Thursday, November 20, 2014

Kuliner Depok - Gubug Mang Engking, Cibubur



Wisata Kuliner Indonesia #339
Kuliner Bogor
Gubug Makan "MANG ENGKING"
Taman Edukasi dan Rekreasi "Telaga Arwana Cibubur"
Jl. Jambore Pondok Rangon Harja Mukti, Cimanggis - Depok
Telp.: 021 - 84311877, 97198718


Udang Bakar Madu menjadi favorit di tempat ini, udang pilihan yang dibakar dan dibalut dengan bumbu madu yang manis pedas, membuat siapapun akan menelan ludah jika melihat sajian ini. Ya itulah salah satu signature dari Gubug Makan "Mang Engking", tempat makan yang pusatnya ada di kawasan Yogya dan saat ini membuka cabang di beberapa kota termasuk di Cibubur ini. Satu porsi udang bakar madu ini berisi 4 tusuk sate udang yang cukup untuk 2 orang dengan harga Rp. 86.000,-. Sayang waktu saya ke sana stock udang supernya sedang kosong, jadi saya pesan udang standar saja. Akan tetapi rasa tetap tidak berbeda, semburat rasa manis, asam dan pedas yang berpadu dengan cantik akan memanjakan indera pengecap siapa saja yang merasakan.

Salah satu yang jadi andalan di Mang Engking ini adalah olahan ikan Gurame-nya, dengan pilihan bakar, goreng, saus tiram, saus padang, asam manis dan cobek. Yang ini Ikan Gurame Goreng yang disajikan dengan sambal kecap, harganya Rp 75.000. Keringnya pas banget, dengan bumbu yang terasa sampai ke tulang-tulangnya. Walaupun tidak menjadi speciality-nya, tetapi gurame goreng ini layak direkomendasikan.

Untuk pencuci mulut, cobalah yang khas di Gubug "Mang Engking" ini: Es Cingcau. Bukannya es cincau dimana-mana ada? Campurannya yang buat beda disini. Dalam gelas besar ini akan kita temukan cincau yang ditemani sekoteng dengan "kuah" santan dan gula merah sebagai pemanisnya. Rasanya segar dan eksotik :) Dapat dinikmati dengan harga Rp. 15.000,-

Saya ingat pertama kali menikmati sajian dari Mang Engking ini adalah di tahun 2005, di Yogyakarta. Gubuk-gubuk saung tertata rapih di atas kolam yang dipenuhi oleh ikan gurame dan ikan mas. Yang unik adalah para pramusaji di tempat itu berasal dari tanah Sunda, tempat asal si empunya gubug makan ini. Menikmati Udang di tempat itu, saya langsung jatuh cinta pada suapan pertama. Akan tetapi sayang, karena tempatnya jauh dari pusat kota Jogja, agak sulit memang mengunjungi tempat itu. Tapi sekarang Mang Engking sudah memiliki cabang di banyak kota, salah satunya yang ada di Cibubur ini. Dan kerinduan atas cita rasa yang saya nikmati sembilan tahun lalu itu, terobati sudah pada kunjungan saya di gubug yang berada di area Taman Rekreasi "Telaga Arwana" ini.

Lokasi Gubug Makan "Mang Enking" - Telaga Warna, Cibubur:


Kuliner lain di kota ini:



5 comments:

  1. www.kuta-balis.blogspot.comNovember 20, 2014 at 11:28 PM

    wihh, dari penampilannya sudah menggiurkan, apalagi kalau memcicipinya.. udah ngiler aja nih,

    ReplyDelete
  2. weiihh manteb nih, di Jogja juga ada mang engking hihihi...

    ReplyDelete
  3. mantap maju terus kuliner indonesia !!!! intip intip ref. kuliner lainya http://bit.ly/1qXwAU3

    ReplyDelete
  4. kalau menurut saya ga ada yang terlalu special dengan udang bakar madunya itu loh. harganya agak terlalu mahal, tapi.. yang belum coba ..monggo mampir kesana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harga emang cukup mahal sih, tapi rasa saya suka... Makasih komen nya ya mbak...

      Delete