Tuesday, May 28, 2013

Kuliner Medan - Lontong Medan Kak Lin


Wisata Kuliner Indonesia #281
Kuliner Medan
LONTONG MEDAN KAK LIN

Jl. Cik Ditiro No 8 F-G-H, Kp. Keling
Medan


Dapet kesempatan lagi ke Medan! Langsung saya jadwalkan untuk berburu sarapan yang juga banyak direkomendasikan untuk dicoba, sarapan Lontong Medan Kak Lin, meskipun harus mengorbankan jatah breakfast di hotel :) Lontong Pecal menjadi pilihan saya untuk sarapan kali ini. Mirip seperti pecel atau gado-gado, yang membedakan adalah olahan bumbu kacangnya, lebih cair, seperti kuah, tapi rasanya tidak "encer". Aroma manis bercampur sedikit rasa pedas memberikan cita rasa berbeda yang khas, diguyurkan di atas rebusan touge, kangkung dan aneka sayuran lainnya. Nah, yang jadi "jagoan" dari Lontong Kak Lin ini juga adalah lontongnya, empuk dan lembut, kalo nasi sih pulen bener.... Ditemani sebutir telur rebus bumbu balado, satu porsi Lontong Pecal ini bisa ditebus dengan harga Rp. 15.000,-. Bener-bener layak direkomendasikan untuk sarapan di Medan selain Soto Medan Sinar Pagi atau Soto Udang Kesawan.

Katanya nih katanya, jangan melewatkan untuk mencicipi sate kerang yang ada di kedai makan ini. Disajikan sebagai pelengkap dengan aneka kudapan lainnya, sate kerang ini juga punya rasa yang berbeda. Sedikit pedas - sedikit manis - bumbunya benar-benar penuh menyelimuti daging kerang yang berukuran cukup besar ini. Satu tusuk sate kerang harganya Rp. 4000,-

Tidak sulit menemukan Lontong Kak Lin ini, kedainya cukup besar di ruas jl Cik Ditiro, tepat di seberang SMAN 1 Medan. Naek bentor (becak motor) dari Hotel Aston City Hall, tempat saya menginap yang berlokasi di seberang Lapangan Merdeka, saya harus merogoh kocek 15ribu rupiah. Bolak-balik jadinya Rp. 30.000. Dan sang pengendara bentor ini bersedia menunggu loh, walau saya tawarkan untuk sarapan bersama dia menolak dengan halus dengan alasan baru saja sarapan. Kedai Lontong Medan Kak Lin buka sejak pukul setengah tujuh pagi, jam dimana di Medan matahari masih malu-malu menampakkan sinarnya. Saya masih penasaran dengan menu lainnya di Lontong Kak Lin ini, yaitu Lontong Sayur. Mudah-mudahan ada kesempatan berkunjung ke kedai ini di lain waktu.

Mau tahu tempat makan lainnya di Kota Medan? Silakan lihat disini: Wisata Kuliner Medan

Kuliner lain di kota ini:



No comments:

Post a Comment