Wednesday, December 30, 2015

Kuliner Jakarta - Es Krim Ragusa


Wisata Kuliner Indonesia #383
Kuliner Jakarta
ES KRIM RAGUSA
Jalan Veteran I, No. 10, Gambir, Jakarta Pusat
Telepon: (021) 3849123


Es Krim, siapa sih yang ga suka dessert yang satu ini? Di setiap sudut kota kita bisa dengan mudah menemukan penjual es krim mulai dari di restoran, supermarket, mini market, halaman sekolah sampai tukang es krim yang berkeliling dengan menggunakan sepeda. Tetapi tidak banyak kita bisa temukan kedai makan yang memang mengkhususkan dirinya berjualan dengan menu es krim, apalagi yang usianya sudah puluhan tahun. Di Semarang dan Malang ada Toko Oen yang legendaris, di Medan kita bisa ke Restaurant Tip Top, ada juga Sumber Hidangan atau Rasa di Bandung, sedangkan di Surabaya ada Zangrandi yang sangat kondang. Bagaimana dengan di Jakarta? Nama Es Krim Ragusa pastinya sudah melekat di para pecinta es krim di ibukota ini. Menempati bangunan vintage di bilangan Jalan Veteran, Es Krim Ragusa menawarkan es krim dengan tujuh rasa utama. Untuk yang regular ada rasa mocca, vanilla, chocolate, strawberry dan nougat. Sedangkan untuk yang premium ada rasa durian dan rum raisin. Ada dua yang jadi favorit saya, yang pertama adalah Es Krim Nougat. Cita rasa kacang yang kuat menyeruak begitu es krim berwarna hijau ini lumer di mulut kita, bukan karena taburan kacang di atasnya, tapi memang es krim nougat ini mengusung rasa kacang yang jarang kita jumpai di sajian es krim lainnya. Sementara rasa favorit saya yang kedua adalah Es Krim Durian, jangan bayangkan rasa durian yang muncul seperti es krim puter duren yang banyak kita temui di kaki lima. Rasa duriannya sangat halus dibalut dengan tekstur es krim yang memang lembut, tidak berlebih tapi juga tidak kehilangan rasa duriannya. Seporsi es krim standard ini kita bisa nikmati dengan harga Rp 15-20 ribu.



Kalau ingin yang lebih komplit, Es Krim Ragusa juga menyediakan menu lain seperti Special Mix, Tutti Frutti, Spaghetti Ice Cream dan sebagainya. Saya baru mencoba yang Special Mix, dalam satu mangkuk kita akan mendapat empat rasa es krim sekaligus: coklat, vanila, straberry dan nougat. Cukup memuaskan untuk harga Rp. 25.000. Buat saya, yang unik dari Es Krim Ragusa ini adalah teksturnya yang lembut sehingga kesan home made nya menjadi kuat. Tapi kelemahannya adalah es krim ini cepat mencair, apalagi jika kita menyantapnya di siang hari, karena kedai ragusa ini tidak memiliki pendingin ruangan dan hanya mengandalkan kipas angin saja.

Oh iya, jika ingin santapan selain es krim, Ragusa "bekerja sama" dengan para pedagang yang mangkal di depan kedainya sehingga kita bisa menyantap aneka makanan yang mereka jajakan di kedai ini. Ada sate ayam, gado-gado, otak-otak, asinan jakarta dan mie juhi. Lumayan lah sebagai main course yang melengkapi sajian dessert es krim nya... (kebalik yah hehehe)

"Ragusa, Es Italia. Es Krim Traditional. Tanpa Bahan Pengawet. Sejak 1932" Jejeran kalimat tersebut terpasang di dinding tengah dari bangunan Belanda yang ditempati kedai ini sejak tahun 1947, setelah sebelumnya es krim ragusa dijajakan di Pasar Gambir (Jakarta Fair) sejak tahun 1932. Itulah info yang saya dapat dari Wikipedia. Entah saat ini sudah dikelola oleh generasi ke berapa, tetapi cita rasa yang dipertahankan memang menjadikan Es Krim Ragusa ini dapat bertahan sampai sekarang dengan pelanggan yang juga sudah berganti generasi.

Tak salah jika Es Krim Ragusa layak menjadi destinasi wisata kuliner yang harus dikunjungi di kota Jakarta ini.

Peta dan Alamat ES KRIM RAGUSA
Jalan Veteran I, No. 10, Gambir, Jakarta Pusat
Koordinat GPS: -6.169795, 106.829840



Kuliner lain di kota ini:



2 comments: