January 2012 - Wisata Kuliner Indonesia

Monday, January 30, 2012

Kuliner Manado - Mie Cakalang di Wakeke
January 30, 2012 6 Comments

Wisata Kuliner Indonesia #197
Dego Dego Manado Cafe
Jl Wakeke No 11 Manado
Telp 0431 874824


Nah, kalo sarapannya pake Bubur Manado alias Tinutuan, untuk makan siangnya saya kembali ke Dego-Dego Cafe di kawasan Wakeke ini untuk mencicipi salah satu kuliner Manado lainnya: Mie Cakalang. Ada dua pilihan, Mie Goreng Cakalang atau Mie Cakalang Kuah. Kita coba yang Mie Goreng dulu ya. Hadir di hadapan saya satu piring mie goreng dengan sayur dan taburan bawang goreng. Tampaknya tidak ada yang istimewa. But waittt.. ketika suapan pertama masuk ke rongga mulut, muncul rasa khas yang jarang saya temui. Ya rasa itu muncul dari potongan ikan cakalang fufu alias cakalang asap, rasanya asin dan gurih dan... apa ya, susah diungkapkan dengan kata-kata hehehe, yang jelas enak banget. Bener-bener melengkapi rasa mie goreng yang "biasa". Harga: Rp. 13.500,-

Kalo pengen yang anget-anget bisa pilih Mie Kuah Cakalang. Seperti mie gorengnya, mie kuah ini juga sama saja dengan mie rebus yang banyak dijual di tukang nasi goreng. Keistimewaannya memang ada di cita rasa ikan cakalang yang terselip di antara timbunan mienya. Harga: Rp. 12.500,-


Saking kepincutnya saya dengan rasa ikan cakalang ini, sampai saya merasa perlu untuk menambah "daging" ikannya dengan memesan Cakalang Goreng. Sepotong besar ikan cakalang muncul dimeja bersiap menambah cita rasa dari mie-mie yang tersaji sebelumnya. Ikan cakalang ini tampaknya diasap terlebih dahulu sebelum digoreng sehingga armonanya bener-bener keluar. Harga: Rp.8.500

Ada satu lagi yang asik nih, sambil nunggu makanan utama datang, kita ngemil Pisang Goroho dulu yuk. Pisang yang digoreng tipis dan ditemani sambal sebagai penyedapnya, khas hidangan dari daerah Sulawesi Utara. Mungkin agak kerasa asing buat lidah saya sebagai orang jawa, tapi perpaduan pisang goreng dan sambal ini ternyata asik juga lohhhh. Satu porsi besar pisang goroho ini harganya Rp.10.000,-

Jadi kalo berburu kuliner di kota Manado ini, kawasan Wakeke kayaknya harus dikunjungi deh...
Reading Time:

Wednesday, January 25, 2012

Kuliner Manado - Bubur Manado alias Tinutuan
January 25, 2012 2 Comments

Wisata Kuliner Indonesia #196
Dego Dego Manado Cafe
Jl Wakeke No 11 Manado
Telp 0431 874824


Gak sah kayaknya kalo ke Manado tapi tidak mencicipi kuliner Manado yang satu ini: Bubur Manado alias Tinutuan. Ya, bubur manado ini memang seolah menjadi makanan wajib yang harus dicicipi siapapun yang berkunjung ke Manado. Makanya ketika berkunjung ke Manado bulan Desember 2011 lalu, saya langsung berburu Bubur Manado ini tempat wisata kawasan makanan Manado di ruas jalan Wakeke. Saya menuju Dego-Dego Cafe, salah satu restoran di ruas jalan wakeke ini yang berada di seberang Hotel New Queen. Melihat di daftar menu, ternyata ada dua jenis Tinutuan yang dapat dipesan di resto/cafe ini, Tinutuan Biasa dan Tinutuan Campur yang didalam buburnya juga ditambahkan mie kuning. Saya pilih Tinutuan Biasa untuk mendapat rasa original, walhasil tak lama kemudian tersajilah semangkuk bubur manado dengan harum yang khas. Bubur dengan campuran labu kuning, singkong, bayam, kangkung, jagung dan juga daun kemangi ini memang selalu menjadi kuliner favorit saya. Rasanya yang lezat dan kandungan gizinya yang terjamin membuat saya langsung menyantap habis tinutuan yang tersaji ini. Satu mangkuk besar Tinutuan ini dapat dinikmati dengan harga Rp. 9500.

Eh tunggu dulu, ternyata ada pelengkap yang bisa menjadikan Tinutuan ini makin mantab... Cobalah pesan Perkedel Milu dan Nike Goreng buat teman lauknya. Perkedel Milu adalah perkedel jagung, yang agak berbeda adalah jagungnya dihancurkan dulu, seperti diparut, tidak seperti perkedel jagung yang sering saya temui dengan bulir jagung yang masih utuh. Sementara ikan nike sendiri seperti adalah ikan kecil, seperti ikan teri, yang digoreng dengan tepung terigu. Rasanya renyah dan asin. Pas banget menjadi teman pelengkap sang hidangan utama. Harga Perkedel Milu maupun Nike Goreng ini Rp. 4000/pc.

Banyak hotel di Manado yang menyajikan Tinutuan alias Bubur Manado ini sebagai menu sarapannya. Tapi memang makan tinutuan di Dego Dego ini memberikan cita rasa berbeda. Selain bisa memilih pelengkap yang pas, "kandungan" bahan-bahan pembentuk bubur manado ini juga terasa lebih lengkap dan pas di sini. Menuru Wikipedia, kawasan Wakeke ini memang dijadikan tempat wisata kawasan makanan Manado oleh pemerintah Kota Manado, melalui Dinas Pariwisata, sejak tahun 2004-2005. Berderet resto kemudian muncul di kawasan ini, yang menyajikan kuliner khas Manado. Tapi memang Dego-Dego terlihat paling ramai dan besar dibanding resto lainnya. Jadi, yuk kita berwisata kuliner Manado di Wakeke, dan coba aneka menu khas lainnya seperti Mie Cakalang.


Reading Time:

Wednesday, January 18, 2012

Kuliner Bogor - Sate Gate Empang
January 18, 20121 Comments

Wisata Kuliner Indonesia #195
Sate Kambing Khas SATE GATE
Jl. Alun-Alun Empang - Bogor
Telp: 0251 8382356


Kawasan Empang adalah kawasan yang terkenal dengan pemukiman keturunan Arab di Kota Bogor. Oleh karena itu, tidak heran kita temukan beragam kuliner khas Timur Tengah di kawasan ini. Salah satu yang cukup kondang adalah Sate Gate yang terletak di seberang Alun-Alun Empang. Sate Kambing menjadi menu andalannya. 10 tusuk sate kambing dengan aroma yang khas dengan taburan bawang goreng disajikan dengan bumbu kacang yang memiliki cita rasa dengan sentuhan rempah-rempah khas Timur Tengah. Dagingnya sendiri menurut saya istimewa, tidak bau prengus dan yang paling penting, tidak perlu kerja keras untuk melepaskan daging sate ini dari tusuknya. Lembut... Harga: Rp.30.000/porsi (10 tusuk)

Coba juga Nasi Rames Gate.. Bukan nasi rames biasa, Nasi Rames Gate ini "berisi" 2 tusuk sate kambing, gulai, emping dan acar. Gulainya light tapi tidak mengurangi kelezatannya, kuahnya asik dengan sepotong daging kambing yang menggoda. Harga: Rp.23.000/porsi

Masih banyak menu andalan dari Sate Gate ini, sebut saja Nasi Kabsah, Nasi Kebuli, Gulai Kambing dan lain-lain. Yang jelas masih dengan aroma Timur Tengah yang kuat. Gate sendiri katanya merupakan kata yang berasal dari bahasa arab yaitu Enak. Hmmm, gak salah karena menu-menu di tempat makan ini memang enak-enak. Yuk, kita nikmati Kuliner Bogor dengan cita rasa yang berbeda di Sate Gate Empang ini.

Reading Time:

Saturday, January 14, 2012

Kuliner Bogor - PSK di Puncak
January 14, 2012 10 Comments

Wisata Kuliner Indonesia #194
Sate Kiloan PSK
Jl. Raya Puncak - Bogor


"Emang top nikmatin PSK di Puncak, apalagi malem-malem pas lagi dingin-dinginnya". Eits, jangan berpikiran ngeres dulu... Kalimat itu memang bisa berkonotasi negatif, tapi buat para pecinta sate di Bogor dan Jakarta tentu sudah mahfum bahwa PSK itu sendiri bukan kepanjangan dari "Pekerja Seks Komersial" tapi "Pedagang Sate Kiloan". Ya, kalau menginap di kawasan Puncak ini saya menyempatkan diri untuk menikmati dahsyatnya sate kambing di Sate Kiloan PSK. Kenapa disebut "sate kiloan"? Soalnya, berbeda dengan penjaja sate yang menjual "porsi" satenya berdasar jumlah tusuk sate yang dihidangkan, di PSK kita memesan sate bukan "berapa tusuk" tapi "berapa kilo". Umumnya satuporsi adalah 1/4 kg yang bisa menghasilkan sekitar 12 tusuk sate dengan potongan yang cukup besar. Sate Kambing PSK ini memang cantik, walau potongannya besar-besar, daging sate PSK ini tetap lembut, tidak butuh perjuangan untuk melepaskannya dari tusuknya. Belum lagi bumbu berbahan dasar kecap yang meresap ke dalam daging.. Sluruuupp... Supaya lebih lengkap, sate kambing ini disajikan dengan potongan tomat, cabe rawit dan bawang merah. Tinggal dikucuri kecap... Sempurna!

Menu favorit saya di Sate PSK ini: Sate Ati. Yup, Sate ati di sini enak banget. Daging ati kambing dengan tekstur yang khas dibumbui kecap dan dibakar dengan tingkat kematangan yang pas. Wah, kalo gak inget kolestrol, entah berapa tusuk sate ati yang bisa saya sikat di Sate PSK ini.

Sop Kambingnya juga harus dicoba. Kuahnya segar tidak berlemak, potongan tomat sebagai penyegar dan yang paling utama, daging kambingnya yang empuk... Bau prengus khas daging kambing tersamar dalam hidangan sate kambing ini, tidak tercium. Tanda proses pengolahan kambing yang juara, mulai dari pemotongan sampai pemasakan.

Sate PSK di puncak ini merupakan cabang dari Sate Kiloan PSK yang berlokasi di Jl Raya Babakan Mandang No. 2 Bukit Sentul Bogor. Untuk 1 porsi (1/4 kg) sate kambing harganya Rp. 47.000,- sedangkan sop kambingnya bisa kita nikmati dengan harga Rp. 22.000. Rasa dari Sate PSK ini berani diadu dengan Sate Hadori Bandung. Di etalase depan, tergantung beberapa kambing yang sudah "dibantai". Ternyata tidak hanya untuk sekedar display, penggantungan kambing ini ternyata juga bagian dari rangkaian proses pengolahan daging kambing. Konon dengan digantung tersebut, daging kambing bisa menjadi lebih empuk. Lokasi Sate Kiloan PSK Puncak berada di antara ruas jalan Masjid At Ta'awun sebelum Resto Rindu Alam, sebelah kiri jalan jika dari arah Jakarta/Bogor. Merupakan salah satu pilihan terbaik buat Anda yang mencari tempat makan atau kuliner di kawasan Puncak, selain Resto Cimory di Cisarua. Jadi, buat yang ingin mendapatkan kehangatan dari PSK di tengah dinginnya udara puncak, tapi gak mau berbuat dosa, silakan menikmati hangatnya sajian di Sate Kiloan PSK :)

Mau tahu tempat makan lainnya di Bogor? Silakan lihat disini -> Wisata Kuliner Bogor

Reading Time:

Monday, January 9, 2012

Kuliner Bogor - Sop Buntut Ma' Emun (Ibu Imas)
January 09, 2012 3 Comments

Wisata Kuliner Indonesia #193
Sop Buntut Sapi Ma'Emun (Ibu Imas)
Jl Bangbarung Raya (Ahmad Sobana) No. 1 Bogor
Telp: 0251 8325389 - 0856 91290660


Salah satu kuliner yang banyak dicari orang di Bogor adalah Sop Buntut. Koq sop buntut? Bukannya sop buntut dimana-mana juga ada? Nanti dulu, coba dulu yang namanya Sop Buntut Mang Emun (Ibu Imas) yang ada di kawasan Bantarjati. Saya pesan semangkuk Sop Buntut Sapi ini lengkap dengan nasinya, tidak berapa lama hadir di meja saya semangkuk Sop Buntut panas yang aromanya saja sudah bikin perut semakin menjerit. Kalo diperhatikan dagingnya masih agak berwarna merah muda, kaya' gak mateng gitu, tapi begitu garpu menyentuhnya prasangka itu hilang sudah. Dagingnya lembut banget, sama sekali gak butuh perjuangan untuk menyantapnya. Pertanda waktu memasaknya juga tidak sebentar. Kuahnya? Segeerrr dan tanpa lemak yang mengganggu, ditemani juga dengan potongan wortel yang menjadi pelengkap. Tambah sedikit sambal dan acar.. perfecto!

Sop buntut ini bisa dinikmati mulai jam 8 pagi, tapi hati-hati, jam 12an biasanya sudah ludes terjual. Apalagi di akhir pekan, saya pernah kesana jam setengah sebelas siang dan sop buntut ma' emun ini sudah habis dipesan. Harganya juga relatif murah, hanya Rp. 23.000 satu mangkuk yang memberikan daging buntut yang tidak sedikit. Makanya walaupun tempatnya kecil, sop buntut ini tidak pernah kehabisan pelanggan. Wisata Kuliner ke Bogor akan lebih lengkap jika bisa mencicipi Sop Buntut Ma' Emun (Ibu Imas) ini...

BTW, kalau suka sop buntut pasti suka Sop Sumsum juga dong.. Mampir juga ke Rumah Sumsum yuk..

Mau tahu tempat makan lainnya di Bogor? Silakan lihat disini -> Wisata Kuliner Bogor

Reading Time:

Sunday, January 8, 2012

Kuliner Malang - Sego BUG
January 08, 2012 12 Comments

Wisata Kuliner Indonesia #192
Nasi Bug dan Rawon Dengkul
Bik Matira
Jl. Trunojoyo 10EF, Stasiun Kereta, Malang
Telp 0341 7703377


Cari sarapan enak di Kota Malang... Itu tujuanku berikutnya di kota ini, setelah browsing n tanya sana sini akhirnya pilihan jatuh ke Sego Bug di kawasan Stasiun Kereta Api Malang. Mlipir dari hotel jalan kaki, akhirnya mampir di Kedai Bik Matira di jajaran ruko Stasiun. Sebenernya saya bingung ini makanan apa, akhirnya dengan pede aja langsung pesan nasi campur. Ternyata yang namanya Nasi Bug - Campur ini adalah nasi yang dibanjur sayur lodeh nangka muda dengan pilihan lauk pendamping sesuai selera kita. Tersedia ayam goreng, tahu dan tempe bacem, perkedel, usus, babat, limpa dan masih banyak lagi. Setelah bingung milih lauk, akhirnya pilihan jatuh pada babat. Babatnya bukan babat goreng, tapi rasanya lumayan. Sayur lodehnya sendiri sederhana, tidak banyak isinya selain nangka muda dan airnya pun tidak banyak seperti lodeh yang biasa saya temui. Gak terlalu banyak rasa tapi tetep nendang.


Nah, favorit saya adalah Dendeng Kelapa-nya. Gila ini dendeng enak banget, gak kaya wujudnya. Daging sapi yang dipotong tipis digoreng renyang dengan balutan parutan kelapa. Rasa manis bertemu dengan gurihnya parutan kelapa, juara! Saya sampe nambah khusus buat menikmati Dendeng Kelapa ini. Asli sampe pengen saya bawa pulang kalo bisa :)



Sialnya pas pulang muncullah kiriman Sate Sapi ini. Harum dan wujudnya bener-bener menggoda, tapi sayang perut udah gak sanggup menampung. Sebenernya Sego Bug ini katanya masakan khas Madura. Selain Sego Bug, kedai Bik Martika ini juga menawarkan Rawon Dengkul. Jadi penasaran, harus nih balik lagi buat Kuliner Malang...


Reading Time:

Saturday, January 7, 2012

Kuliner Malang - Toko Oen
January 07, 2012 4 Comments

Wisata Kuliner #191
Toko Oen
Jl. Basuki Rachmad No 5 Malang
Telp 0341 364052


Toko "Oen": A Colonial Landmark since 1930. Itulah yang tercantum di halaman depan buku menu di tempat ini. Siapa yang belum mengenal toko atau rumah makan yang legendaris ini? Berdiri sejak zaman Belanda, Toko Oen tetap mempertahankan bentuk bangunan dan juga interior, bahkan seragam para pramusajinya, sehingga kita seolah sedang dibawa kembali ke zaman kolonial dulu. Seperti yang tertulis di bagian luar gedung ini, salah satu speciality dari Toko Oen ini adalah Ice Creamnya, yang memiliki resep original tanpa bahan pengawet. Saya langsung memesan salah satu menu andalannya Ice Cream Oen's Special. 3 scoop ice cream aneka rasa ditemani wafer, astor, whipped cream dan buah ceri. Beda sih emang, ice creamnya punya tekstur yang halus dengan rasa yang natural, meleleh di mulut. Harga satu porsi Oen's Special ini Rp. 35.000,-

Ada juga yang menarik, Ice cream Tutti Frutti. Potongan es krim dengan cita rasa buah yang luarnya dilapisi dengan es krim chocolate. Boleh juga... Rp. 21.000,-

Moorkus... apalagi tuh? Es krim juga dengan cita rasa kopi (kalo gak salah) dengan "hiasan" whipped cream dan kismis Harga: Rp. 23.000,-

Mahal? Mungkin ya, apalagi jika dibandingkan dengan Es Krim Sub7ero Frozen dari Bandung ataupun I Scream for Ice cream. Tapi memang Toko Oen tidak hanya menjual makanan tapi juga menjual suasana yang sulit ditemukan di tempat lain. Tidak heran, banyak bule yang tampak bersantap di sini, entah untuk bernostalgia ataupun memang mencari sesuatu yang unik di kota Malang ini. Gak cuma ice cream, di Toko Oen pun kita bisa menemukan aneka steak dan jajanan tempo dulu yang bisa kita nikmati. Yuk, merasakan jadi meneer Belanda di Toko Oen: "Welkom In Malang" :)

Reading Time:
Kuliner Malang - Soto Lombok
January 07, 2012 5 Comments


Wisata Kuliner Indonesia #190
Soto Ayam
Jl. Lombok Malang


Namanya memang dikenal dengan Soto Lombok, bukan karena kepedasannya, tapi karena Depot Soto Ayam ini berada di Jl. Lombok :) Ya, malam pertama saya di Kota Malang diajak oleh seorang teman, mas @fajarembun untuk menikmati makan malam di Soto Lombok ini. Pesan soto campur, dengan cepat hadir di meja kami semangkuk soto ayam yang sudah dicampur dengan nasi. Suapan pertama langsung terasa bahwa soto lombok ini memang istimewa, kuahnya memberikan kekayaan rasa yang memang ciamik, ditimpali lagi dengan aneka "toping" seperti suwiran ayam, kentang, telur rebus, toge dan bubuk koya (?). Satu mangkok kayaknya gak cukup deh :)

Soto Ayam Jl Lombok ini menempati dua rumah, yah karena memang pengunjungnya yang semakin bertambah. Dan kelebihannya lagi, kita tidak perlu menanti lama untuk dapat menyantap soto ini, begitu dipesan langsung bahan-bahan yang sudah disiapkan di dalam mangkuk diguyur oleh kuah soto yang selalu panas karena berada di atas tungku yang selalu menyala. Selain di Jl Lombok ini, depot soto ayam ini juga memiliki 6 cabang lainnya. Nyoto yukk...

Reading Time:
Kuliner Serang - Sate Bandeng Langganan Anda
January 07, 2012 2 Comments

Wisata Kuliner Indonesia #189
Sate Bandeng
RM Langganan Anda
Jl Komp PDAM No. 86 Serang


Saatnya membeli oleh-oleh dari kota Serang. Di ibukota provinsi Banten ini yang banyak dicari orang untuk dibawa sebagai oleh-oleh adalah Sate Bandengnya. Dan salah satu penjual sate bandeng yang direkomendasikan adalah RM Langganan Anda di dalam Komp PDAM. Beda dengan sate lilit di Bali yang kecil-kecil, Sate Bandeng di Serang ini ukurannya besar. Daging ikan dicincang dengan beragam rempah, kemudian dipadatkan lagi dengan menggunakan batang bambu dan dibakar sehingga menampilkan citarasa yang ciamik dengan semburat rasa manis yang pas.


Harga satu sate bandeng ini adalah Rp. 25.000. Paling pas dimakan bersama dengan nasi hangat dan sambal. Beuuuhh... juara deh. Apalagi waktu saya menyantapnya di rumah masih ada stock sambal Bu Rudi dari Surabaya. Ah, perpaduan rasa manis dari sate bandeng dari Serang dengan pedas menyengat dari sambal Bu Rudi dari Surabaya sekali lagi membuktikan kekayaan kuliner Nusantara yang luar biasa. Gak kan bisa tertandingi negara lain :)

Reading Time:
Kuliner Serang - Bubur Ayam BUSET
January 07, 20121 Comments

Wisata Kuliner Indonesia #188
Bubur Ayam BUSET
Pasar Lama SERANG
Telp: 085289555372


Setalah siangnya makan di Soup Ikan RM Taman Taktakan, malam harinya saya berniat berburu Nasi Bakar Sumsum di Pasar Lama Serang, tapi ternyata tutuupp saudara-saudara. Akhirnya Bubur Ayam BUSET jadi pilihan makan malamku di ibu kota Provinsi Banten ini. Tampak pengunjung ramai memenuhi tenda tempat Bubur Ayam ini untuk bersantap malam. Buburnya seperti bubur bandung, rasanya sudah gurih dengan rasa ayam yang lezat. Dengan toping yang juga lengkap: suwiran daging ayam, ati ampela, telur, cakue, emping, bawang daun dan bawang goreng. Mantap kan? Belum lagi porsinya yang besar, kenyaaanngg... Semangkuk Bubur Ayam lengkap harganya Rp. 15.000,-



Nah, tapi kenapa namanya Buset? Konon katanya karena Bubur Ayam ini hanya menjajakan dagangannya pada malam hari sehingga banyak yang nyebut Bubur Setan alias Buset. Katanya loh yaaahhh... Begitu memesan kita akan dilayani dengan ramah. Kalau bubur ayam yang banyak dijajakan di seputaran bogor, cianjur dan sukabumi menggunakan kuah kuning untuk menambah rasa karena rasa buburnya yang masih agak plain, Bubur Ayam Buset ini sudah kaya rasa tanpa tambahan apapun. Mirip dengan Bubur Bandung. Tidak mengecewakan walau saya gagal mendapatkan nasi bakar bumbu pedas :)
Reading Time:

Friday, January 6, 2012

Kuliner Serang - Soup Ikan RM Taman Taktakan
January 06, 2012 8 Comments

Wisata Kuliner Indonesia #187
RM Taman Taktakan
Jl. Taman Baru RT 18/16 Serang - Banten
Telp 0254 7075252


Tomat hijau kecil, bawang daun, puluhan cabe rawit, daun kemangi dan beragam rempah lainnya "mengotori" semangkuk besar kuah sop dengan potongan daging ikan bandeng didalamnya. Begitu terhidang di meja, aroma dari Sop Ikan ini benar-benar memicu kerja kelenjar ludah, alias ngencesss... Menuangkannya ke dalam mangkok yang lebih kecil, kemudian dipadukan dengan sepiring nasi hangat, sempurnalah makan siangku di RM Taman Taktakan di kota Serang ini. Harumnya daun kemangi menjadi pembeda sop ikan ini dengan sop ikan di tempat lainnya, seperti Sop Ikan Batam. Plus rasa yang kaya karena aneka penyedap rasa alami yang bersatu di dalam kuah sop ikan. Yang unik, walaupun kita menemukan puluhan cabe rawit alias cengek yang mengambang di atas kuah sop ikan ini, tapi kita tidak akan mendapatkan kejutan pedas ketika menyeruput kuahnya. Mungkin karena cabe rawit tersebut tetap dibiarkan utuh, tidak dipotong-potong. Tapi saya yakin, ada "sumbangan" yang signifikan dari cabe rawit ini terhadap kesegaran yang paripurna dari Sop Ikan RM. Taman Taktakan ini.


Harga satu porsi Soup Ikan ini adalah Rp. 85.000,-. Mahal? Nanti dulu, ini adalah harga untuk semangkuk besar Soup Ikan yang cukup disantap 3-4 orang. Dan potongan daging ikan yang tersembunyi dalam kuahnya juga banyak loh.. Jadi ya gak terlalu mahal kan... Selain pusatnya yang berada di Jl Taman Baru, Soup Ikan RM Taman Taktakan ini juga mempunyai cabang di 5 tempat lainnya, termasuk salah satunya di  tengah kota (Jl Yusuf Martadilaga) dan juga di kawasan Jl Raya Anyer. Alamat lengkap RM Taman Taktakan bisa lihat gambar di bawah. Saya sendiri pada saat itu makan yang di Jl Raya Cilegon, dekat pintu Tol Karawang (koreksi) Serang Barat.



Bulan Oktober 2011 adalah kali pertama saya menikmati sajian kuliner kota Serang ini. Kebetulan, ada saudara sepupu, yang berkenan menjadi culinary guide selama dua hari saya di kota ini. Listnya: Soup Ikan, Nasi Bakar Sumsum dan Sate Bandeng. Tapi sayang, ketika malam saya mencoba menikmatinya, ternyata salah satu penjaja Nasi Bakar Sumsum yang kondang sedang tutup. Terpaksa saya menikmati Bubur Ayam Setan alias Buset. Jadi pengen balik lagi untuk menikmati Kuliner Serang...

Reading Time:

@way2themes