Wednesday, September 17, 2014

Kuliner Bandung - Bubur Ayam Pak Zaenal


Wisata Kuliner Indonesia #332
Kuliner Bandung
Bubur Ayam Pak Zaenal
Jl. Ir H Juanda (Dago) 244, Bandung


Ada yang beda dengan bubur ayam yang satu ini, selain lebih kental, ada rasa gurih yang menyeruak ketika kita menyuapnya. Ya itulah keunikan rasa yang ditawarkan oleh salah satu penjual bubur yang cukup melegenda di kota Bandung, Bubur Ayam Pak Zaenal. Usut punya usut, ternyata rasa gurih yang muncul dari bubur ayam yang satu ini dihasilkan oleh santan yang digunakan dalam "adonan" bubur ini. Jadi walaupun dimakan polos, bubur ayam Pak Zaenal ini tetap memberikan rasa nikmat. Tapi cobalah pesan menu spesial, maka taburan topping yang melimpah akan menutupi seluruh permukaan mangkuk. Suwiran ayam, potongan ati dan ampela, irisan cakue dan juga potongan telur rebus akan menyempurnakan sajian bubur ayam ini. Belum lagi kerupuk yang disajikan di mangkuk terpisah. Oh iya, yang beda dengan bubur ayam lainnya, di bubur ayam Pak Zaenal ini, di atas meja tersaji kecap ikan, selain kecap manis, bubuk merica dan sambal. Dimana lagi kamu bisa temukan kecap ikan sebagai pelengkap rasa bubur ayam?

Walau cukup kondang, Kedai Bubur Ayam Pak Zaenal tidaklah besar. Bahkan mungkin agak sulit dicari bagi yang tidak tahu lokasi percisnya. Terletak di kawasan Simpang Dago, jika kita berjalan dari arah atas (utara), maka kedai ini akan ada di sebelah kiri jalan, tidak jauh sebelum simpang pertigaan Jl. Tubagus Ismail. Spanduk "Bubur Ayam Pak Zaenal" menjadi penandanya. Harga yang ditawarkan di kedai ini memang relatif cukup mahal jika dibandingkan dengan penjaja bubur ayam lainnya. Yang paling murah adalah bubur ayam biasa porsi kecil (tanpa ati ampela dan telur) harganya Rp. 15.000,- dan yang paling mahal adalah Bubur Ayam Special Porsi Besar seharga Rp. 25.000,-. Bubur Ayam Pak Zaenal buka dari pagi sampai malam hari, dan kini sudah dikelola oleh generasi keduanya. Jadi, kalo berwisata kuliner ke Bandung, bolehlah jadikan tempat ini sebagai salah satu tujuan pilihanmu.

Lokasi Bubur Ayam Pak Zaenal:


Kuliner lain di kota ini:



7 comments:

  1. bubur emang maknyus kalo buat santap pagi! I've tried this one. hehe , aku juga punya info wisata nih di web, monggo di cek yaa
    http://indonesia.gunadarma.ac.id/

    ReplyDelete
  2. Enak banget pastinya tuh bubur ayam sampai direkomen di blog ini:)
    Sama seperti bubur ayam Tanjung ya harganya.
    Nanti kalau ke Bandung mau mampir ah.

    ReplyDelete
  3. Eh dimana tuh Bubur Ayam Tanjung bu? belum pernah euy...

    ReplyDelete
  4. Mantap banget itu gan apalagi kalo buat sarapan
    kalo di jatim biasanya pecel atau soto...
    Ajibbbb

    ReplyDelete
  5. ini dia legenda bubur ayam di bandung,
    rasanya poll, klo ke bandung musti mampir kesini sebelum kemana2
    sambelnya...hmmm maknyusss
    thanks for sharing bro :)

    ReplyDelete
  6. setiap ke bandung sm keluarga
    gak pernah ketinggalan ke warung bubur sederhana tapi rasa jempolan ini :)
    hmm...maknyusss sambel kacangnya! :)

    ReplyDelete