Sunday, April 26, 2015

Kuliner Bandung - Es Durian Pak Aip


Wisata Kuliner Indonesia #369
Kuliner Bandung
Es Durian Pak Aip
Jl. Tubagus Ismail No. 5 - Bandung
Telp: 022 - 2512626 / 085221403120


Alkisah, di tahun 90an ada sebuah kantin berbentuk foodcourt yang terkenal yang berada di ruas Jl Tubagus Ismail Bandung, namanya Kantin Sakinah. Para mahasiswa yang kampusnya berada  tidak jauh dari jalan tersebut seperti ITB dan UNPAD, pasti mengenal kantin ini. Beberapa penjaja makanan ada di kantin ini seperti mie ayam, es buah, siomay dan lain-lain. Tapi ada dua jajanan yang paling banyak diburu di Kantin Sakinah ini: Mie Ayam dan Es Duren, hingga nama kantin ini pun melekat pada dua jajanan ini: Mie Ayam Sakinah dan Es Duren Sakinah. Orang harus sabar menunggu jika memesan dua jajanan ini karena cukup banyaknya antrian pesanan. Tampaknya hanya di tempat inilah kita bisa menyantap mie ayam sekaligus dengan dessert es duren. Tapi entah sejak kapan, sang penjaja es duren tidak lagi bergabung dengan Kantin Sakinah, dia pindah ke sebuah ruko di ruas jalan Tubagus Ismail Raya, hanya sekitar 50 meter dari tempat asalnya. Es Durian Pak Aip, itulah "branding" baru dari es duren ini, mengambil nama sang empunya.

Beberapa butir duren utuh dengan bijinya di sajikan dengan es serut dan susu kental manis dan gula putih, inilah menu Es Durian Original dari Es Durian Pak Aip. Olahan sederhana inilah yang sejak di kantin Sakinah bisa kita temukan. Mungkin terlihat biasa, tapi keterampilan Pak Aip dalam memilih bahan baku utama, alias duriannya yang membuat Es Durian di tempat ini istimewa. Duriannya legit dan nonjok, bener-bener duren pilihan. Es Durian Pak Aip ini memang berbeda dengan sajian es/sop duren yang terkenal di kota lainnya seperti Es Durian Ganti Nan Lamo dari Padang atau Sop Duren Lodaya di Bogor dimana durian diolah terlebih dahulu menjadi "saus" yang dihidangkan dengan es, sedangkan di sini durian disajikan utuh. Selain Es Durian Original, sekarang kita juga bisa menemukan varian lainnya di tempat ini seperti Originally Soup Durian yang pake santan, Browny Sugar dengan gula merah, Strawberry crush dengan tambahan es krim strawberry, Double chocolate yang ikut menghadirkan es krim cokelat dan susu kental manis cokelat dan masih banyak menu es durian lainnya. Harga satu porsi Es Duren Original adalah Rp. 24.000,-, sedangkan menu lainnya berkisar antara Rp. 24-27ribu.

Berjualan Es Duren sejak 1987, Pak Aip bisa dikatakan sebagai pelopor Es Durian di Bandung. Ya memang pada saat itu mungkin hanya Pak Aip yang menjual jenis kuliner ini. Fakta yang menarik adalah sejak ditinggal Pak Aip, tempatnya di Kantin Sakinah diisi oleh pedagang es durian lainnya. Tapi "kualitas" es durian yang disajikan masih kalah dengan es durian Pak Aip. Sebaliknya, kedai Es Durian Pak Aip juga menyajikan Mie Ayam sebagi ganti "partner"nya di Kantin Sakinah, dan sama, rasa mie ayam di kedai Pak Aip ini masih kalah jika dibandingkan dengan Mie Ayam Sakinah. Karena lebih dikenal dengan Es Durian Sakinah, maka sekarang Es Durian Pak Aip juga memasang "embel-embel" Sakinah di belakangnya, mungkin dengan tujuan agar para pelanggannya tidak tertukar dengan penjaja es duren lainnya. Saat ini Pak Aip sudah membuka banyak cabang kedai es durennya di beberapa titik di kota Bandung seperti di Jl Merdeka, Plaza IBCC (Jl Ahmad Yani), Jl Setiabudi, Kebonjati dan sebagainya. Bahkan sudah dapat ditemukan di Jakarta yaitu di Mal Taman Anggrek dan Mal Kelapa Gading. Jadi buat kamu penggemar durian, bookmark halaman ini agar tahu kemana harus pergi jika harus berburu kuliner duren di Bandung :)

Peta Alamat Es Durian Pak Aip:



Kuliner lain di kota ini:



4 comments:

  1. Dimakan saja enak apalagi dibuat es durian, tambah menggoda selera.

    ReplyDelete
  2. wohhoo ngiler .. mie ayam nya habis itu di tambah es durian ..meledakkk tuh di mulut :D

    ReplyDelete
  3. ngebayangin aja rasanya aneh bgt wkkwkw

    ReplyDelete
  4. Dlu gw pelanggan setia nya ,jauh" dri jakarta cuma mau nyoba es duren nya,tp sekarang ogah gw beli lg es durennya udh pelayan judes,duren nya dikit banget,cuma bijinya doang lg...

    ReplyDelete