Monday, December 19, 2011

Kuliner Medan - Soto Kesawan


Wisata Kuliner Indonesia #183
Soto Udang Kesawan
Jl. Ahmad Yani 116 - Medan


Medan sudah terkenal sebagai salah satu kota di Indonesia yang menyimpan kekayaan kuliner yang berlimpah. Soto Medan salah satunya, menjadi destinasi kuliner yang saya buru begitu menginjakkan kaki di kota Medan. Rekomendasi mengarahkan saya ke salah satu gerai soto Medan yang legendaris, Soto Kesawan. Ternyata keunikan dari Soto Kesawan ini adalah Soto Udang nya. Udang segar dalam kuah soto dari santan dengan aroma rempah-rempah yang ciamik, khas soto medan, memang juara. Daging udang yang tebal dengan semburat manis menandakan bahwa udang yang tersaji dalam soto kesawan ini memang udang yang segar. Soto yang berisi udang full ini harganya Rp. 22.000. Sebanding dengan kenikmatan yang diberikan.


Kalo gak suka seafood seperti udang, jangan khawatir, di sini juga disediakan "isi" soto yang lain seperti daging, jeroan dan ayam. Saya coba memesan soto daging dan jeroan juga. Bisa disajikan terpisah dengan kuahnya. Tersajilah potongan babat, usus, paru dan daging dalam piring kecil yang ditaburi bawang goreng dengan satu mangkok kuah soto dan sambal yang khas. Ini juga top banget, daging dan jeroan sapi yang sudah digoreng ini ternyata teman kuah soto medan yang pas. Menu sajian yang kedua ini juga segera saya sikat tak bersisa. Satu porsi lengkap soto daging dan jeroan ini bisa kita nikmati dengan harga Rp. 25.000,-


Pelayanan yang ramah dan cepat juga membuat saya terkesan ketika menikmati sarapan di tempat ini, begitu memesan hidangan kita langsung diolah dan disajikan dalam jangka waktu yang cukup singkat. Mencari tempat ini juga tidak begitu sulit, berada di seberang Tjong A Fie, suatu bangunan heritage peranakan Tionghoa yang menjadi salah satu bangunan bersejarah di kota ini. Saya sendiri, dengan berbekal Google Maps, dapat langsung mencapai salah satu kuliner Medan ini dengan hanya naek angkot dari hotel tempat saya menginap.

Bulan November 2011 ini memang kali pertama saya menginjakkan kaki di kota Medan dan hasil browsing dan googling, saya berhasil menemukan beberapa tempat kuliner di Medan yang bisa saya kunjungi dalam waktu kunjungan yang cukup singkat ini. Terima kasih kepada Makanmana.net dan indrahalim.com yang mendokumentasikan kuliner di kota Medan ini sehingga saya dengan mudah menjelahnya.

Kuliner lain di kota ini:



1 comment:

  1. Terima kasih juga mr.banyumurti yang telah datang di medan.. :) lain kali biar saya nemenin ^_^ .. indrahalim.com

    ReplyDelete