June 2013 - Wisata Kuliner Indonesia

Monday, June 10, 2013

Kuliner Madura - Nasi Bebek Sinjay
June 10, 2013 34 Comments

Wisata Kuliner Indonesia #284
Kuliner Madura
NASI BEBEK SINJAY

Jl. Raya Ketengan No. 45 Bangkalan
Telp.: 031-72665949
Madura


Bebek Sinjay Madura! Ikon kuliner yang satu ini sering sekali disebut oleh banyak orang ketika berbicara tentang kuliner di Madura. Bikin penasaran banget... Akhirnya bulan Mei 2013 datanglah kesempatan untuk dapat mengunjungi tempat ini. Sebenarnya apa sih istimewanya bebek yang satu ini? Ternyata memang beda, satu piring nasi hangat yang pulen dengan potongan daging bebek goreng disajikan dengan, ini yang unik, sambel mangga yang asem-asem pedes gimana gitu. Dan ya memang beda, bebek gorengnya dengan sangat terpaksa saya nobatkan sebagai "terbaik" dari beberapa tempat bebek goreng yang pernah saya kunjungi. Tekstur daging bebek yang sering disebut alot dan amis, tidak nampak sedikitpun disini. Dagingnya begitu lembut dengan bumbu yang meresap ke setiap serat dagingnya, aroma gurihnya pas dan gak main-main. Paduan kualitas yang sangat terjaga sejak sumber daging sampai proses pemasakannya. Yang bikin nambah nampol adalah sajian nasi yang pulen dan hangat plus sambal mangga yang bikin keringetan. Dengan penyajian yang sederhana ini, cita rasa yang disajikan oleh Nasi Bebek Sinjay bener-bener tidak sederhana!

Kalo mau nambah pelengkap boleh loh pesan Rempelo - Ati, atau mereka sering menyebutnya dengan kode RA. Ini juga bikin bengong, bumbu goreng yang biasanya tidak begitu dominan rasanya ketika menyantap jeroan bebek atau ayam ini, disini berbeda. Kayaknya "ngungkep"nya cukup lama, sehingga aroma gurih sangat kentara ketika kita menyantap rempelo dan ati ini. Dan satu lagi, biasanya rempelo kan alot yah, tapi disini juga begitu empuk dan "mudah dicerna". Mempesona...

Yang unik dari Kedai Nasi Bebek Sinjay ini adalah pola pemesanannya. Sebelum makan, kita harus antri dulu di kasir untuk memesan dan langsung membayar pesanan kita. Jadi yang pertama kali dateng suka bingung, karena tidak akan ada pelayan yang menanyakan pesanan kita. Satu porsi Nasi Bebek Sinjay berisi satu porsi nasi, bebek goreng, lalap dan sambel mangga, serta satu botoh Teh Botol Sosro yang sudah dibundling bersama paket ini seharga total Rp. 22.500,-. Kalo mau minum lainnya boleh menikmati kesegaran Kelapa Muda yang dijajakan di samping kedai, dengan pengelolaan terpisah dari Nasi Bebek ini. Bagi-bagi rezeki tampaknya :) Oh ya, jika mau menikmati Bebek Sinjay ini disarankan kita datang sebelum atau tepat pada jam makan siang. Lewat jam 1 siang, sulit untuk dijamin Anda masih mendapatkan kesempatan untuk menikmatinya, karena biasanya sudah habis! Tak heran antrian panjang selalu tampak di depan kasir, baik pada hari kerja maupun weekend. Satu lagi, tertulis dengan jelas di plangnya, "Tidak Membuka Cabang dan Tidak Melayani Pengiriman/Delivery". Jadi walau tampaknya banyak tempat yang mencatut namanya dengan memberi nama mirip bahkan serupa dengan tempat ini, tapi satu yang bisa tak bisa dicatut, kelezatan khas dari Nasi Bebek Sinjay Madura!

Reading Time:

Saturday, June 1, 2013

Kuliner Medan - Bika Ambon Zulaikha
June 01, 2013 7 Comments

Wisata Kuliner Indonesia #283
Kuliner Medan
BIKA AMBON ZULAIKHA

Jl. Mojopahit No. 62 (061 - 4528181)
Jl. Mojopahit No. 96 DEF (061 - 4552881)
Medan


Apa oleh-oleh khas Kota Medan? Ya, sebagian besar pasti akan menjawab Bika Ambon. Sejak zaman SMA saya sering menikmati bika ambon dari Medan yang memang memiliki cita rasa kelezatan yang berbeda dengan bika ambon produksi dari kota lain :) Puluhan (mungkin ratusan?) penjaja Bika Ambon kini hadir di Kota Medan, salah satunya yang cukup besar adalah Bika Ambon Zulaikha. Walaupun bukan pelopor Bika Ambon di Kota Medan, akan tetapi saat ini Bika Ambon Zulaikha menjadi yang banyak diburu. Salah satu faktornya tampaknya adalah hadirnya Sertifikat Halal dari MUI di tiap kemasan bika ambon ini, ya bagi negeri dengan penduduk Muslim mayoritas, faktor tersebut menjadi salah satu faktor kunci kesuksesan sebuah usaha kuliner. Saya mencoba membeli tiga varian dari tempat ini: Original, Pandan dan Keju. Yang original tentunya menghadirkan kelezatan khas dari kudapan yang sudah melegenda ini, legit dan lembut dengan serat yang khas. Yang pandan memberikan sentuhan wangi pandan yang memberikan "rangsangan" tersendiri untuk segera menyantapnya, sedangkan yang keju pasti sudah terbayangkan rasanya, manis dari kue bika ambon ini ternyata berpadu cantik dengan aroma keju yang menggugah selera, menambahkan kekayaan dalam cita rasa Bika Ambon dari Medan ini.

Membuka toko di Jl Mojopahit, dimana sudah banyak penjaja Bika Ambon di ruas jalan ini, malah menjadikan Bika Ambon Zulaikha cepat terkenal dan menjadi magnit baru, mengalahkan puluhan toko lainnya yang menjajakan kuliner serupa. Bika Ambon Zulaikha didirikan oleh Hj. Mairani (seperti yang tercantum di kotaknya) dan diberi nama sesuai nama putrinya, Zulaikha. Dikutip dari Intisari-Online: air nira menjadi kunci kelezatannya. Yang digunakan murni air nira dan kini sudah ada sertifikat halal dari MUI. Air niralah yang berperan membuat serat yang sempurna pada bika ambon. Air nira ini difermentasi hingga 10 jam, barulah proses pembuatan bika ambon berjalan sempurna.

Nah, inilah aneka varian dan daftar harga dari Bika Ambon Zulaikha. Yang ukuran standar mulai harga Rp. 43-50rb, sedangkan yang kecil (setengah ukurannya) mulai dari Rp.23-28rb. Alamat Bika Ambon Zulaikha ada di Jl Mojopahit yaitu no. 62 dan 96, untuk mendapatkannya hanya tersedia di dua tempat tersebut. Kita tidak akan mendapatkannya di tempat lain termasuk di Bandara Polonia. Bahkan di kotaknya tertulis aturan: "Dilarang keras memperjual-belikan kembali produk ini!". Tujuannya mungkin sederhana, membuat produk ini tetap ekslusif sebagai kuliner khas Medan :)

Mau tahu tempat makan lainnya di Kota Medan? Silakan lihat disini: Wisata Kuliner Medan
Reading Time:

@way2themes