Thursday, April 2, 2015

Kuliner Bogor - Resto Karimata


Wisata Kuliner Indonesia #363
Kuliner Bogor
RM KARIMATA
Depan Pintu Tol Sentul Selatan-2
The Grand Sentul City - Bogor
Telp: 0251-3686976 / 085782887745


Menciptakan menu "signature" alias andalan yang unik dan enak memang gampang gampang susah. Gampang karena kita bisa berkreasi sesuka hati dalam proses penciptaannya, tapi bisa jadi susah jika ternyata hasilnya tidak diterima dengan mulut tangan terbuka oleh para pelanggannya. Nah, di antara tempat makan yang saya nilai berhasil dalam penciptaan menu "signature" adalah RM Karimata. Ya, mungkin lebih dari 90% pengunjung resto ini memburu menu yang sama: Patin Bakar dalam Bambu, sebuah sajian yang unik dari segi penamaan dan penyajian, dengan tetap mengutamakan keunggulan rasa. Ikan Patin dengan tekstur daging yang lunak dan cenderung bau amis, disulap dalam balutan aneka rempah yang berlimpah, dibungkus daun pisang dan dibakar dalam bambu besar. Hmmmm, aroma harum yang khas lansung menyeruak begitu bambu dibuka di hadapan kita. Bumbu yang "royal" membuat aromanya meresap ke dalam daging ikan patin ini, tanpa merusak teksturnya yang tetap lembut. Ada sedikit gigitan pedas yang semakin menguatkan rasa yang telah ada. Satu porsi patin bakar dalam bambu ini harganya Rp. 120ribu, tapi jangan bilang mahal dulu, karena satu porsinya bisa disantap untuk 2-3 orang.


Penasaran untuk coba menu lainnya, Sup Gurame Pedas Kemangi jadi pilihan berikutnya. Dari namanya saja sudah terbayang rasanya, gurame dalam kuah sop yang asam dan pedas dengan timpalan harum daun kemangi. Cita rasa ini mengingatkan saya pada Sop Ikan di RM Taman Taktakan, Serang, yang sama-sama menggunakan kemangi untuk menciptakan aroma yang aduhai dari sajian ini. Harga satu porsinya 90 ribu rupiah dan bisa dinikmati bersama untuk 2-4 orang.

Satu lagi yang dari judul menunya bikin saya penasaran untuk memesan, Udang Bakar Madu. Tampak beberapa potong udang kecil ditusuk menggunakan tusukan sate, sekilas seperti udang bakar biasa. Tapi begitu gigitan pertama masuk ke mulut, ada cita rasa manis dan gurih yang berpadu yang tapaknya dihasilkan oleh madu yang menjadi bumbu dari menu yang satu ini. Walaupun tidak sekaya udang bakar madu dari Gubuk Mang Engking, tapi rasa dari sajian ini tetap boleh dipoedjikeun. Harga satu porsinya Rp. 60ribu.

Ada dua cabang RM Karimata yang bisa kita sambangi, yang satu di Sentul Selatan Bogor dan satu lagi di Samping Mall TAMINI Square, Jl. Raya Taman Mini, Jakarta Timur. Saya baru mencoba yang di Bogor ini, udara sejuk yang dihasilkan angin yang sepoi-sepoi menjadi tambahan nilai buat tempat makan ini. Ya, RM Karimata di Sentul Selatan ini memang menghadap ke lembah, sehingga angin bisa berhembus masuk ke resto ini tanpa penahan. Hati-hati jika datang ke tempat ini pada jam makan siang di hari libur atau akhir pekan, hampir semua meja terisi penuh oleh pelanggan. Dan jangan datang di hari Senin karena resto ini tutup. Buat yang akan berwisata kuliner di kota Bogor, RM Karimata dengan Ikan Patin Bakar dalam Bambu - nya ini layak dicatat sebagai destinasi kuliner Anda.



Kuliner lain di kota ini:



4 comments:

  1. ah dekat rumah.. nyoba ah kapan kapan

    ReplyDelete
  2. Saya undang bapak ke tempat saya , mie ayam sido mampir H ngatimin, di jl pahlawan 132, empang, bogor selatan. Bapak bisa ikuti arah jalan ke jungle waterpark. Lokasi 100 meter dari pertigaan jalan rayaaarah jungle. Kalo ke jungle belok kiri,lokasi kami lurus saja kurleb 100 meter. Saya yakin bapak bakal nemuin mie ayam,soto bening, tongseng yang bisa jadi ga ada ditempat lain. Silahkan mampir dan dicoba ya pak . Makasi ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah tampaknya menarik, mudah-mudahan bisa mampir...

      Delete
  3. tempatnya menarik banget om , pepesnya gak nguatin, klo ke jakarta sempetin mampir gak kalah dehhh xixi mari berkuliner

    ReplyDelete