Sunday, February 24, 2013

Kuliner Garut - Baso M. Imu


Wisata Kuliner Indonesia #264
Baso M. Imu
Jl. Ciledug No 67 Garut


Lagi-lagi baso, bisa dikatakan setiap daerah punya penjaja bakso yang menjadi favorit. Tak terkecuali di Garut. Salah satu bakso favorit yang direkomendasikan di kota ini adalah Baso M. Imu. Apa sih yang jadi keistimewaannya? Ada tiga jenis bakso yang spesial disini: Bakso Urat, Bakso Jando dan Bakso Merecon. Kalo bakso urat sih udah banyak yang tau, nah kalo bakso jando itu apa yah? Perlu digaris bawahi bahwa jando itu tidak sama dengan janda :) Jando disini adalah tulang rawan sapi, jadi di dalam bakso jando ini terselip tulang rawan sapi yang ketika digigit menciptakan sensasi tersendiri karena sifat tulang rawan yang liat. Ada lagi bakso merecon, yang ini tentunya tidak disisipkan mercon didalamnya, tapi memang ada "mercon" berbentuk cabe rawit alias cengek yang dipotong-potong kecil dan disatukan dalam adonan basonya. Hasilnya "ledakan-ledakan" muncul dalam mulut ketika kita mengunyah baso merecon ini, pedesnya gak ketulungan. Saya ampe keringetan dan nangis. Buat yang gak tahan pedas, hindari deh memesan baso mercon ini, tapi buat pecinta pedas jelas harus coba...

Buat seger-segerannya saya coba memesan Es Buah - nya. Bayangan saya, karena banyak buah yang tersaji di display, Es Buah di Baso Imu ini serupa dengan Sop Buah Pak Ewok yang ada di Bandung. Ternyata beda, Es Buah ini lebih mirip dengan Es Teler. Potongan aneka buah seperti strawberry, melon, nangka, jambu batu, alpukat dan lain-lain dipadukan dengan potongan agar-agar dan ketan hitam di dalam kuah susu plus es batu yang bikin adem. Pas nih buat melawan udara panas kota Garut di siang hari.

Saya dibawa ke Baso M. Imu yang berada di Jl. Ciledug, tepat di ujung pertigaan Jl. Papandayan. Tempatnya kecil, hanya bisa menampung pengunjung dibawah 20 orang, tapi memang pas saya datang kesana, tempat ini penuh dengan para penggemarnya. Memang baso ini enak sih, apalagi baso Jando yang belum saya temukan di daerah lain. Silakan dicoba..

Kuliner lain di kota ini:



5 comments:

  1. Makanan sekarang serba pakai bahasa merecon untuk menggambarkan pedas yang aman sangat meledak di Tasikmalaya juga ada bebek merecon tapi saya belum mencobanya ..
    jadi penasaran tuh sama bakso merecon di atas pedas nya gimana ya ?

    ReplyDelete
  2. wadu enak tuh basonya.,.. jadi laper hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Just info..
      Mie Baso M.IMU buka cabang baru di Jl. Bratayudha 45a tempat lebih nyaman
      dengan menu pendamping lebih Variatif : Es Teler M. IMU, White coffe Jus Anti deg-deg an, Jus Malarindu, dll

      Delete
  3. Eh. Mas.. (Banyumurti), itu lho ciri dari Mie Baso M. Imu adalah kecapnya yang khas kayaknya bikin sendiri.

    ReplyDelete