July 2012 - Wisata Kuliner Indonesia

Monday, July 30, 2012

Kuliner Bogor - Es Sekoteng Boper
July 30, 20121 Comments

Wisata Kuliner Indonesia #234
Es Sekoteng
Samping Toko Bogor Permai
Jl. Sudirman - Bogor


Sebenernya isinya sederhana, kelapa muda, sekoteng, dan alpukat, di tuang di atas serutan es dalam mangkok yang kemudian ditambahkan gula cair dan susu kental manis. Tapi entah mengapa Es Sekoteng Boper ini seperti memiliki magnet kesegaran tersendiri yang mengundang banyak pengunjung memadati kios kecilnya disamping Toko Roti Bogor Permai. Ya banyak pujian memang mengalir ke Es Sekoteng ini, tampaknya pemilihan bahan yang tepat menjadi kuncinya, termasuk dalam penggunaan gula dan susu kentalnya. Dan untuk menikmati semangkuk es sekoteng yang suegerr ini harus merogoh kantong 8000 rupiah.


Kayaknya kalo menikmati es sekoteng doang ada yang kurang, coba aja cicipin siomay yang dijajakan juga di tempat yang sama. Satu porsi harganya 11ribu dan kita bisa mendapatkan baso tahu, siomay, kol dan kentang di dalamnya. Memang tidak seenak Siomay Bandung sih, tapi cukup nendang koq.


Dan kini kawasan Es Sekoteng Boper sudah menjadi magnet yang bukan hanya menarik pengunjung, akan tetapi juga menarik para penjaja makanan serupa untuk berjualan disana. Maka dengan mudah kita akan menemui aneka makanan di tempat ini seperti soto kuning, soto mie, baso, toge goreng, pempek dan sebagainya. Jadi yang mau berburu kuliner bogor boleh loh mampir ke Es Sekoteng Boper dan mencicipi aneka jajanan yang tersedia.

Mau tahu tempat makan lainnya di Bogor? Silakan lihat disini -> Wisata Kuliner Bogor

Reading Time:

Wednesday, July 25, 2012

Kuliner Bandung - Kopi Aroma, Sejak 1930
July 25, 2012 8 Comments

Wisata Kuliner Indonesia #233
Kuliner Bandung
Koffie Fabriek AROMA

Jl Banceuy No 51 Bandung
Telp.: 022 4230473


"Maoe minoem Koffie selamanja enak? Aromanja rasanja tinggal tetep, kaloe ini Koffie soeda diboeka dari kantongnja harep di pindahken di stopfles atawa bilik jang tertoetoep rapet. Djangan tinggal di kantong!" Kalimat itu ada di kantong pembungkus Kopi Aroma yang merupakan salah satu produsen kopi ternama, tidak hanya di Kota Bandung, tapi juga di Indonesia. Kesan oldies memang ditonjolkan oleh pabrik kopi yang sudah berdiri sejak tahun 1930 ini, dari bangunan pabriknya yang masih bangunan zaman belanda, kemasan, suasana toko bahkan proses penggilingan kopi yang katanya juga masih menggunakan cara lama. Lalu apa istimewanya Kopi Aroma ini sehingga bisa begitu kondang? Apalagi kalo bukan cita rasa yang juara. Konon biji kopi aroma ini disimpan selama paling tidak 8 (delapan) tahun sebelum mulai diolah, Wow! Ini dilakukan untuk mengurangi kadar asam, sehingga rasa kopi yang dihasilkan lebih murni.

Tersedia dua jenis kopi yang dijajakan di sini: Mokka Arabika dan Robusta. Yang Robusta lebih kuat dibanding yang Arabika. Dikemas dalam berbagai kemasan, tapi yang paling banyak ditawarkan adalah kemasan 250gr yang dijual seharga Rp.15.000.


Paberik kopi Aroma ini menjadi besar setelah dipegang oleh generasi kedua, Bpk Widyapratama Tanara, yang memulai mengelola paberik ini sejak 1971, setalah ayah kandungnya sekaligus pendiri pabrik kopi Aroma, Tan Houw Sian, wafat (dari: Kontan.co.id). Dan sampai sekarang Widyapratama masih turun langsung dalam menjaga kualitas produksi kopi di pabriknya ini.

Saat ini Kopi Aroma juga digunakan oleh Pak Bondan Winarno di kedai kopi miliknya: Kopitiam Oey, untuk menghadirkan secangkir kopi berkualitas tinggi, seperti pada koffie susu indotjina yang menjadi salah satu menu andalan di kedai ini. Jadi kalo lagi di kota Bandung, Kopi Aroma bisa loh jadi alternatif oleh-oleh. Atau mau nitip saya? :)

Mau tahu tempat makan lainnya di Bandung? Silakan lihat disini -> Wisata Kuliner Bandung

Reading Time:

Tuesday, July 24, 2012

Kuliner Bandung - Baso Tahu TULEN
July 24, 2012 4 Comments

Wisata Kuliner Indonesia #232
Kuliner Bandung
Baso Tahu TULEN

Jl. Situ Indah No. 4 Pagarsih Barat
Telp.: 022 6032904-70736861-70322990


Kalau di Jakarta lebih dikenal dengan nama Siomay tapi kalo di Bandung orang lebih banyak menyebutnya dengan Baso Tahu, satu paketnya biasanya memang terdiri dari Baso Tahu, Siomay, Kentang, Kol, Telur dan Paria. Diguyur dengan bumbu kacang pedas dan kecap manis, dan biar lebih mantap diberi kucuran jeruk nipis. Salah satu penjaja Baso Tahu yang cukup kondang di Kota Bandung ada Baso Tahu Tulen yang berpusat di daerah Pagarsih. Baso tahu di sini emang enak, siomay dan baso tahunya nendang rasa ikannya, telur rebusnya pun gak polos tapi disisipin adonan serupa dengan isi baso tahunya. Belum lagi bumbu kacangnya yang kental dengan gerusan kacang agak kasar dan rasa pedas yang cukup nonjok. Komposisi yang pas...

Ada memang beberapa perbedaan Siomay di Bandung dengan di Jakarta, misalnya di Jakarta biasanya disediakan otak-otak sebagai bagian dari paket sedangkan di Bandung tidak ada. Di Jakarta juga biasanya tersedia saos merah pedas bagi yang ingin menambah rasa pedas dari bumbu kacangnya, sedangkan di Bandung bumbu kacangnya biasanya memang sudah disetting cukup pedas. Dan buat saya pribadi, Baso Tahu Bandung lebih unggul dibanding kan Siomay Jakarta. Baso Tahu ini pula yang menjadi cikal bakal dan dimodifikasi menjadi Batagor, alias Baso Tahu Goreng salah satu kuliner top khas Bandung lainnya. Baso Tahu TULEN sudah menjadi salah satu destinasi wisata kuliner dan oleh-oleh Bandung, dan sudah melebarkan sayapnya dengan membuka cabang di beberapa tempat seperti samping Griya Jl. Buah Batu, Jl. Sadewa, Jl Setiabudi, Jl Kemuning (samping Prima Rasa) dan Rest Area Tol Pasteur. Jadi, kalo ke Bandung, silakan cari outlet yang terdekat dengan tempat Anda tinggal untuk mencoba mencicipinya, gakan rugi... :))

Mau tahu tempat makan lainnya di Bandung? Silakan lihat disini -> Wisata Kuliner Bandung

Reading Time:

Sunday, July 22, 2012

Kuliner Bogor - Baso Gulung Bragi
July 22, 2012 4 Comments

Wisata Kuliner Indonesia #231
Baso Gulung Bragi
Jl. Palayu Raya No.39, Bantarjati - Bogor


Kata siapa Baso harus selalu bulat? Coba deh datang ke Baso Gulung Bragi di Jl. Palayu, Bantarjati, Bogor. Disini kita bisa menemukan baso yang tidak bulat. Ya, Baso Gulung ini berbentuk silinder, adonan baso dari daging digulung dengan menggunakan kembang tahu. Selain bentuknya yang unik, Baso Gulung ini juga memiliki tekstur yang unik, basonya yang kenyal dan kembang tahu yang sedikit krispy dan liat. Dan buat saya, keunikan inilah yang bisa bikin ketagihan.

Baso Gulung ini disajikan dengan pilihan Baso Urat, Baso Daging atau Baso kecil biasa. Baso uratnya asik, basonya kenyal dengan ditimpali urat yang sedikit alot, membuat mulut kita gak henti mengunyah. Tapi favorit saya Baso Dagingnya, daging cincang yang tersembunyi di dalam basonya memberikan sensasi tersendiri yang sulit diungkapkan dengan kata-kata (lebay ya? padahal bingung mendeskripsikannya gimana hehehe). Kita pun bisa meminta mie kuning, bihun dan sayur untuk menemani sajian baso gulung ini. Dan untuk satu porsinya bisa kita nikmati dari Rp. 7000 -  Rp. 13000, tergantung "pasangan"-nya.

Baso Gulung Bragi ini menempati kedai yang kecil di sebuah pelataran rumah, dan tampak selalu ramai oleh pelanggan yang menikmati keunikan baso ini. Bahkan, konon Syahrini pun merupakan salah satu pelanggan disini, sehingga potonya turut diabadikan di spanduk depan kedai ini. Dan buat saya pribadi, dibanding Baso Seuseupan dan Baso Boboho yang memang sudah kondang, saya lebih memfavoritkan baso ini. Basi Gulung Bragi ini memang "se ~ su ~ a ~ tu...."

Mau tahu tempat makan lainnya di Bogor? Silakan lihat disini -> Wisata Kuliner Bogor

Reading Time:

Saturday, July 21, 2012

Kuliner Bogor - RM Cibiuk Silampari
July 21, 20121 Comments

Wisata Kuliner Indonesia #230
RM. Cibiuk Silampari
Jl. Pandu Raya 65-67 BOGOR
Telp: 0251 8394765/9245334


Tentu saja tidak sulit untuk mencari Rumah makan Sunda di Bogor, tapi mencari RM Sunda dengan menu yang berbeda? RM Cibiuk Silampari mungkin bisa jadi alternatif menarik, sajian menu yang ditawarkan di sini cukup unik dan berbeda dengan RM Sunda lainnya. Sebut saja yang satu ini: Gurame Bakar Cobek. Namanya mungkin umum, tapi setelah hidangan ini hadir di meja kita akan ditemukan perbedaannya. Gurame ini gak sepenuhnya di bakar, tapi digoreng terlebih dahulu agar kering baru kemudian dibakar dan disajikan diatas hot plate yang sudah dialasi daun pisang. Aromanya benar-benar menggugah selera. Nah yang beda dari menu ini adalah, "toping" di atas guramenya itu. Oncom dengan kacang yang masih kasar dibuat semacam sambal dengan paduan daun kemangi yang menawarkan wangi yang khas, semburat rasa manis dan pedas berpadu cantik memberi rasa yang luar biasa buat menu satu ini.

Reunceuh Bonteng, menu yang ini juga sulit ditemui di tempat lain. Bonteng alias timun, dipotong kecil-kecil dicampur dengan sambal dengan aroma asam yang segar. Belum aroma "cikur" yang memperkaya makanan sederhana yang bisa bikin kita ketagihan ini.

Tumis Genjer, mungkin banyak yang jual menu serupa, tapi saya suka tumis genjer di RM Cibiuk Silampari ini karena paduannya dengan tauco yang mantabs... Sayur kaya serat ini menjadi salah satu menu favorit saya di sini.

Nah ini yang gak boleh terlewat: Sambal khas Cibiuk. Ada Sambal Ijo dan Sambal Merah. Asli ngeces membayangkan sambal yang satu ini. Rasa asam dari tomat hijau ditimpali dengan wanginya daun kemangi membuat sambal cabe hijau ini definetely sangat tidak biasa. Harus coba banget...

Masih banyak aneka menu lainnya yang harus dicoba di RM ini, sebut saja Sangu Tutug Oncom, Nasi Liwet, Gepuk, Ayam goreng, Nasi bakar dan masih banyak lainnya. Silakan manjakan indera pengecap Anda dengan aneka kuliner khas Sunda yang berbeda di RM Cibiuk Silampari.
Reading Time:

Friday, July 20, 2012

Kuliner Bandung - Sop Buah Pak Ewok
July 20, 2012 6 Comments

Wisata Kuliner #229
Kuliner Bandung
Sop Buah Pak Ewok

Jl. Cimandiri - Bandung


Sop Buah merupakan kuliner segar yang cukup kondang saat ini di berbagai daerah di Indonesia. Tapi tampaknya yang mempopulerkan istilah "Sop Buah" ini ya Sop Buah Pak Ewok yang mangkal di Jl Cimandiri, di belakang Gedung Sate Bandung. Aneka potongan buah seperti strawberry, mangga, melon, semangka, lengkeng, sawo, kelapa muda, buah naga, sirsak, jambu batu dan masih banyak lagi, berpadu cantik dengan es yang sudah ditambahkan sirup gula dan susu kental manis. Kalo suka durian, bisa juga minta sop buah durian yang akan ditambahkan butiran bua durian ke dalamnya. Suegerrrrr.... Untuk semangkuk sop buah biasa harganya Rp.8000, sedangkan yang plus durian Rp.11000.

Dulu sewaktu kuliah, saya sering menikmati Es Buah di kawasan Gandok, Jl Ciumbuleuit, dan menjadi favorit teman2 sekelas. Entah sekarang masih ada atau tidak tempat itu. Nah sekarang yang berkibar tampaknya ya Sop buah pak Ewok ini. Saat ini gak cuma gerobak, tapi ada juga mobil box sebagai dapur dan gudang yang ikut mangkal di Jl Cimandiri dari jam 8 sampai jam 19.00 tiap harinya. Dan tampaknya Sop Buah Pak Ewok ini juga sudah membuka franchise di luar kota seperti Sop Buah Pak Ewok yang ada di Bogor. Walaupun resep sop buah ini, bisa disebut mudah ditiru, tapi tampaknya pilihan orang tetap ke Pak Ewok yang selalu menyajikan aneka buah terpilih dan segar. Kualitasnya memang terjaga sehingga kesegarannya selalu diburu...

Mau tahu tempat makan lainnya di Bandung? Silakan lihat disini -> Wisata Kuliner Bandung

Reading Time:

Thursday, July 19, 2012

Kuliner Jakarta - Foodpanda, Layanan Pesan Antar Makanan
July 19, 2012 2 Comments

Wisata Kuliner Indonesia #228
Foodpanda Indonesia
www.foodpanda.co.id


Lapar tapi males keluar rumah? Bosan dengan menu makan siang yang itu-itu saja? Gak sempet keluar makan karena sibuk di kantor? Pengen makan di luar tapi takut macet? Nah, situs yang satu ini mungkin bisa menjadi alternatif solusi masalah-masalah di atas: Foopanda.co.id. Foodpanda adalah layanan antar makanan di kota Jakarta dengan banyak pilihan menu dari berbagai resto yang menjadi mitranya, sebut saja beberapa yang kondang seperti Gado-Gado Boplo, Mangkok Putih, Dimsum Oenpao, Baso Tahu Saboga, Chopstix dan masih banyak lainnya. Tapi harus diperhatikan bahwa tidak semua restaurant bisa dideliver ke seluruh area di Jakarta.


So... untuk memesan tinggal masukin area dimana kamu tinggal, nanti akan muncul resto yang bisa delivery di area tersebut. Pilih restonya, pilih menu yang dipesan dan resistrasi. Wuzzz, pesanan akan meluncur dan kita tinggal tunggu telepon untuk konfirmasi pesanan kita.

Secara saya orang Bogor, maka saya cari waktu dan tempat yang tepat untuk dapat mencoba layanan ini di Jakarta. Jadi ketika saya lagi nongkrong di Rumah Internet Sehat di Tebet saya coba pesan makanan lewat Foodpanda. Pilihan saya jatuh ke Burger&Grill yang juga berlokasi di Tebet, dengan harapan tidak terlalu lama hidangan yang dipesan sampai. Setelah memilih menu yang dipesan dan submit pesanan, tidak berapa lama, saya ditelpon Burger&Grill untuk memastikan pesanan dan lokasi tempat pesanan akan diantarkan. Tertulis di FOodpanda bahwa perkiraan delivery time adalah 30 menit, dan ternyata kurang dari itu pesanan telah datang ke Rumah Internet Sehat. Top dah...

Jadi buat kamu yang di Jakarta dan butuh layanan antar makanan dengan jenis makanan dan menu yang bervariasi, kayaknya Foodpanda bisa jadi solusinya :)

Mau tahu tempat makan lainnya di Jakarta? Silakan lihat disini -> Wisata Kuliner Jakarta
Reading Time:

Thursday, July 5, 2012

Kuliner Bandung - Lo Mie Imam Bonjol
July 05, 20121 Comments

Wisata Kuliner Indonesia #227
Kuliner Bandung
Lomie & Bakmie Imam Bonjol

Jl. Imam Bonjol No 9 - Bandung
Telp.: 081 22053784


Ini salah satu kuliner pilihan yang wajib dikunjungi kalo ke Bandung: Lo Mie Imam Bonjol. Walaupun Lo Mie bukanlah kuliner asli Bandung, tapi pengunjung tempat ini tidak pernah sepi baik orang Bandung sendiri maupun dari luar kota. Mie kuning, tauge dan kangkung diguyur kuah kanji kental dengan aroma ebi yang kuat dengan suwiran daging ayam disela-selanya. Jika memesan porsi lengkap maka akan ditemani baso, pangsit rebus dan dorokdok alias kerupuk kulit. Yang juara dari Lomie Imam Bonjol ini menurut saya adalah kuahnya, aroma ebinya nendang banget. Jadi keingetan kuahnya Mie Ongklok di Wonosobo... Harga satu porsi lengkap Lomie ini Rp. 15.000,-

Lo Mie Imam Bonjol buka dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore, jam makan siang merupakan peak hour-nya, apalagi di akhir pekan. Dan tempat Lomie Imam Bonjol ini sekarang sudah berupa pusat jajan serba ada alias pujasera, yang berisi aneka jajanan seperti batagor, siomay, es campur dan sebagainya. Jadi kebayang deh ramenya tempat ini. Oh ya, kawasan Jl Imam Bonjol juga terkenal dengan toko Lavie yang menyediakan aneka perlengkapan bayi dan anak. Beres belanja baju bayi, langsung menyantap Lo Mie... Sedaaapp...

Mau tahu tempat makan lainnya di Bandung? Silakan lihat disini -> Wisata Kuliner Bandung

Reading Time:

Tuesday, July 3, 2012

Kuliner Gorontalo - Pia, Oleh-Oleh dari Gorontalo
July 03, 2012 14 Comments

Wisata Kuliner Indonesia #226
Pia Extra
Jl. Imam Bonjol No 1 - Gorontalo
Telp.: 0813 400 8013
1

Nah kalo ke Gorontalo jangan lupa untuk bawa oleh-oleh Pia. Yup, pia dari kota ini sudah kondang dengan kelezatannya, kulitnya yang krispy melapisi isinya yang penuh di seluruh "badan" pia ini. Beragam isi yang tersedia: ada kacang tanah, kacang merah, cokelat dan keju. Bahkan ada yang berisi jagung dan duren juga loohh. Harganya bervariasi sekitar Rp.30.000 - Rp.40.000 satu boxnya yang berisi sepuluh buah pia.

Banyak toko-toko yang menjajakan pia ini. Di sebelah hotel Citra, tempat saya menginap saja ada satu toko penjual pia, yaitu Ramayana. Bisa juga dibeli langsung dari resepsionisnya. Tapi saya mencoba jalan ke Jl. Imam Bonjol ke Toko Extra untuk membeli Pia Extra dari sana. Naek bentor hanya sekitar 10 menit, dengan ongkos hanya 5000, kita bisa memilih Pia Gorontalo dengan beragam isi, yang banyak diburu disini adalah Pia Keju dan Pia Duriannya. Jadi jangan lupa kalo ke GOrontalo bawa oleh-oleh pia ya, pasti keluarga di rumah akan suka :)(

Reading Time:
Kuliner Gorontalo - Ayam Mawar Sharron
July 03, 20120 Comments

Wisata Kuliner Indonesia #225
RM Mawar Sharron
Jl. Merdeka - Gorontalo
Telp.: 0435-831683


Ayam yang dipake ayam kampung, digoreng dengan bumbu tepung racikan khusus yang memberikan aroma gurih yang berbeda. Disajikan dengan tumis kangkung, tahu, tempe, lalapan dan sambel yang cukup nyelekit. Plus sekerat semangka, entah buat dessert atau buat lalapan juga hehehe. Ya, itulah sajian paket Ayam Goreng Mawar Sharron 1 yang saya pesan untuk makan malam di kota Gorontalo ini. Keistimewaannya memang dari olahan ayam gorengnya yang renyah. Harga satu paket ini Rp;. 27.500,-

Minumnya saya pesan Juice Mawar Sharron. Ini juice dari berbagai macam buah-buahan jadi satu, yang kerasa menonjol adalah pepaya dan jambu, tapi terselip juga rasa nanas dan jeruk. Saya sempet tanya ini isinya apa aja, tapi lupa saking banyaknya :) Harga: Rp. 15.000,-

Rumah Makan Mawar Sharron di Gorontalo ini memang tidak menyediakan kuliner khas gorontalo seperti Binde Biluhuta, tapi tempatnya yang lapang dengan interior yang nyaman menjadikan Mawar Sharron banyak menjadi pilihan orang untuk bersantap malam bersama keluarga atau tamu dari luar kota. Letaknya pun cukup strategis, deket dengan beberapa hotel di kota ini, membuatnya selalu ramai khususnya di jam makan malam.

Reading Time:

@way2themes