Wednesday, November 23, 2011

Kuliner Bogor - Bersantap di Macaroni Panggang (Jilid II)


Wisata Kuliner Indonesia #176
Macaroni Panggang
Jl. Salak No 24 - Bogor
Telp: 0251 8324046


Macaroni Panggang menjadi salah satu buruan orang yang mencari oleh-oleh khas Bogor. Akan tetapi Resto Macaroni Panggang, atau sering disingkat MP ini, juga menyediakan tempat yang nyaman dan menu yang lezat untuk bersantap. Contohnya: Nasi Timbel Peda Bakar... Nasi timbel yang pulen dipadukan dengan ikan peda asin bakar yang nendang, ditemani pencok kacang panjang yang pedes-pedes seger dan juga sambal tempe yang pedes dan manisnya menyempurnakan rasa. Eh, masih ada lagi pete bakar yang tersaji bersama si timbel. Ini menu dahsyat banget, paduannya gak pernah saya temuin di tempat lain. Juaraa... (Harga Rp. 30.000,-)



Cobain juga Lontong Sayur-nya... Lontong yang lembut dalam kuah santan dengan semburat manis, ditemani suwiran ayam, telur rebus dan kering tempe. Taste manis begitu kentara di hidangan ini, tapi gak bikin enek karena ada efek pedasnya juga yang mengasyikkan. Ini salah satu menu favorit saya di Macaroni Panggang ini. (Harga Rp. 35.000,-)

Nasi Goreng Special-nya juga bener-bener special, baik dari sisi porsi maupun isinya. Bayangin aja, didalamnya ada udang, ayam, lidah sapi, daging asap, baso, sosis dan juga telur mata sapi diatasnya. Disajikan bersama semangkuk kuah kaldu hangat. Asyik kan... (Harga Rp. 45.000,-)

Minumnya cobain ini deh: Juice Sawo... Legitnya gak usah dipertanyakan, segernya juga juara. Asli, saya sempet nahan2 mau nyeruput juice ini, takut cepet abis :P (Harga Rp. 18.000,-)

Yang suka minuman bersoda, coba Lychee Blue Punch. Pepsi biru yang disisipi dengan buah lychee dan ditambah butiran-butian selasih sebagai tambahan penyegar. Pas banget nih paduannya (Harga Rp. 16.000,-)

Suasana sejuk dan hommy memang menjadi keunggulan lainnya dari Resto Macaronni Panggang ini. Berlokasi di pusat kota Bogor, daerah Taman Kencana, tempat ini memang menjadi alternatif wisata kuliner favorit di kota hujan ini. Buka sejak jam 7 pagi sampe jam 10 malam memberikan kita keleluasaan waktu bersantap di MP. Kalo cuma mau beli Macaroni Panggang buat oleh-leh juga bisa, klik disini buat info harganya. Ke Bogor kurang lengkap kalo belum wiskul ke MP :)

Jangan juga lewatkan kuliner-kuliner khas bogor lainnya, seperti: Soto Kuning, Asinan Bogor, Doclang, Cungkring dan Toge Goreng.

Mau tahu tempat makan lainnya di Bogor? Silakan lihat disini -> Wisata Kuliner Bogor

Baca Selengkapnya...

Saturday, November 19, 2011

Kuliner Bogor - Macaroni Panggang


Wisata Kuliner Indonesia #175
Macaroni Panggang
Jl. Salak No 24 - Bogor
Telp: 0251 8324046



Macaroni Panggang sudah menjadi salah satu ikon Kuliner Bogor modern, selain Roti Unyil Venus dan, yang terbaru, Talas Bogor. Banyak orang yang datang ke Macaroni Panggang untuk bersantap disana maupun sekedar membeli untuk oleh-oleh khas Bogor. Macaroni panggang sendiri mirip dengan macaroni schootel tapi atasnya kering tertutup keju yang ikut dipanggang, dengan bagian dalam yang lembut perpaduan macaroni dan keju dengan cita rasa yang aduhaiii. Untuk Macaroni panggang ukuran Small yang biasa harganya Rp. 18.000,- sementara yang special harganya Rp. 27.000 yang diperkaya dengan potongan smoked beef.


Kalo mau bawa pulang bisa pesan macaroni panggang yang ukuran medium atau large. Untuk yang biasa ukuran medium harganya Rp.53.000,- sedangkan yang large Rp.110.000,-. Untuk yang spesial tentunya lebih mahal, yang medium harganya Rp.95.000,- sementara yang large Rp.172.000,-. Kalau akhir pekan, Macaroni Panggang ini selalui dipadati pengunjung karena memang tempatnya yang strategis, di kawasan Taman Kencana, dan sejuk.


Buka sejak jam 7 pagi sampe jam 10 malam, Macaroni Panggang memang cocok menjadi alternatif pilihan untuk berwisata kuliner di Bogor. Tidak cuma macaroni panggang saja, tapi banyak menu lainnya disini yang lezat. Mau tahu apa saja? Klik postingan ini: Bersantap di Macaroni Panggang.

Kalo berwisata kuliner ke Bogor, nikmati jg sajian kuliner khas Bogor lainnya: Soto Kuning, Asinan Bogor, Doclang, Cungkring dan Toge Goreng.

Mau tahu tempat makan lainnya di Bogor? Silakan lihat disini -> Wisata Kuliner Bogor

Baca Selengkapnya...

Thursday, November 10, 2011

Kuliner Bogor - Soto Kuning Pa Yusup


Wisata Kuliner Indonesia #174
Soto Kuning Pa Yusup
Jl Suryakencana Gg Aut - Bogor
Telp: 0877 70278585


Masih dari Kuliner Bogor, kali ini kita cicipi salah satu kuliner yang juga menjadi buruan para wisatawan, Soto Kuning Bogor. Salah satu penjaja soto kuning ini yang banyak pelanggannya adalah Soto Kuning Pa Yusup yang berjualan di kawasan Jl. Suryakencana, salah satu pusat kuliner di kota Bogor. Soto khas Bogor ini memang khas berwarna kuning dari kunyit dengan santan dan beragam rempah-rempah lainnya yang menimbulkan cita rasa yang ciamik. Tambahkan sambal, kecap manis dan jeruk nipis untuk menyempurnakan rasa soto kuning ini. Tak salah memang kalo Soto Kuning ini menjadi salah satu kuliner andalan Kota Bogor



Nah untuk isi soto kuning ini kita bisa pilih sendiri dari beragam daging dan jerohan sapi yang tersedia. Pilih saja ada daging, kikil, babat, usus, lidah, limpa, otak dan lain-lain. Kita bisa pilih yang sudah digoreng ataupun yang berbumbu kuning. Ada juga perkedel kentang yang emang cocok dipadukan dengan soto kuning ini. Harga per potongnya antara 6000-8000 rupiah, yang digoreng lebih mahal. Biasanya 2-3 potong saja sudah cukup mengenyangkan, tapi semua tergantung selera dan kapasitas perut :)

Jl. Suryakencana memang surga kuliner Bogor, beragam sajian khas bogor tersedia disana. Tapi memang yang menjadi magnet utama adalah Soto Kuning ini. Ada beberapa penjaja soto kuning di ruas jalan ini, dan semua memiliki kekurangan dan kelebihannya. Tapi buat saya semuanya enaaakk... :)

Buat yang berwisata kuliner di Bogor, selain Soto Kuning ini, jangan lupa juga cicipi kuliner khas bogor lainnya seperti Asinan Bogor, doclang, cungkring dan toge goreng.

Mau tahu tempat makan lainnya di Bogor? Silakan lihat disini -> Wisata Kuliner Bogor

Baca Selengkapnya...

Tuesday, November 8, 2011

Kuliner Bogor - Asinan Bogor Ny Yenny


Wisata Kuliner Indonesia #173
Asinan Ny. Yenny
Jl. Binamarga No. 1 - Bogor
Telp: 0251 8378726


Ngomong Asinan Bogor itu sama dengan ngomong Batagor Bandung. Yup, kalo kuliner Bandung ditandai dengan Batagor, maka salah satu ikon kuliner Bogor adalah Asinan. Setiap pengunjung kota Bogor, khususnya dari Jakarta, biasanya menyempatkan diri membeli oleh-oleh Asinan Bogor untuk dibawa pulang. Salah satu gerai asinan bogor yang cukupa banyak diburu pelanggan adalah Asinan Ny. Yenny di Jl Binamarga (seberang Terminal Baranangsiang). Asinan sendiri adalah aneka sayur dan buah segar yang dibanjur "kuah" cuka yang segar. Ada dua jenis asinan yang bisa kita beli: Asinan Sayur dan Asinan Buah. Untuk asinan sayur biasanya berisi irisan kol, wortel, tauge, sawi asin dan tahu, diguyur kuah asinan yang asam dan pedas. Disajikan bersama kacang tanah dan kerupuk kuning. Ahh, segarnya emang mantap, apalagi jika disajikan dingin-dingin. Tops...



Asinan Buah juga gak kalah menariknya. Potongan pepaya, kedondong, bengkuang, jambu air, mangga, nanas dan juga pala, disajikan dengan cara yang sama, diguyur kuah merah yang asam dan pedas serta ditambahkan kacang tanah dan kerupuk kuning. Kalo saya paling suka jika kerupuknya dihancurkan terlebih dahulu, jadi menyatu dengan kuahnya. Ahh, ngebayanginnya jadi ngences sendiri :P

Ini kemasan jika kita membawa pulang Asinan Bogor Ny Yenny ini ke rumah. Sayuran dan buah-buahannya akan dikemas begitu kita pesan, tapi bumbu dan kerupuk serta kacangnya sudah dikemas terlebih dahulu, sehingga akan mempercepat pelayanannya. Bumbunya juga disimpan di lemari es jadi masih dingin pas kita beli. Asinan Ny. Yenny sendiri buka mulai pukul 9 pagi sampai 8 malam. Oh iya, harga satu porsi asinan sayur atau asinan buah ini 17ribu. Relatif lebih mahal dibanding Asinan Bogor lainnya, tetapi buat saya, bumbu kuah di Ny Yenny ini juara. Lebih pas komposisi asam dan manisnya. Sluruupp...

Buat yang berwisata kuliner di Bogor, selain Asinan Bogor ini, jangan lupa juga cicipi kuliner khas bogor lainnya seperti soto kuning, doclang, cungkring dan toge goreng. Sempatkan juga untuk menjelajahi Jl. Suryakencana, salah satu pusat kuliner kota Bogor.

Mau tahu tempat makan lainnya di Bogor? Silakan lihat disini -> Wisata Kuliner Bogor

Baca Selengkapnya...

Wisata Kuliner Bogor - Toge Goreng Mang "Gebro Putra"


Wisata Kuliner Indonesia #172
Toge Goreng Mang "Gebro Putra"
Jl Pengadilan (depan Irian Motor) Pasar Anyar Bogor
Telp. 0251 8383576


Salah satu kuliner khas kota Bogor yang cukup terkenal adalah Toge Goreng. Banyak penjual toge goreng ini yang cukup legendaris seperti di Mak Epon Jl Suryakencana, Pak Iwon di Ngesti Pajajaran dan Ibu Omah di samping Bogor Permai (Jl Sudirman). Kita coba tengok salah satu penjual Toge Goreng yang cukup kondang yang mangkal di Jl. Pengadilan dekat Pasar Anyar, namanya Toge Goreng Mang Gebro Putra. Walaupun namanya toge goreng, tapi sebenarnya togenya direbus, bukan digoreng. Jadi toge yang sudah direbus ini, disimpan ke dalam piring yang sudah berisi kupat, lalu ditambahkan mie kuning dan tahu goreng. Kemudian bumbu khas berbahan dasar tauco diguyurkan kedalamnya. Rasanya jadi asem-asem manis seger gitu deh, apalagi dimakan dalam keadaan masih panas. Nyessss... Harga Rp. 8000,-



Nah, jangan juga lewatkan minuman khas bogor yang bisa dibeli disini: Es Pala. Buah pala yang biasa dibuat manisan itu dipadukan dengan Air Es dan Gula, ternyata bisa menghasilkan minuman yang suegerrr banget loh. Manis tapi meninggalkan sisa sepet-sepet asem gitu di lidah. Harga Rp. 3000,-



Toge Goreng di Pasar Anyar ini konon sudah berjualan sejak tahun 1940an dan memang menjadi salah satu legenda kuliner Bogor. Perlu dicoba buat Anda yang berniat Wisata Kuliner di Bogor, di samping mencicipi kuliner khas Bogor lainnya seperti Doclang dan Cungkring. Yuks...

Mau tahu tempat makan lainnya di Bogor? Silakan lihat disini -> Wisata Kuliner Bogor

Baca Selengkapnya...

Saturday, November 5, 2011

Wisata Kuliner Pekanbaru - Pondok Patin HM Yunus


Wisata Kuliner Indonesia #171
Pondok Patin HM Yunus
Jl. Kaharuddin No. 1 Simpang Tiga - Pekanbaru
Telp: 0761-674796


Googling tentang wisata kuliner di Pekanbaru, banyak yang merekomendasikan untuk mengunjungi Pondok Patin HM Yunus untuk merasakan nikmatnya Patin Asam Pedas. Disini makanan disajikan layaknya di rumah makan Padang, kita tinggal comot yang sudah tersaji di meja. Kalo kurang tinggal minta lagi. Yang jadi "pusat perhatian" tentunya adalah Patin Asam Pedasnya. Daging ikan patin yang terkenal dengan kelembutan teksturnya dimasak dengan bumbu santan yang kental dengan cita rasa asam segar dan pedas yang nendang. Bumbunya bener-bener meresap sampe ke dalam. Buat pecinta kepala ikan silakan pilih bagian kepala patinnya, banyak sensasi yang tercipta ketika "mengeksplorasi" kepala patin ini ditimpali dengan bumbu pekat yang dahsyat ini. Harga: Rp. 30.000 (kepala) / Rp. 15.000 (daging)


Mau yang unik dan jarang ditemukan di tempat lain? Coba saja Gulai Telur Ikan Patin. Telur Ikan Patin ini dibungkus dengan daun kemudian digulai dengan bumbu serupa dengan Patin Asam Pedas. Tekstur telur ikan yang khas ini sungguh memberikan sensasi kenikmatan tersendiri bagi para penggemarnya. Harga: Rp. 25.000,-

Saya tergiur dengan salah satu hidangan yang tersaji di meja, Udang Galah Goreng. Udang dengan ukuran besar ini digoreng polos saja dan disajikan dengan sambal kecap. Gak kuasa menahan godaan, saya langsung sambar saja udang ini. Dan benar, daging yang kenyal dan rasa semu manis dari udang ini memang sangat layak buat dicoba. Apalagi dicocol dengan sambal kecap yang tersedia, nyessss.....

Masih banyak sebenernya sajian di meja yang menggoda selera. Sebut saja, Dendeng Batokok Cabe Hijau, Ayam Kampung Goreng Bumbu, Ikan Silais Goreng, dan sebagainya... Tapi saya harus tahu diri dan sadar perut :))

Eh, belum selesai, buat pencuci mulutnya cobain deh Es Laksamana Mengamuk yang menjadi andalan Pondok Patin ini. Potongan mangga yang manis berada di dalam santan yang telah bercampur dengan gula enau, susu coklat dan tentu saja es batu. Segerrr banget, rasanya sepintas mirip kolak dengan isi mangga :) Unik, harus dicoba...Harga Rp. 15.000,-

Rumah Makan Pondok Patin HM Yunus ini cukup kondang di Pekanbaru, bahkan supir taksi mengenalnya cukup dengan sebutan Pondok Patin saja, tanpa embel-embel HM Yunus. Para pejabat negara tampak pernah hadir mencicipi dahsyatnya Patin Asam Pedas disini, dari photo yang terpajang di dinding bisa kita lihat photo dari Presiden SBY, Menkominfo Tifatul Sembiring, Menpora Andi Malarangeng dan lain-lain. Ini menunjukkan Pondok Patin ini memang menghadirkan kelezatan dan kualitas makanan yang tinggi. Gak cuma makanannya saja, saya harus angkat jempol dengan pelayanan para pramusaji di sini, kecepatan dan kesigapan mereka dalam menerima dan melayani tamu luar biasa. Etos kerja yang tinggi terpancar dari wajah mereka yang tidak pernah kusam walau sedang sangat sibuk menerima kedatangan puluhan tamu rombongan salah satu partai politik untuk menikmati makan siang di sana. Salut...
Baca Selengkapnya...

Wisata Kuliner Batam - Sop Ikan Yong Kee


Wisata Kuliner Indonesia #170
Yong Kee Istimewa
Komp. Nagoya City Center Blok E 8-9
Batam

Kuliner Batam yang cukup kesohor adalah Sop Ikan-nya. Salah satu rumah makan yang direkomendasikan banyak orang untuk mencicipi Sop Ikan ini adalah Yong Kee Istimewa yang berada di kawasan Nagoya. Datang kesana pas jam makan siang, resto dua lantai ini memang dipenuhi oleh para pelanggan, tanda bahwa kita tidak salah masuk :P Semangkuk Sop Ikan dan sepiring nasi hangat menjadi pilihan utama saya buat makan siang disini. Dan emang gak salah, kuah sopnya segerrr banget, dan daging ikan yang lembut memenuhi isi mangkok berpadu dengan potongan tomat dan sayuran lainnya. Pas banget deh buat makan siang. Harga: Rp. 26.000


Nah, sambil nunggu pesanan dateng biasanya disediakan otak-otak untuk appetizer-nya. Tapi otak-otak di Batam ini agak berbeda dengan otak-otak pada umumnya. Otak-otaknya sudah dibumbui, sehingga berwarna oranye dengan cita rasa manis, pedas dan gurih, tanpa kehilangan aroma ikan yang lezat. Dan ini juga menjadi salah satu favorit di rumah makan Yong Kee Istimewa ini, tidak boleh dilewatkan begitu saja :)

Sebenernya saya juga memesan Gonggong, seafood yang biasanya hanya bisa ditemui di Kepulauan Riau. Sayang stoknya lagi kosong. Gapapa deh, yang penting sudah terpuaskan makan siang saya dengan segarnya Sop Ikan Batam :)
Baca Selengkapnya...