August 2012 - Wisata Kuliner Indonesia

Thursday, August 30, 2012

Kuliner Pekalongan - Es Santan Shaleh
August 30, 2012 8 Comments

Wisata Kuliner Indonesia #242
Es Santan Shaleh
Jl Jetayu, Pekalongan


Sederhana, hanya potongan roti tawar jadul, cingcau hitam dan agar-agar yang berada di dalam santan encer yang diberi susu dan gula serta tentu saja es batu. Tapi dibalik kesederhanaan itu tersimpan kesegaran yang melegakan. Ya, itulah sajian Es Santan Saleh, salah satu kuliner dari kota Batik, Pekalongan. Panasnya udara pekalongan langsung tereduksi dengan segelas Es Santan yang saya nikmati sembari menikmati makan siang. Harganya pun sangat merakyat, cukup 2500 rupiah saja untuk satu gelasnya.

Es Santan Pak Saleh ini bisa kita temui di sebuah kedai sederhana di Jl Jetayu, tidak jauh dari GOR Pekalongan. Dari alun-alun atau Museum Batik kita cukup berjalan kaki tidak sampai 5 menit ke tempat ini, berjajar dengan warung-warung makan yang dipenuhi para pelanggannya di saat waktu makan siang tiba. Pokoke suegere polll....
Reading Time:

Sunday, August 26, 2012

Kuliner Surabaya - Lontong Balap Garuda Pak Gendut
August 26, 2012 4 Comments

Wisata Kuliner #241
Lontong Balap Garuda PAK GENDUT
Jl. Kranggan (Ex. Bioskop Garuda
)

Salah satu kuliner yang menjadi signature dari Kota Surabaya adalah Lontong Balap. Dan salah satu penjajanya yang melegenda di kota ini adalah Lontong Balap Pak Gendut. Potongan lontong, tahu goreng dan lentho yang sudah tersaji di atas piring, diguyur dengan kuah dengan tauge berlimpah. Kuahnya sendiri seperti kuah sup yang memiliki aroma garlic yang kuat. Jangan lupa taburan bawang goreng dan sentuhan sambal petis diperlukan untuk menyempurnakan hidangan yang konon merupakan langganan para artis asal Surabaya seperti Ahmad Dani dan Ari Lasso. Mungkin ada yang asing dengan lentho yang menjadi salah satu ciri khas dari lontong balap ini.

Mirip dengan perkedel, lentho terbuat dari kacang tolo yang ditumbuk dan disatukan dengan adonan dari parutan singkong dan bumbu-bumbu lainnya, kemudian digoreng. Tapi ada yang berbeda dengan lentho di Lontong Balap Pak Gendut ini. Dikutip dari Surya Online, lentho disini tidak ada campurannya, murni berbahan kacang tolo dan dibumbui. Menurut Syaiful Arifin, anak ketiga Pak Gendut sebaiknya lentho dibuat tanpa campuran tepung terigu atau singkong. Jadi, hanya memakai bahan kacang tolo yang diblender kemudian dicampur dengan kacang tolo yang masih utuh. Hasilnya lentho bertahan kriuk-nya meskipun sudah dicampur dengan kuah lontong balap.

"Kawan sejati" dari Lontong Balap Garuda ini adalah Sate Kerang. Sate Kerang yang mungil dan lembut disajikan dengan bumbu kecap dan sambal petis serta taburan bawang goreng. Dengan cepatnya tusuk-tusuk sate yang tadinya dipenuhi kerang menjadi polos karena isinya berpindah ke mulut :) Jangan lupa juga untuk memesan Es Kelapa Muda di kedai sebelah untu menuntaskan makan malam yang dahsyat ini.

Lontong Balap Pak Gendut buka dari jam 3 sore sampai jam 10 malam. Menempati bekas bioskop Garuda sehingga dikenal juga dengan sebutan Lontong Balap Garuda. Dan saat ini banyak sudah penjaja Lontong Balap yang ikut berjualan di kawasan ini, tetapi magnet memang terasa lebih kuat di Lontong Balap Pak Gendut yang sudah berjualan sejak 1956 dan sekarang dijalankan oleh generasi keduanya. Dengan harga satu porsi Rp. 7.000 dan sate kerang 700 rupiah per tusuknya, tampaknya Kuliner Surabaya yang satu ini tidak boleh terlewatkan jika Anda mengunjungi Kota Pahlawan.
Reading Time:
Kuliner Surabaya - Kepiting Cak Gundul
August 26, 2012 3 Comments

Wisata Kuliner Indonesia #240
Kepiting Cak Gundul 1992
Jl. Raya Kupang (Surabaya Barat)
Telp.: 031 - 7327554


Sebagai penggemar kepiting, sangat beruntung ketika berkunjung ke Surabaya saya sempat diantar untuk mencicipi Kepiting Cak Gundul di kawasan Surabaya Barat. Kenapa saya merasa beruntung? Karena indera pengecap saya begitu dimanjakan dengan aneka pilihan bumbu yang digunakan untuk mengolah binatang yang memiliki capit ini. Yang begitu mengejutkan saya adalah rasa yang diberikan oleh Kepiting Bumbu Kare. Wujudnya tidak begitu cantik, sehingga ekspektasi saya akan rasanya tidak terlalu tinggi. Tapi begitu lidah mengecap kuah kari yang menempel di daging dan cangkang kepitingnya, beuhhh, langsung gak bisa berenti. Kuahnya seger bangeett, dengan santan yang tidak terlalu kental, dan bumbu kari yang gurih dengan sedikit semburat rasa manis dan sedikit pedas yang menggigit. Juara banget dah... Walau kepitingnya sudah habis, kayaknya sayang deh buat ngebuang kuah yang tersisa.

Kepiting Asam Manis memang standar, tapi Kepiting Asam Manisnya Cak Gundul ini menaikkan batas standar itu. Saus asam manis yang disajikan emang enak bangedz, tak henti menuangkannya ke nasi sebagai bumbu, maupun menghisapnya dari celah-celah kaki kepiting ini. Sluruuuppp...

Buat "cemilan", Kerang Rebus  juga layak untuk dipesan. Harganya Rp. 13.000 per porsi dengan porsi yang cukup besar. Ditemani sambal khas sea food yang segar, makan kerang ini malah jadi kenyang sendiri :)

Kepiting Cak Gundul ini berpusat di Pandaan-Pasuruan (KM 48 Surabaya-malang) tapi saya menikmatinya di salah satu sudut kota Surabaya, tepatnya di Jl Raya Kupang, Surabaya Barat. Tadinya saya mau ke RM Ibu Rudi yang terkenal dengan sambalnya yang pedas itu, yang berlokasi di satu ruas jalan dengan Cak Gundul ini, tapi karena tutup malah mampir ke sini dan tampaknya bakal ketagihan nih. Selain di Surabaya, Kepiting Cak Gundul ini juga telah membuka cabang di Jakarta (Kelapa Gading), Semarang (Jl Sudirman) dan Yogyakarta (Sleman).

Oh iya, mengenai harga, ini tergantung dari ukuran dan jenis kepiting yang kita pilih, bukan dari bumbu yang digunakan. Harganya mulai Rp. 14.000 - 18.500 per onsnya. Satu kepiting berkisar sekitar 2ons sampe 1 kg. Saran saya pilih yang tidak terlalu besar, sehingga tidak terlalu mahal, tapi dengan pilihan bumbu yang berbeda. Soalnya sampe sekarang saya masih ngiler dan terbayang-bayang sama kepiting bumbu mentega di meja sebelah yang juga berbumbu lada hitam sehingga tampak menggoda selera :(
Reading Time:

Friday, August 17, 2012

Kuliner Bogor - Bebek DUBES
August 17, 2012 4 Comments

Wisata Kuliner Indonesia #239
Bebek DUBES
Jl. Siliwangi No. 6 Bogor
Telp.: 0251 9400026


Cari menu bebek di Bogor? Saya rekomendasikan satu tempat ini: Bebek DUBES. Kenapa? Buat saya, cita rasa yang diberikan di tempat ini berbeda dengan tempat makan bebek lainnya yang pernah saya kunjungi. Sebut saja menu yang satu ini: Bebek Panggang Madu. Buat pecinta rasa manis seperti saya, bebek panggang madu di tempat ini juara, rasa manis merata dari kulit meresap sampai ke dalam dagingnya. Daging bebek yang terkenal alot dan aromanya yang anyir pun terbantahkan begitu mencicipi menu ini, tekstur daging yang lembut sangat terasa ketika kita dengan mudahnya "merobek" daging bebek ini. Juara! Harga: Rp. 18.000,-

Bebek Goreng-nya juga patoet dipoedjiken... Renyahnya bagian luar bebek goreng ini tidak menjadikan bagian dalamnya keras, tetep lembut dengna aroma gurih yang menemani di setiap gigitan. Apalagi ditemani dengan Sambal Dadak yang extra pedas sebagai pendamping setiap menu yang ditawarkan di tempat ini. Dijamin seuhaaahhh... Harga: Rp. 17.000,-

Ada anggota keluarga/teman yang gak suka dengan bebek? Berarti sama dengan istri saya :) Tapi gak masalah karena Bebek Dubes menyajikan juga aneka menu dari ayam dan ayamnya ayam kampung asli loh. Istri saya sangat suka dan ketagihan dengan menu yang ini: Ayam Selimut Ijo. Ayam kampung yang digoreng dengan tingkat kerenyahan yang pas kemudian dipadu dengan bumbu berwarna hijau yang merupakah perpaduan cabe hijau, tomat hijau dan aneka rempah yang menghasilkan aroma harum yang menggiurkan. Rasa gurih, asin dan pedas berpadu dengan mulus, walau buat para pecinta pedas mungkin agak kecewa karena rasanya tidak sepedas penampilannya. Tapi jangan khawatir, sambal dadak tetap disajikan bersama menu ini buat menambah tingkat kepedasan sesuai dengan yang diinginkan. Harga: Rp. 17.000,-

Masih ada aneka menu lainnya yang belum sempat saya cicipi di Bebek Dubes, tapi kunjungan pertama ke outlet yang tidak jauh dari Jl. Suryakencana, ruas jalan yang menajdi salah satu pusat kuliner bogor, membuat saya ketagihan dan ingin segera balik kesana. Coba sendiri deh kalo gak percaya...

Mau tahu tempat makan lainnya di Bogor? Silakan lihat disini -> Wisata Kuliner Bogor

Reading Time:

Saturday, August 11, 2012

Kuliner Bogor - Liong Bulan, Kopi Khas Bogor
August 11, 2012 9 Comments

Wisata Kuliner Indonesia #238
Kopi Liong Bulan - Bogor


"... Coffee doesn’t need a menu, it needs a cup - Denis Leary"
Saya nyengir sendiri baca quote di atas, ya sekarang kopi sudah bertransformasi menjadi banyak varian minuman. Sebut saja mochaccino, frappaccino, cappuccino, dan aneka menu turunan kopi lainnya yang ditawarkan oleh kedai-kedai kopi mewah di berbagai penjuru kota besar. Tapi buat saya kenikmatan ngopi itu ya kalau minum kopi hitam tanpa aroma tambahan lainnya. Dan Indonesia merupakan surga akan aneka varian kopi unggul. Sebut saja Kopi Lampung, Kopi Toraja, Kopi Medan, Kopi Aceh, Kopi Flores dan sebagainya, setiap daerah punya produk kopi khas yang menjadi unggulan mereka.Bagaimana dengan kota tempat saya tinggal, apakah ada kopi khas Bogor?

Tak terkecuali di Kota Bogor, ada Kopi Khas yang cukup melegenda dan punya banyak pelanggan setia di kota ini, namanya Kopi Liong Bulan. Saya mengenalnya pertama kali ketika masih "memburu" istri saya tercinta di Kota Bogor sekitar tahun 2005. Oleh calon ibu mertua saya pada saat itu saya ditawari untuk menikmati kopi Liong Bulan ini, disitulah perkenalan pertama saya dengan salah satu, menurut saya, produk lokal dengan kualitas interlokal :) Walaupun saya bukan peminum kopi fanatik, tapi Kopi Liong Bulan ini memang memberikan aroma yang pas, rasa asam yang biasa kita temui kalo menyeduh kopi instant, tidak terasa ketika kita mengguyur bubuk kopi Liong Bulan ini dengan air mendidih. Sluruuuppp...

Kopi Liong Bulan, merupakan kopi khas Bogor, sehingga dengan mudah ditemui di banyak warung di Kota Bogor dengan harga yang juga sangat terjangkau. Di warung depan rumah saya, untuk kemasan 80 gram cukup ditebus dengan harga 4ribu rupiah, sedangkan untuk kemasan 200gr harganya 9ribu rupiah. Ada juga kemasan sachet satu kali minum seharga 800perak sudah termasuk gula. Dan walau kalah tenar dibanding Kopi Ulee Kareng-Solong Aceh ataupun Kopi Aroma Bandung, tapi buat para pelanggan setianya, Kopi Liong Bulan tidak tergantikan. Dan memang kalau mau ngopi yang bener ya mari kita minum "kopi rasa kopi", bukan rasa yang lain :)
Seperti ujar Denis Leary juga: "What happened with coffee? ... They have every other flavor but coffee-flavored coffee."
Selamat menyeruput Kopi Khas Bogor: Kopi Liong Bulan...

Catatan: Quotes Denis Leary diatas diambil dari: dailyshotofcoffee.com

Mau tahu tempat makan lainnya di Bogor? Silakan lihat disini -> Wisata Kuliner Bogor

Reading Time:
Kuliner Bogor - Sate Sumsum dan Ginjal Pak Oo
August 11, 2012 4 Comments

Wisata Kuliner Indonesia #237
Sate Sapi Pak Oo
Jl. Surya Kencana No 193 - Bogor
Telp. 0251 4822078


Sate dari daging seperti kambing, sate sapi atau sate ayam mungkin sudah biasa, tapi kalo sate dari sumsum? Pasti lebih dari biasa. Itulah yang ditawarkan Sate Sapi Pak Oo yang menjajakan sate dari sapi, tidak cuma dagingnya tapi juga sumsum, ati dan ginjalnya. Yang paling favorit adalah Sate Sumsum, sumsum yang kenyal dipotong kecil-kecil kemudian ditusuk dan dibakar layaknya sate. Disajikan dengan bumbu kacang. Sensasi yang muncul ketika kelembutan sumsum kemudian lumer di dalam mulut plus rasa bumbu kacang yang legit, buat saya, bener-bener juara. Harga Rp.22.000/porsi

Bosan dengan sate daging atau sate ati, Sate Ginjal merupakan pilihan berikutnya. Unik memang, dan mungkin agak menggelikan bagi sebagian orang, tapi suka banget dengan keunikan yang diberikan sate ini. Teksturnya yang kenyal dengan aroma bumbu bakar yang tepat begitu asik berpadu dengan bumbu kacangnya. Kekenyalannya tidak jauh berbeda dengan ginjal ayam. Dan saya suka! Harga Rp.22.000/porsi

Sate Sapi Pak Oo menempati tempat yang sederhana, satu tempat dengan Nasi Goreng Guan Tjo yang terkenal dengan Nasi Goreng Petenya di Jl Suryakencana Bogor yang memang terkenal sebagai salah satu pusat kuliner di Kota Bogor. Walaupun tempatnya sederhana, rasanya sangat kaya :) Makanya selain di Jl Suryakencana ini, Sate Sapi Pak Oo ini membuka cabang di Foodcourt Martabak Air Mancur yang berada di kawasan Ruko Jl Pajajaran No 20, bersama Lapis Bogor dan juga Pizza Hut Delivery (PHD). Buat yang lagi berburu kuliner di Bogor, Sate Sumsum Pak Oo bisa dijadikan pilihan utama Anda.

Mau tahu tempat makan lainnya di Bogor? Silakan lihat disini -> Wisata Kuliner Bogor

Reading Time:
Kuliner Bogor - Nasi Goreng Pete Guan Tjo
August 11, 2012 4 Comments

Wisata Kuliner Indonesia #236
Nasi Goreng "Guan Tjo"
Jl. Surya Kencana No 193 - Bogor
Telp. 0251 4822078


Suka aneka masakan dengan pete sebagai “penyedap”nya? Di Bogor ada penjaja Nasi Goreng dengan pete sebagai pendamping utamanya. Nasi Goreng Pete Guan Tjo cukup terkenal di kalangan para pecinta nasi goreng di Bogor. Bumbu nasinya moderat, tidak asin tetapi juga tidak terlalu manis. Buat saya yang senang manis sih harus ditambahkan kecap. Yang asik, buat penggemar pete, adalah taburan potongan buah dengan bau aduhai ini yang dapat kita temui di segala penjuru sepiring nasi goreng yang kita pesan. Jujur sih, saya tidak terlalu suka aroma, walaupun tidak terlalu anti juga dengan pete. Tapi saya yakin buat para penggemarnya, Nasi Goreng Pete seharga 22ribu seporsinya ini bisa bikin ketagihan.


Kalo tidak suka dengan pete, jangan khawatir, Nasi Goreng Guan Tjo juga menyajikan Nasi Goreng Ayam yang dimasak tanpa pete. Menempati kedai yang sama dengan Sate Sapi Pak Oo, GuanTjo biasanya buka lebih awal di siang hari, sedangkan sate sapi pak Oo baru buka sore menjelang malam hari. Dan juga membuka cabang di tempat yang sama yaitu di Ruko Martabak Air Mancur Jl. Pajajaran No. 20. Yuk kita menikmati salah satu icon Kuliner Bogor ini...

Mau tahu tempat makan lainnya di Bogor? Silakan lihat disini -> Wisata Kuliner Bogor

Reading Time:

Sunday, August 5, 2012

Kuliner Bandung - Bebek Garang
August 05, 2012 2 Comments

Wisata Kuliner Indonesia #235
Kuliner Bandung
Bebek Garang
Jl. Sulanjana 19 Bandung
Telp 022 91166116


Pingin makan bebek dengan pilihan sajian yang beragam? Bebek Garang dapat menjadi alternatif pilihan kamu kalo lagi di Bandung. Paling tidak ada 8 menu olahan yang berbeda dengan bahan dasar bebek yang tersaji di tempat makan ini. Salah satunya yang banyak di beli orang adalah Bebek Kagok Negro Bakar, bebek yang dibakar dengan bumbu kecap sehingga menghasilkan sajian bebek bakar yang rasanya cakep dengan bumbu yang merata dan meresap sampai ke bagian paling dalam. Disebut negro mungkin karena warnanya yang hitam :) Buat penggemar bumbu kecap seperti saya, menu yang satu ini adalah pilihan yang paling pas. Harga: Rp.23.000 (large) - Rp.21.000 (medium)

Kalo lebih suka bebek goreng, boleh dicoba Bebek 70. Bebek yang digoreng renyah dengan taburan serundeng di atasnya yang menambah cita rasa yang asik bagi menu yang satu ini. Cocol dengan sambal... paasss... Harga: Rp.23.000 (large) - Rp.21.000 (medium)

Nah buat menu pendamping boleh pesen yang satu ini nih: Kol Goreng. Yup, kol yang digoreng. Tapi sayang, kol goreng disini gak seperti yang saya harapkan. Biasanya kol itu digoreng kering sampe renyah, tapi di Bebek Garang ini Kol Gorengnya masih agak basah. Tapi untuk rasa masih boleh dipoedjiken..

Masih banyak menu lainnya yang sangat menarik hati dan lidah, sebut saja yang jadi best seller di sini: Bebek Debus, bebek bakar bumbu pedas, yang cocok buat pecinta makanan pedas. Atau Bebek Lada Hitam, bebek goreng yang dilumuri saus lada hitam. Dan saya juga masih penasaran dengan Bebek Gulai, bebek yang yang dimasak dengan bumbu gulai yang manis, hmmm...

Dulu saya pernah posting tentang Bebek Garang sewaktu masih bertempat di Jl. Kyai Luhur. Sekarang Bebek Garang semakin maju, terbukti dengan sudah memiliki 5 outlet di kawasan Bandung/Cimahi, termasuk di salah satu mall yang paling kondang di Bandung: Trans Studio Mall. Bahkan katanya tahun ini Bebek Garang juga akan mengembangkan sayapnya ke luar kota Bandung. Siap menerima kehadiran Bebek Garang di kota Anda?

Mau tahu tempat makan lainnya di Bandung? Silakan lihat disini -> Wisata Kuliner Bandung

Reading Time:

@way2themes