lebih dikenal sebagai kuliner khas kota Bandung, tapi jangan salah, di Bogor ada penjaja Mie Kocok yang sudah jualan sejak tahun 70an loh, sebut saja Mawar, eh emang bener namanya Mie Kocok Mawar ding. Nama Mawar sendiri diambil nama kawasan Simpang Mawar, tempat kedai Mie Kocok Mawar ini berada. Setiap mampir ke sini, hampir tidak pernah sepi. 4 meja panjang yang disediakan, selalu terisi pelanggan mie kocok ini, bahkan di jam-jam tertentu siap-siap saja untuk menunggu jatah kursi, bergantian dengan pengunjung yang lain. Jadi apa yang bikin Mie Kocok Mawar ini memiliki magnet yang kuat bagi para pelanggannya?



Di sebuah siang, saya menyempatkan diri untuk mengunjungi kedai ini. Satu porsi mie kocok lengkap saya pesan, sebagai menu makan siang. Ada yang beda dari sajian Mie Kocok di Bandung dan di Bogor. Kalo di Bandung, isi mie kocok itu mie kuning, toge, sayur dan kikil. Nah kalo di Bogor penampakannya ya seperti ini. Selain kikil, kita juga bisa menemukan baso dan suwiran daging ayam. Ada saos tomat yang home made juga ditaburkan di atasnya sebagai penyegar. Rasanya? Yahud... Gak salah tidak pernah tergantikan sebagai penyaji mie kocok terbaik di kota Bogor. Tingkat kematangan mienya pas, dengan kuah segar bercita rasa khas. Kikilnya empuk berpadu dengan potongan suwiran ayam yang juga generous. Tapi buat saya sih baksonya yang agak ganggu, kurang menyatu dengan sajian mie kocok ini secara keseluruhan.

Dulu, sebelum menempati kedainya yang sekarang, Mie Kocok ini tidak memiliki nama khusus. Awalnya penjualnya adalah Pak Uci yang mulai berjualan sejak tahun 1970. Awal 90an, tempat jualannya pindah ke salah satu sudut di Jl Mawar, sekaligus menjadi nama kedainya sampai sekarang: Mie Kocok Mawar. Pak Uci sendiri sekarang sudah wafat, dan yang meneruskan usaha mie kocoknya saat ini adalah adiknya. Buka dari jam 1 siang s.d 10 malam (atau sampai habis), satu porsi Mie Kocok di tempat ini dapat ditebus dengan harga Rp 28.000. Dan satu lagi, di spanduk depan kedainya tertulis bahwa Mie Kocok Mawar Bogor ini Tidak Buka Cabang Dimanapun!


Wisata Kuliner Indonesia #420
Kuliner Bogor
Mie Kocok Mawar
Jl. Semboja No.1, Simpang Mawar - Bogor
Telp: +62 857-1997-7332
Koordinat GPS: -6.59036, 106.78567




Comments

Popular Posts